Penemu Bola Lampu Itu BUKAN THOMAS A. EDISON

Dari jaman bokap nyokap kita,kita semua tau kalo yang nyiptain bola lampu itu adalah... yap, Thnomas A. Edison. Tapi sebenarnya Edison cuman NYONTEK hasil ciptaan orang lain dan mnyempurnakanya. JADI SIAPA YANG NYIPTAIN BOLA LAMPU ITU...??
Sir Joseph Wilson Swan,seorang Inggris ahli fisika dan kimia. Dialah sebenarnya sang pencipta lampu pertama kali SEBELUM Thomas A. Edison menciptakan bola lampu-NYA

Sejarah Penemuan:

Pada tahun 1850 Swan mulai bekerja pada sebuah bola lampu menggunakan filamen kertas dikarbonisasi dalam bola kaca dievakuasi. Pada 1860 ia mampu menunjukkan perangkat kerja, dan memperoleh hak paten Inggris yang meliputi sebagian vakum , karbon filamen lampu pijar. Namun, kurangnya vakum yang baik dan sumber listrik yang memadai mengakibatkan bola lampu tidak efisien dengan umur hidup yang pendek.
Lima belas tahun kemudian, pada tahun 1875, Swan kembali untuk mempertimbangkan masalah bola lampu dengan bantuan sebuah vakum yang lebih baik dan benang berkarbonisasi sebagai filamen. Fitur yang signifikan sebagian besar perbaikan lampu Swan adalah bahwa ada sedikit sisa oksigen dalam vakum tabung untuk menyalakan filamen, sehingga memungkinkan filamen menyala hampir putih-panas tanpa terbakar. Namun, filamen-nya memiliki ketahanan yang rendah, sehingga perlu kabel tembaga yang berat untuk memasok itu. 
Swan menerima paten Inggris untuk perangkat-nya pada tahun 1878, sekitar satu tahun sebelum Thomas Edison . Swan telah melaporkan keberhasilan kepada Newcastle Chemical Society dan pada kuliah di Sunderland Technical College Februari 1879 dia memperlihatkan sebuah lampu kerja. Swan mengalihkan perhatiannya untuk memproduksi filamen karbon lebih baik dan sarana melampirkan ujung-ujungnya. Ia merancang suatu metode pengobatan kapas untuk menghasilkan "benang parchmentised" dan memperoleh Paten Inggris 4933 pada tahun 1880. Dari tahun ini dia mulai memasang lampu di rumah-rumah dan tempat-tempat di Inggris. Rumahnya Underhill pada Kells Lane di Low Fell , Gateshead adalah yang pertama di dunia yang memiliki kerja bola lampu terpasang. Pada tahun 1881 ia memulai perusahaannya sendiri, The Swan Lamp Electric Company, dan mulai produksi komersial. 
The Savoy , sebuah state-of-the-art teater di Kota Westminister , London, merupakan bangunan publik pertama di dunia yang akan menyala sepenuhnya oleh listrik. Joseph Swan memasok 1.200 lampu pijar tentang, dan lampu yang didukung oleh 120 HP (Horse Power) generator di tanah terbuka di dekat teater. Para pembangun dari Savoy, Richard D'Oyly Carte , menjelaskan mengapa ia memperkenalkan listrik cahaya's Swan: "Kekurangan terbesar terhadap penikmatan pertunjukan teater ini, tidak diragukan lagi, udara busuk dan panas yang meliputi seluruh bioskop,. Seperti semua orang tahu setiap gas-burner mengkonsumsi seperti oksigen sebanyak banyak orang, dan menyebabkan panas yang besar di samping. Lampu pijar mengkonsumsi oksigen tidak ada, dan tidak menimbulkan panas jelas ". Pertama generator terbukti terlalu kecil untuk kekuatan seluruh bangunan, dan meskipun-seluruh depan rumah itu elektrik menyala, panggung itu diterangi dengan gas sampai dengan 28 Desember 1881. Pada kinerja itu, Carte menginjak panggung dan memecahkan bola lampu menyala sebelum penonton untuk mendemonstrasikan teknologi keamanan baru's Swan.





sumber