Memperbaiki Memory Card Rusak [MMC HP]

Mungkin tidak banyak dari teman-teman semua yang mau memperbaiki memory card rusak, daripada harus mempelajari cara memperbaiki MMC yang rusak pasti lebih memilih untuk membeli memory card HP yang baru. Memang kalau dilihat dari segi efisiensi dan kemudahan, jelas lebih mudah jika membeli MMC baru sebagai gantinya, apalagi sekarang ini harga memory card juga tidak terlalu mahal.

Tapi kalau teman-teman mau mencoba memperbaiki MMC sendiri, disini mari kita bahas bagaimana cara memperbaiki memory card rusak atau istilah lainnya memory card corrupt. Kerusakan yang terjadi disini bukanlah kerusakan fisik, jadi lebih kepada kerusakan fungsi dari MMC, misalnya MMC tidak dapat digunakan untuk menyimpan data.

Oh ya, sebenarnya tulisan saya ini juga sekaligus melengkapi artikel terdahulu tentang Memory Handphone Yang Tidak Mau Di Format. Karena disitu saya rasa belum ada solusi untuk mengatasi masalahnya, maka sekarang saya tambahkan disini.

Perlu diketahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab memory card rusak, misalnya:


  1. Terlalu sering pasang-cabut memory card.
  2. Adanya panas yang berlebihan, dalam hal ini panas disebabkan oleh penggunaan HP yang berlebihan. Seperti yang saya lakukan, menggunakan HP sebagai modem.
  3. Pengaruh medan magnet, kalau yang ini saya belum membuktikannya.

Untuk memperbaiki memory card, dapat kita lakukan dengan melakukan format ulang pada MMC. Tentu saja dengan menggunakan bantuan komputer. Caranya,silahkan cabut MMC dari handphone, sebelum mencabut MMC pastikan HP dalam kondisi mati. Atau kalau HP mendukung fasilitas hotswap, silahkan tekan menu Remove Memory untuk mencabut MMC pada saat HP masih dalam kondisi ON.

Selanjutnya dengan menggunakan card reader, silahkan format MMC lewat komputer, pastikan memilih sistem file FAT pada saat melakukan format. Ada beberapa MMC yang tidak dapat diformat dengan cara ini, kalau gagal dalam melakukan format, cara lainnya yaitu format MMC melalui Command Line.

Untuk melakukan format melalui Command Line, silahkan klik Start pada PC, kemudian pada kolom Search programs and files ketik CMD dan tekan enter. Maka selanjutnya akan muncul jendela DOS prompt, kemudian ketik FORMAT g: / FS:FAT (g: adalah letak dari drive dimana MMC yang akan diformat, silahkan diganti sesuai letak dari MMC).

Dengan cara format seperti diatas, kadang MMC yang rusak masih dapat tertolong. Tapi kalau memang sudah tidak dapat diformat lagi, maka mau tidak mau harus membeli MMC baru.

sumber:http://www.sisilain.net/2011/12/memperbaiki-memory-card-rusak-mmc-hp.html