Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

LATAH DAPAT MENULAR

 
Latah adalah sebuah perilaku yang kadang mengganggu dalam berkomunikasi. Perkataan dan kadang disertai gerakan yang berulang-ulang membuat penderita latah terlihat tersiksa dengan kondisinya.
Tapi tahukah anda bahwa latah bisa menular? Latah hanya ditemukan pada rumpun bahasa melayu, khususnya rumpun bahasa di Asia Tenggara, jadi latah bersifat sistemik pada logat bahasa. Ini kemungkinan dipengaruhi oleh kosakata yang banyak kita temukan berulang pada kosakata bahasa melayu yang tidak ditemukan pada bahasa-bahasa lain. Misalnya kata sering-sering, kupu-kupu, pagi-pagi, jalan-jalan dan seterusnya. Kosakata dalam bahasa melayu, bahkan semuanya bisa dibuat berulang-ulang. Kemungkinan inilah yang menyebabkan latah hanya ditemukan pada rumpun bahasa melayu tersebut.
Latah ini adalah sebuah gangguan yang dipelajari. Jadi anda harus hati-hati jika berada dekat dan bergaul dengan orang latah. Bisa jadi anda akan ketularan karena ketidak sadaran mengulang-ulang kata-kata atau mengejek orang pengerita latah. Semakin sering anda mengejek penderita latah dengan mengulang-ulang kata, semakin besar kemungkinan anda akan ketularan.
Gangguan latah lebih banyak di dapat dan diderita oleh orang yang masih lajang (remaja-dewasa). Jika gangguan latah dibawa sampai tua, gangguan ini susah untuk disembuhkan lagi. Jadi, jika anda penderita latah, ada baiknya melakukan terapi dari sekarang sebelum latah tersebut mengalami penguatan dalam kepribadian anda.
loading...