Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ternyata Orang Kreatif Itu Banyak Yang Ga Jujur

Orang-orang kreatif dinilai sebagai tipe orang yang terhormat dalam masyarakat. Seperti yang kita tahu, jarang profesi kreatif seperti; seniman, komposer hingga penulis novel yang terlibat dalam kasus kriminal dan penipuan, namun penelitian terbaru ini menunjukkan sebaliknya.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Universitas Duke di North Carolina, Amerika menemukan adanya hubungan antara menjadi kreatif dengan tidak jujur. Pimpinan penelitian Francesca Gino mengatakan: "Kreativitas tinggi menolong individu menyelesaikan masalah di segala aspek kehidupan seperti cinta dan pekerjaan. Namun di sisi lain bisa membuat individu mengambil jalan tidak etis dan tidak benar dalam mencari solusi."

Bersama dengan rekannya, Dan Ariely dari Universitas Duke, North Carolina memulai lima eksperimen untuk melihat sejauh mana orang-orang kreatif akan berbuat curang dalam keadaan tertentu dan bagaimana cara mereka membenarkannya. Para peneliti menggunakan tes psikologi untuk mengukur tingkat kreatifitas orang yang diteliti. Tes juga dilakukan untuk mengetes kecerdasan peserta.

Selama proses dilakukan, ditemukan ada beberapa kecurangan yang membuktikan tidak adanya korelasi antara kepandaian dengan kejujuran. Fakta menarik menunjukkan orang kreatif lebih mudah berbohong sedangkan orang pandai yang tidak terlalu kreatif cenderung menolak berbohong.

Studi yang diterbitkan di American Pyscological Association ini mengindikasikan fakta bahwa orang yang bekerja di lingkup kreatif yang menuntut pemikiran kreatif, lebih mudah menghadapi dilema etika. Bisa diambil contoh orang yang bekerja di bidang periklanan, biasa menggunakan kreativitas tinggi untuk membuat suatu produk yang tidak baik menjadi sangat diinginkan banyak orang.

Meskipun hubungan antara kreativitas dan tidak jujur belum dipelajari secara luas, namun besar kemungkinan orang-orang kreatif juga cenderung berbohong untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam segala aspek, mulai dari berkelit dengan presentasi yang baik dalam pekerjaan, mudah melontarkan rayuan gombal dalam percintaan hingga stretegi dalam mengelola teman.



sumber 
loading...