Tips Hilangkan Rasa Panas Di Tangan Akibat Cabe

Tips Hilangkan Rasa Panas Di Tangan Akibat Cabe

Beberapa orang suka menikmati makan nasi bersama sambal dengan menggunakan tangan. Namun setelah itu, ada rasa terbakar yang tertinggal pada tangan. Penyebabnya adalah capsaicin, senyawa pada cabai yang membuatnya pedas.

Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan rasa terbakar yang tertinggal pada tangan akibat cabe? Temukan jawabannya berikut ini.

Sabun cuci piring
Segera cuci tangan dengan sabun dan air hangat saat merasakan tangan Anda seperti terbakar akibat cabai. Jika perlu, gosok jari-jari Anda dengan sikat agar sabun cuci bisa membersihkan tangan dengan sempurna.

Spirtus
Sebenarnya, Anda juga bisa menggunakan alkohol. Namun jika tidak memilikinya, gunakan spirtus yang mengandung 85 persen alkohol untuk mencuci tangan yang terasa terbakar akibat cabai.

Saus tomat
Cara yang satu ini agak membuang-buang saus tomat. Sebab Anda harus merendam tangan pada saus tomat selama 15 menit sebelum mencucinya dengan bersih.

Garam
Lumuri tangan yang terbakar dengan garam. Setelah itu bilas dan cuci tangan dengan sabun cuci piring. Kalau masih belum hilang, coba gunakan spirtus atau alkohol untuk membersihkannya.

Susu
Produk susu seperti susu cair atau yogurt berkhasiat menetralkan asam dari cabai. Jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan rasa terbakar pada tangan akibat cabai.

Ketika Anda merasa tangan mulai terbakar akibat cabai, jangan sampai menggosokkannya pada wajah apalagi mata. Sementara jika ingin menghindari kondisi ini, hindari makan sambal dengan tangan atau gunakan sarung tangan saat mengiris cabai.

sumber