Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Tahukah kauuu, Gigitan Piranha Lebih Kuat daripada Dinosaurus

Piranha sudah tersohor dengan reputasinya sebagai ikan pemakan daging yang brutal. Namun siapa sangka kekuatan gigitannya mengalahkan semua binatang dengan ukuran berkali-kali lipat tubuhnya. Gigitan Piranha Hitam diklaim sebagai yang terkuat sepanjang sejarah, mengalahkan dinosaurus.

Temuan ini dilaporkan di jurnal Scientific Reports setelah peneliti menangkap 15 Piranha Hitam di sungai Amazon. Tim gabungan dari Amerika, Mesir dan Brazil itu menggunakan alat pengukur untuk melihat kekuatan rahang gigi piranha tersebut. Otot rahang piranha ternyata memiliki kekuatan gigitan setara dengan 30 kali berat badan mereka.

Melihat ukuran badan yang panjangnya hanya 20-37 cm itu, gigitan piranha ternyata mengalahkan Tyrannosaurus rex dan Paus Megalodon. Sebenarnya gigitan hiu putih besar, hyena dan buaya lebih kuat namun itu dianggap tidak menakjubkan karena masih sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Ukuran gigitan Piranha Hitam adalah 320 newton, 3 kali lebih kuat daripada buaya Amerika. Satu newton adalah gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan berat satu kg dalam jarak 1 m. Ini adalah pertama kalinya gigitan ikan dengan nama ilmiah Serrasalmus rhombeus itu diukur dalam keadaan hidup-hidup.

"Cerita hiperbola yang beredar dari piranha adalah perairan yang dipenuhi tengkorak korban malang, namun efektivitas gigitan mereka tidak pernah dibahas," ucap salah satu tim peneliti. "Analisis kami memprediksi gigitan Megapiranha adalah setara dengan kekuatan gigitan anterior dari hiu putih besar dengan berat lebih dari 400 kg."


sumber
loading...