Trik Mengubah Air menjadi Es dalam waktu 1 menit


Effects : Anda mampu membuat air di dalam botol dalam waktu singkat membeku menjadi es
Beberapa waktu yang lalu ketika mendapat request trik ini, saya langsung teringat paktikum Kimia saya di SMA. Jadi, langsung saya bongkar lagi buku 'Advanced Level Cambridge University : Chemistry' untuk membagi trik ini ke teman-teman semuanya.

Persiapan :
1. Persiapkan Sodium Asetat, sering disebut Natrium Asetat (bisa dibeli di toko kimia, rumus kimianya : NaC2H3O2), air, dan panci.
2. Rebus air sampai hampir mendidih, tambahkan sodium asetat, aduk hingga larut.
3. Jika sudah larut, masukkan air ke dalam gelas. Pastikan endapan Sodium Asetat tersaring dengan sempurna.
4. Masukkan gelas berisi larutan tersebut ke dalam kulkas (bukan di dalam freezer)

Prosedur :

1. Saat akan melakukan performance, tuang larutan tersebut ke dalam botol/ gelas.
2. Sentuhlah permukaan larutan tersebut dengan tangan anda/ tangan sukarelawan selama beberapa saat (kurang lebih satu menit, tergantung perbandingan antara sodium asetat dan air). Dalam sekejap, air tersebut akan membeku menjadi es.

Penjelasan Ilmiah Secara Singkat dan Sederhana :

1. Reaksi proses Hidrasi (penambahan air) yang terjadi pada Sodium Asetat adalah reaksi eksotermis, artinya reaksi yang membebaskan kalor dari sistem (larutan) ke lingkungan. Inilah yang menyebabkan es yang terbentuk agak terasa hangat walaupun larutan baru saja didinginkan di lemari es.

2. Bentuk padat sodium asetat 'menyerap' tiga molekul air sehingga membentuk senyawa baru bernama Sodium Asetat Trihidrat.
Berikut rumus kimianya :

NaC2H3O2 (s) + 3H2O (l) ---> NaC2H3O2-3 H2O (s) + panas

Trik ini sekali lagi membuktikan bahwa magic adalah sesuatu yang sangat ilmiah dan masuk akal; sangat jauh dari unsur gaib, klenik, apalagi bantuan jin dan setan. Sebuah pertunjukan magic yang baik hanya akan bisa dicapai jika kita mampu mengoptimalisasi kekuatan pikiran kita, dan memadukannya dengan daya kreativitas yang tinggi.
 
sumber:: http://zonaunikdanmenarik.blogspot.com/2012/01/trik-mengubah-air-menjadi-es-dalam.html#ixzz1k5Qw7OJ3