10 Karakter Boss Terkuat di Video Game

Pernahkah anda merasa kesal saat melawan boss di game?
Atau anda merasa tidak akan pernah bisa mengalahkannya hingga anda frustasi dan berhenti bermain?
Berikut ini adalah 10 boss tersulit untuk dikalahkan dalam sejarah dunia game versi saya.

1. Yiazmat [Final Fantasy XII]

Yiazmat adalah Ultimate Elite Mark (Side Quest Buronan) di Final Fantasy XII. Yiazmat bukan hanya sekedar elite mark, tetapi juga boss terkuat di FF XII.
Butuh waktu lebih dari 50 menit untuk mengalahkannya pada level tinggi (menurut wiki) dan dari keterangan sebagian gamer, mereka membutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk mengalahkan Yiazmat.
Sampai saat ini, Yiazmat adalah boss dengan HP terbanyak dari seluruh seri Final Fantasy, dengan total HP yang mencapai 50 juta.
Bayangkan anda harus mengalahkannya dengan damage anda yang dibatasi 9.999 untuk setiap serangan sambil terus bertahan dari kekuatan serangan Yiazmat

Yiazmat adalah salah satu boss tersulit untuk dikalahkan. Selain HPnya yang tinggi (50juta HP), karakter yang dapat dibawa dalam battle hanya 3 dengan damage tertinggi dibatasi pada 9.999 point [kecuali pada ff XII international zodiac subsystem diamana cap 9.999 dapat dilewati].
Ditambah lagi dengan serangan-serangan Yiazmat yang mematikan membuat anda kesulitan bernafas.
Coba lawan Yiazmat dengan mode ATB speed fast dan tanpa pause, maka anda akan merasa frustasi.

2. Jinpachi Mishima [Tekken 5]

Siapa Jinpachi Mishima?
Jinpachi Mishima adalah boss terakhir di game Tekken 5 dan Tekken 5: Dark Ressurection.
Jinpachi (ayah dari heihachi mishima dan kakek dari kazuya mishima) adalah pendiri asli dari Mishima Zaibatsu. Jinpachi dikurung selama 40 tahun di penjara bawah tanah setelah dikhianati oleh anaknya, Heihachi Mishima, yang juga merebut kursi pemimpin Zaibatsu Mishima.
Jinpachi berhasil lolos dari penjaranya saat terjadi ledakan yang juga menghancurkan segel yang menahannya. Dia akhirnya lolos dan mendapatkan kekuatan diluarbatas manusia karena dirasuki oleh kekuatan jahat.
Jinpachi, boss terakhir dari game fighting Tekken 5 ini juga merupakan boss yang dapat membuat anda kesal saat melawannya. Jinpachi memiliki berbagai macam jurus yang dapat dikatakan curang dari keseluruhan sistem dalam game. Beberapa kekuatannya adalah :
1. Fireball, jurus yang jika terkena player akan menyebabkan damage 75% dari total HP.
2. double scizzor-hand, jurus yang tidak bisa ditangkis, dan akan menyembuhkan HP Jinpachi dan melukai player jika player terkena jurus ini.
3. damage rate yang lebih besar dari karakter lain dalam game.
4. Stun, menyebabkan stun sesaat ke player jika terkena serangan ini.

dengan berbagai trik curangnya, Banyak gamer yang mengakui bahwa Jinpachi adalah salah satu boss tersulit untuk dilawan, juga boss tersulit dari keseluruhan seri Tekken yang pernah dibuat (Tekken 1 - Tekken 6).
Coba lawan dia dalam difficulty Ultra Hard.

3. Lu Bu [Dynasty Warrior]

Siapa Lu Bu?
Lu Bu muncul dari seri awal Dynasty Warriors, dan tetap dimunculkan ke seri selanjutnya. Dia adalah karakter yang dikenal memiliki statistik tertinggi di game dan memiliki satu set jurus dengan kekutatan yang superior.
Lu Bu merupakan boss yang tersulit untuk dikalahkan pada setiap seri Dynasty Warriors, mengikuti reputasinya sebagai yang terkuat dalam sejarah Three Kingdoms. Bahkan dalam novel Romance of Three Kingdoms, diceritakan bahwa Lu Bu pernah melawan Liu Bei, Guan yu, dan Zhang Fei dalam duel 3 lawan 1 dan dapat bertahan hidup.

