Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Hal yang Dilakukan Saat Berkunjung ke Pulau Komodo


Pulau Komodo menyimpan banyak pesona kecantikan alam. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjumpai komodo, yang telah menjadi bagian New7Wonders of nature. Akan tetapi, perhatikan 7 hal berikut saat berkunjung ke Pulau Komodo. Pulau Komodo sangat indah dan wajib untuk dikunjungi. Selain melihat komodo dari dekat, ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti pink beach dengan pasirnya yang berwarna pink, Loh Sebita sebagai tempatnya mangrove dan treking, dan beberapa tempat untuk snorkling atau diving dengan terumbu karang yang cantik. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama berada di sana, agar liburan Anda senantiasa lancar. Berikut 7 Hal Yang Dilakukan Saat Berkunjung ke Pulau Komodo, yaitu :

1. Tetaplah Bersama Rombongan Dan Ranger
Ranger adalah seorang pemandu dan juga seorang pawang komodo. Ranger mengetahui tentang medan perjalanan di Pulau Komodo dan tahu betul cara menjinakkan komodo. Pulau Komodo memang indah, tetapi jangan sampai Anda terlalu lama mengambil gambar, sehingga bisa tertinggal. Ikutilah aturan yang ranger berikan, serta selalu ingatkan teman Anda agar jangan sampai tertinggal rombongan. Biasanya, komodo menyerang mangsa yang sendirian!

2. Jangan Menyalakan Api
Pulau Komodo adalah daerah yang gersang dan tandus. Satu percikan api saja, dapat menyebabkan sebagian pulau ini terbakar. Khususnya bagi Anda para perokok, tahanlah hasrat untuk merokok saat di pulau ini. Dengan tidak menyalakan api, Anda turut berperan dalam melestarikan Pulau Komodo dan habitat di dalamnya

3. Jika Sedang Haid, Jangan Datang ke Pulau Komodo!
Bagi wanita yang sedang haid, disarankan untuk tidak menginjakan kaki di pulau ini. Komodo adalah hewan yang indera penciumannya sangat peka dan sensitif. Jangan heran, komodo dapat mencium darah dalam radius kilometer. Laporlah ke ranger, jika Anda sedang haid atau tiba-tiba haid saat di Pulau Komodo. Ranger akan memberikan saran atau perlindungan ekstra.

4. Memakai Topi Atau Krim
Sinar matahari di Pulau Komodo sangat menyengat dan terik. Siapkan topi atau kacamata hitam, hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam perjalanan. Tidak ada salahnya membawa krim untuk melindungi kulit Anda dari teriknya matahari.

5. Jangan Berisik Dan Memakai Parfum Yang Menyengat
Pengelihatan komodo memang buruk, tetapi indera pendengaran dan penciumannya sangatlah tajam. Jangan berisik dalam rombongan, karena itu akan menggangu komodo. Selain itu, jangan memakai parfum yang menyengat, karena bisa saja komodo akan datang menghampiri Anda.

6. Jangan Memakai Baju Berwarna Merah
Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Komodo, disarankan untuk tidak memakai baju berwarna merah. Sedikit mirip dengan banteng, komodo pun merangsang naluri komodo untuk menyerang target yang berwarna merah.

7. Siapkan Fisik Yang Kuat
Pulau Komodo memiliki luas sekitar lebih dari 1.000 km persegi, itu belum ditambah pulau-pulau kecil di sekitar Pulau komodo yang indah. Dalam treking, Anda bisa memilih untuk treking jarak pendek, sedang, atau jauh. Untuk itu, siapkan fisik Anda secara prima. Belum lagi panasnya sinar matahari yang terik, perjalanan akan terasa berat. Latihan seperti joging atau olahraga kecil sebelum ke Pulau Komodo, sangatlah diwajibkan!

Sumber: http://portalentri.blogspot.com/2012/03/7-hal-yang-dilakukan-saat-berkunjung-ke.html#ixzz1ox3dTeTD
loading...