Tempat Menjurunya Artikel Menarik

5 Angkatan Bersenjata Paling Mematikan di Dunia

5 Angkatan Bersenjata Paling Mematikan di Dunia

5. Kopassus (Indonesia)
Dibentuk pada tahun 1952, pasukan khusus TNI yang ditakuti ini dikenal dekat dengan pemerintah dan menjadi ujung tombak kampanye militer pemerintah di masa Orde Baru.
Operasi terkenal: Pada tahun 1981, sekelompok teroris membajak penerbangan Pesawat Garuda 206. Setelah pesawat mendarat, pasukan penyerbu Kopassus melakukan operasi langkah cepat, membunuh tiga orang pembajak dan membebaskan 50 penumpang.
4. Sayeret Matkal (Israel)
Pasukan khusus angkatan bersenjata Israel ini dikenal ahli dalam senjata ringan, beladiri, dan melakukan mata-mata/intelijen dari jauh di belakang garis musuh. Belakangan ini mereka disibukkan dengan penanggulangan terorisme dan penyelamatan sandera.
Operasi terkenal: Dikenal dengan sebutan Operasi Entebbe, yaitu sebuah misi penyelamatan untuk membebaskan para sandera di pesawat Air France 139 di Bandara Entebbe, Uganda, pada tahun 1976. Satu tentara Israel, 45 tentara Uganda, enam pembajak dan tiga sandera tewas dalam operasi ini. Namun setidaknya operasi ini berhasil membebaskan 100 sandera.
3. The Kaibiles (Guatemala)
Pasukan komando kontra revolusioner Guatemala ini dikenal ahli dalam perang hutan dan menghadapi pasukan pemberontak. Dibentuk pada tahun 1975, motto mereka adalah, "Jika aku maju, ikuti aku. Jika aku berhenti, dorong aku. Jika aku mundur, bunuh aku."
Operasi terkenal: Delapan Kaibiles tewas dan lima terluka dalam penyerangan di Kongo sebagai bagian dari misi pasukan perdamaian PBB. Pasukan yang tewas tersebut merupakan bagian dari operasi yang gagal dalam usaha untuk menangkap komandan deputi dari Tentara Perlawanan Penguasa Uganda (Uganda's Lord's Resistence Army)
2. Alpha Group (Rusia)
Skuad kontra teroris Rusia yang terdiri dari 700 pria kasar, dibentuk pada tahun 1974 dan tetap eksis meskipun Uni Sovyet runtuh.
Operasi terkenal: Penyelamatan sandera di sekolah Beslan pada tahun 2004, dimana 1200 sandera ditahan oleh gerilyawan separatis Chechnya yang berakhir dengan tewasnya 31 teroris. Sebuah hasil yang bagus, namun buruknya mereka juga membunuh lebih dari 350 warga sipil.
1. U.S. Navy SEALs (Amerika)
Angkatan Laut Amerika yang dikenal dengan kemampuan bekerja di bawah air dan berurusan dengan urusan pengintaian, kontra terorisme, penyelamatan sandera, dan cara berperang di luar kebiasaan (Navy SEAL merupakan pasukan khusus AL Amerika yang tidak hanya mampu beroperasi di laut, tapi juga di darat dan udara, sesuai namanya SEAL, yaitu singkatan dari SEa atau laut, Air atau udara, dan Land atau darat).
Operasi terkenal: Sebuah tim yang diresmikan presiden Barack Obama berhasil membunuh Osama bin Laden di tempat persembunyiannya di Pakistan. Tiga Navy SEALs juga berhasil membunuh tiga bajak laut Somalia ketika mereka menahan sandera seorang kapten kapal.