Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Tips Menghindari Virus Dari Internet

Pasti jengkel rasanya kalau komputer kita terkena virus. Apalagi jika virus yang masuk gara-gara kita tidak hati-hati buka situs internet. Virus dari internet merupakan perangkat lunak yang bisa merusak suatu sistem atau network. Biasanya tujuan virus ini untuk mendapatkan informasi data seperti misalnya password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data user dan lain-lain, sehingga diperoleh informasi hak akses dari korban. Pernah dengar kasus Facebook atau email teman kamu dibobol orang lain, dan mereka mengubah password serta mengirimkan data yang tidak-tidak? atau mungkin kamu sendiri pernah menjadi korban.



Salah satu cara virus masuk ke komputer kita adalah dengan melewati file yang kita download. Jadi waspadalah saat mendownload file dari internet. Berikut ini cara menghindari agar komputer kita tidak terkena virus.
  • Memilih situs yang benar-benar dapat dipercaya untuk melakukan download file. Jangan pernah melakukan download secara sembarangan yang berasal dari situs yang mencurigakan.
  • Memastikan bahwa file yang dikirimkan belum pernah dibuka oleh orang lain.
  • Mewaspadai file-file yang ekstensinya disembunyikan.
  • Memastikan bahwa di komputer kita tidak ada program yang berjalan secara otomatis.
  • Jangan terlalu percaya meskipun di komputer kita telah terpasang software antivirus.
Pastikan kamu tidak melakukan download software yang berekstensi .EXE (executable) karena biasanya ini adalah virus. Jika program ini dijalankan maka secara otomatis komputer kita akan terserang virus.
Cara menampilkan ekstensi sebuah file dengan Windows Explorer, lalu pilih Tools di opsi Menu, lalu Folder Options, setelah itu pilih Tab View dan hilangkan tanda centang untuk Hide Extensions for known file types.


Sumber
loading...