Pernah memainkan Dynasty Warriors?
Pernahkah anda melawan Lu Bu?
Coba lawan Lu Bu dalam Chaos Mode

Walaupun saya merasakan AI dalam game ini sangat jelek, yang bahkan membuat AI Lu Bu terkesan hanya bisa diam, berputar mengitari karakter, menangkis dan menyerang, tetapi damage akibat terkena serangan Lu Bu sangat mematikan.
Sedikit lengah dan karakter anda dapat tidur di tanah lapang dengan sukses.

4. Zeus [God of War 2]

Siapa Zeus?
Zeus adalah raja dari dewa dewi pada mitologi Yunani, penguasa Gunung Olympus, juga dewa penguasa petir dan langit. Zeus adalah anak bungsu dari Titan Cronos dan Rhea, sekaligus anak yang terkuat.
Dialah yang memimpin saudara-saudarinya untuk berperang melawan Titans, merebut tahta Cronos dan mengasingkan Titans ke Tartarus.

Dalam Seri God of War, Zeus adalah ayah dari Kratos. Dia adalah boss terakhir dari game God of War 2 sekaligus boss tersulit.
Zeus dapat dengan cepat menghindari kepunggung Kratos saat anda menyerang, dan akan melakukan serangan balik. Dia juga memiliki beberapa serangan jarak jauh yang sangat mengganggu. Bahkan petir lemparan zeus pun hampir mustahil untuk dihindari (kecuali dengan cara memantulkannya, tapi tentu saja timingnya tidak mudah).
Perasaan anda akan terganggu karena zeus cukup lama untuk dikalahkan dan tidak ad indikator HP. Apalagi di battle cutscene terakhir yang akan membuat anda tewas seketika jika anda merasa telah memenangkan pertarungan hingga melemahkan kewaspadaan.

Coba lawan dia dalam difficulty Titan dan anda bisa-bisa berpikir kalau zeus tidak dapat mati.

5. Yellow Devil [Megaman]

Siapa Yellow Devil?
Yellow Devil (dikenal juga sebagai Rock Monster atau Yellow Demon), adalah salah satu dari ciptaan dr. Willy. Yellow Devil adalah salah satu boss yang dapat ditemukan pada stage-stage akhir dari game Megaman. Terbentuk dari gumpalan-gumpalan kuning, dia dapat membongkar-pasang tubuhnya sambil menyerang.
Kelemahannya hanya terdapat pada matanya.

Yellow devil, salah satu boss di Megaman 1. ditemui setelah anda selesai mengalahkan 8 boss pertama. Walaupun bukan boss terakhir yellow devil sangat sulit untuk dikalahkan. dia dapat melepas-lepas bagian tubuhnya dan melewati layar sambil melukai anda jika terkena.
Apalagi di franchise game Megaman, tidak ada yang namanya energy tank. Anda harus bertahan melawannya dengan sisa HP dari stage sebelum anda melawan boss ini.
Yang menyebalkan dari boss ini adalah gerakan bagian tubuhnya yang terlepas cukup cepat. ditambah lagi jika anda gagal mengalahkannya, maka anda harus mengulang dari awal stage.

6. Sigma [Megaman X]

Siapa Sigma?
Sigma, atau pernah dikenal sebagai "Commander Sigma",adalah antagonis utama pada seri Megaman X. Dia adalah boss terakhir dari semua seri Megaman X (kecuali Megaman X: Command Mission).

Sebagai boss terakhir, Sigma sangat menjengkelkan, apalagi jika anda bermain sebagai Zero.
yang menyebalkan dari sigma adalah:
1. Anda harus bertarung melawan 8 boss yang telah anda kalahkan sebelumnya dalam stage yang sama dengan Sigma.
2. Sisa HP setelah melawan 8 boss itu juga modal HP untuk melawan Sigma.
3. Sigma berubah wujud berkali-kali. Saat anda mengira Sigma telah kalah, anda akan terkejut jika dia kembali lagi dengan wujud baru dan lebih kuat.

