Cara Terhindar dari Percikan Minyak Saat Menggoreng, Ini Tipsnya

Menggoreng berbagai bahan makanan seringkali menimbulkan percikan minyak panas. Percikan tersebut tentunya sangat berbahaya jika mengenai kulit karena akan menyebabkan luka bakar, terlebih lagi bila mengenai anak-anak. Selain itu, percikan minyak akan mengenai berbagai barang di sekitar wajan. Minyak itu akan mengenai barang dan membuat lantai menjadi licin.

                        


Untuk menghindari percikan minyak saat menggoreng, ada tiga cara yang bisa Anda pilih.


Potongan Jahe
Masukkan dua atau tiga irisan jahe ke dalam minyak panas sebelum Anda memasukkan bahan makanan yang akan digoreng. Dengan cara ini, selain mengurangi percikan minyak, aroma jahe yang segar bisa mengurangi aroma amis pada ikan/ayam.



Tepung Beras
Taburkan sedikit tepung beras di atas minyak panas, lalu masukkan bahan makanan yang akan Anda goreng. Minyak tidak akan memercik lagi sekalipun Anda sedang menggoreng ikan.



Kurangi Air
Biasanya minyak langsung memercik saat bahan makanan yang basah dan mengandung air masuk ke dalam minyak. Karena itu, lebih baik tiriskan bahan makanan yang telah direndam dalam air/bumbu rendaman untuk mengurangi percikan saat masuk ke dalam minyak panas.