Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Pertolongan Pertama Saat Terserang Gangguan Jantung


Jangan pernah menyepelekan gangguan pada jantung Anda. Belajar dari penyebab meninggalnya Artis Senior Ida Kusumah di lokasi syuting, gangguan pada jantung bisa datang kapan saja dan bisa berakibat fatal.

Ada beberapa hal yang patut menjadi pelajaran, terutama tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada penderita serangan jantung.

Misalnya setelah Anda sibuk kerja seharian, Anda sedang dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba-tiba anda merasakan sakit yang hebat di dada & mulai menjalar ke lengan & dagu, tetapi jarak ke rumah sakit yang terdekat kira-kira masih 5 Km. Lebih celakanya lagi, anda tidak tahu apakah anda mampu bertahan sampai sejauh itu.

Saat sendirian, tiba-tiba datang serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya?

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran & pingsan. Jika di sekitarnya tidak ada orang yang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan waktu 10 detik ini untuk menolong dirinya sendiri.

Harus Bagaimana ?
Jawabannya: JANGAN PANIK, USAHAKAN BERBATUK TERUS DENGAN SEKUAT TENAGA. SETIAP KALI SEBELUM BATUK, HARUS TARIK NAFAS DALAM-DALAM, KEMUDIAN BERBATUKLAH DENGAN KUAT, DALAM-DALAM & PANJANG-PANJANG, SEPERTI HENDAK MENGELUARKAN DAHAK DI DALAM DADA.

SETIAP SELANG 2 DETIK ANDA HARUS MENARIK NAFAS SEKALI & BERBATUK SEKALI HINGGA PERTOLONGAN TIBA, ATAU KALAU MERASA DENYUT JANTUNG SUDAH NORMAL, BARU BOLEH BERISTIRAHAT.

Tujuan menarik nafas adalah untuk memasukkan Oksigen ke dalam paru-paru. Sedangkan tujuan batuk adalahj untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi. Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal.

Pertolongan dengan cara sederhan ini maksudnya agar penderita mempunyai kesempatan utk pergi ke Rumah Sakit. (article published on No.240 of Journal of General Hospital Rochester, red).

Jangan pernah mengira bahwa bila Anda berumur kurang dari 30, tidak mungkin mendapat serangan jantung. Jadi berhati-hatilah. (MLA)


sumber:http://kesehatan.liputan6.com/read/309046/pertolongan-pertama-saat-terserang-gangguan-jantung
loading...