BioTac, Robot Unik Yang Memiliki Perasaan

Yang kita tahu robot itu fungsinya adalah mengerjakan tugas-tugas manusia. Artinya apa yang dikerjakan manusia bisa "diwakilkan" pada si robot. Misalnya kalau dalam dunia otomotif yang sering saya lihat di TV-TV, robot memasang mor atau baut dalam sebuah rancangan mobil. Itu dikerjakan oleh robot. Jadi manusia tidak perlu capek-capek.


Tapi jika sebuah robot bisa menyentuh dan merasakan sentuhan atau merasakan apa yang ia sentuh, ini adalah sebuah penemuan baru dalam dunia tehnologi. Seperti yang dilansir oleh Realitypod.com bahwa penemuan robot ini adalah penemuan mutakhir bahkan dianggap gila dalam dunia robot.

"Kita telah melihat beberapa hal gila yang dilakukan oleh robot, misalnya bermain dengan pisau berbahaya dan sendok-makan seseorang. Tetapi kita belum melihat sebuah robot yang memiliki perasaan sampai sekarang. Kita tahu mungkin ini aneh. Tapi coba kita berpikir tentang ide gila sejenak. Coba kita erpikir tentang penerapannya dalam kaki palsu. Orang yang diamputasi benar-benar bisa merasakan dan merasakan tekstur benda apapun dengan mencengkeram".


Para ilmuwan telah mengembangkan jari mekanik yang dapat merasakan tekstur. Jari mekanik ini memiliki sensor yang dikelilingi oleh cairan khusus dan tertutup kulit yang fleksibel. Apabila jari mekanik menyentuh sebuah benda maka menciptakan getaran. Setiap pola memiliki jenis tersendiri dari getaran yang kemudian dirasakan oleh sensor.

Maka oleh karena itu, BioTac dapat memberitahu Anda objek itu. Hasil tes dan percobaan bahwa BioTac bisa merasakan 117 tekstur yang berbeda dengan 95 persen keberhasilan. Hal itu ternyata berbanding sama ketika percobaan yang sama dilakukan juga pada manusia, BioTac memberikan hasil yang lebih akurat.