Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Hal Unik Patung Lilin Bung Karno

Soekarno di Madame Tussauds lengkap dengan Tongkat Komando (dok TAT)
Soekarno di Madame Tussauds lengkap dengan Tongkat Komando (dok TAT)
Presiden Soekarno menjadi patung lilin terbaru dari museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand dan siap memikat traveler. Rupanya ada beberapa fakta unik dan menarik di balik pembuatan patung Sang Proklamator. Yuk disimak!

Patung Bung Karno saat baru separuh jadi (madametussauds.com) - www.jurukunci.net
Patung Bung Karno saat baru separuh jadi (madametussauds.com)


Wasekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam rilis kepada detikTravel mengungkapkan betapa banyak serba-serbi menarik dalam proses pembuatan patung tersebut. detikTravel menghimpunnya untuk Anda, Selasa (25/9/2012):

1. Data fisik Bung Karno

Tim Madame Tussauds melakukan penelitian mendalam. Data-data yang dikumpulkan termasuk kunjungan Bung Karno ke Uni Sovyet, AS dan gedung PBB. Sumber dari keluarga besar Sokarno juga teramat penting. Akhirnya, Madame Tussauds bisa mendapatkan data-data fisik Bung Karno, hingga warna kulit dan gambaran detail lainnya.

Patung Bung Karno sangat mirip dengan aslinya (dok istimewa)- www.jurukunci.net
Patung Bung Karno sangat mirip dengan aslinya (dok istimewa)
2. Memilih gaya Bung Karno

Ada banyak foto Bung Karno dengan berbagai baju, pose dan gaya. Pose Bung Karno yang kini tampil di Madame Tussauds adalah pada saat kunjungan ke Amerika Serikat. Saat itu, Bung Karno menyampaikan pidatonya yang sangat terkenal di Sidang Umum PBB yaitu To Build the World a New, pada tanggal 30 September 1960.

3. Tongkat Komando

Tongkat Komando adalah ciri khas Bung Karno. Madame Tussauds mengalami kesulitan untuk membuat Tongkat Komando ini karena keterbatasan data. Putra Megawati Soekarnoputri yaitu HM Prananda Prabowo mengupayakan pembuatan replika Tongkat Komando tersebut.

Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno (dok PDIP) - www.jurukunci.net
Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno (dok PDIP)
Tongkat Komando dibuat dari kayu Rampung, suatu jenis kayu langka dan dianggap bertuah dalam kebudayaan Jawa. Bagian dalam Tongkat Komando diisi dengan kayu Wunglen yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir Bung Karno

Bagian logam Tongkat Komando dibuat dari perak dan emas. Tongkat ini punya 5 ring (cincin) emas melambangkan Pancasila dan ada emblem berbentuk lambang Garuda Pancasila.

4. Peci hitam

Peci hitam juga merupakan ciri khas Bung Karno. Peci yang menjadi ciri khas Bung Karno secara khusus dipesankan oleh Puti Guntur Soekarno, di Bandung. Pembuat peci ini asli merupakan pembuat peci yang sejak dahulu tempat Bung Karno memesan peci.

5. Baju Bung Karno

Kemeja jas empat saku juga merupakan baju Bung Karno yang paling terkenal. Pakaian Bung Karno didesain dengan seksama oleh desainer Samuel Wattimena. Desain pakaian Bung Karno dilaksanakan dengan sangat hati-hati guna menampilkan sosok Bung Karno sebagai tokoh besar yang telah ikut merubah sejarah politik dunia.

sumber
loading...