Semua alasan diatas membuat sigma menjadi boss yang sulit dikalahkan, apalagi saat pertama kali mencoba.

7. Sephiroth [Kingdom Hearts]

Siapa Sephiroth?
Sephiroth, adalah perwujudan dari kegelapan hati Cloud. Dianugerahi sebagai boss terkuat dalam seri Kingdom Hearts. Dalam KH1, Sephiroth hanya berperan sebagai boss optional. Sedangkan pada KH2, Sephiroth berperan dalam side story kecil.
Sephiroth sendiri adalah karakter antagonis utama dan boss terakhir dalam game Final Fantasy 7.

Siapa yang tidak kenal Sephiroth?
Dia adalah antagonis paling terkenal dari game RPG yang pernah ada.
Dia juga tidak ragu untuk membunuh salah satu teman seperjalanmu (dalam FF7).

Cobalah melawan Sephiroth di game KH1 dan KH2.
Sephiroth akan menjadi boss yang menyebalkan walaupun anda berlevel tinggi.
Pedangnya yang panjang membuat jangkauan serangannya sangat luas.
Apalagi (terutama dalam KH1) Sephiroth memiliki serangan yang dapat membuat anda mendengar musik ambulance hanya dalam 1 tebasan (ini dipermudah dalam KH2 dimana terdapat tombol action "▲", sedangkan pada KH1 anda diwajibkan menghindar atau menangkisnya dengan cara biasa).

8. Mike Tyson [Punch Out]

Siapa yang nggak kenal Mike Tyson???
Dia adalah adalah pensiunan petinju profesional dan mantan juara kelas berat.
Dia dikontrak Nintendo untuk muncul pada game yang berjudul punch out di tahun 1987.

Mike Tyson muncul sebagai petinju rahasia dalam game yang harus dibuka melalui kode rahasia pada game (kodenya 007-373-5963).
Sangat sulit untuk mengalahkannya, apalagi Mike memiliki pukulan uppercut yang dapat membuat anda DOWN dalam 1 pukulan. Sedangkan anda hanya dapat sedikit melukainya.
Sulit untuk menerka pola serangan Mike Tyson. Saat anda berpikir dia memiliki pola konstan dalam menyerang, anda salah. Mike dapat diam selama beberapa saat, membuat anda berdebar-debar mengira-ngira, kapan pukulannya akan datang.

9. Red Falcon [Contra 3: Alien Wars]

Siapa Red Falcon?
Red Falcon, atau dikenal juga sebagai Demon Gyaba di Jepang, adalah seekor alien yang menjadi musuh terbesar bumi dalam game Contra. Dia adalah antagonis utama dalam seri Contra hingga akhirnya dapat dibunuh pada seri Contra III: The Alien Wars.

Layaknya game side scrolling lainnya, boss Red Falcon di Contra 3 ini juga harus dilawan dalam beberapa babak.
Babak tersulitnya adalah saat Red Falcon dalam bentuk otak (Red Falcon Brain).
serangan-serangannya hanya menyisakan sebagian kecil area untuk anda menghindar.
Red Falcon Brain juga memiliki banyak pola serangan yang berbeda-beda dan sulit untuk dihindari.
Apalagi jika anda mati tanpa sempat menghapalkan pola serangannya, anda harus mengulang game dari awal

10. QUEEN LARSA [Mushihime-sama]

Belum pernah dengar nama game ini?
Penasaran kenapa game yang belum pernah anda dengar menduduki peringkat 1 untuk game dengan boss tersulit?

Mushihime-sama adalah game manic shooter, yaitu game tembak-tembakan pesawat yang sering ditemukan pada arcade (atau dikenal dengan istilah ding-dong di Indonesia).
Boss terakhirnya, Queen Larsa, adalah boss yang diakui sebagian besar gamer sebagai boss tersulit yang pernah diciptakan dalam game. Bahkan tidak sedikit yang mencaci maki developernya (terutama programmernya).
Saat melawan Queen Larsa, Seluruh layar akan dipenuhi dengan peluru dari Queen Larsa. Bahkan impresi awal saat saya melihatnya adalah "MUSTAHIL". Jarak antar peluru sangat sempit, membuat anda berpikir mustahil untuk menghindarinya.


sumber