Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Software yang Harus Ada di Komputer

10 Software yang Harus Ada di Komputer

Setelah Install Windows di PC atau Laptop, seringkali kita kebingungan dengan langkah selanjutnya, yakni soal aplikasi apa saja yang perlu kita install setelah seluruh driver bawaan terinstall (karena pada umumnya, driver bawaan ini di sertakan dalam sebuah CD/DVD ketika membeli motherboard baru atau laptop Baru).

Jika anda termasuk dalam kategori diatas, maka anda perlu memnbaca 10 daftar install aplikasi yang saya susun secara berurutan. sehingga anda bisa menggunakannya sebagai to-do-list juga. Berikut ini 10 Software yang harus ter-instal di Komputer Anda:

1. Antivirus
Sebelum lanjut menginstall software-software lainnya, install dulu security software untuk terhindar dari bahaya virus-virus maupun spyware yang membahayakan komputer dan privasi kita. Untuk program keamanan ini, saya rekomendasikan eset Nod32. Avast juga boleh.

2. Browser selain IE
Install browser selain IE adalah keharusan karena security IE bawaan sangat lemah. Instal dua Browser sekaligus: Firefox dan Chrome.

3. Pengelola Arsip (alat kompresi file)
Kenapa? karena seringkali kita mendownload file dari internet dalam bentuk archive. baik zip maupun rar. rekondasi saya: 7zip atau winrar. alasan tidak menggunakan winzip karena dia hanya mampu menagani zip file sementara explorer milik XP saja sudah bisa membuka zip.

4. Download Manager
Gunakan IDM. atau yang fre tapi kualisat sama: Xtreme Download Manager. Kenapa? segai akselerator ketika mendownload. jika menggunakan downloader bawaan browser rassanya kurang nyaman karena tidak bisa me-resume file download.

5. Cleaner untuk membersihkan file sampah
Gunakan file semacam Tune-up Utilities (berbayar). tapi saya lebih suka menggunakan CCleaner Home karena gratis. dengan tool pembersih file sampah ini kinerja komputer bisa meningkat.

6. Komplement Populer
Di antaranya: Flash Player, Java Runtime Environment, DirectX, .NetFramework, dan Jika mempunyai device Android pasang juga MTP driver utility.

7. Pengolah kata dan data
Bisanya Microsoft Office, Gunakan Open Office atau Libre Office untuk yang gratisan. Tamabhkan Nitro PDF dan doPDF. masing-masing berguna untuk membaca file PDF dan membuat file PDF. meskipun di Office terbaru sudah bisa mempublish PDF, tapi hasilnya kurang maksimal.

8. Multimedia (Audio Video Image)
Winamp adalah pilihan utama. Sebagai pelengkap, install MPC atau VLC karena ada beberapa file yang tidak mampu dimainkan oleh winamp. saya lebih suka menggunakan MPC karena mempunyai codec lebih lengkap. Tak lupa pula pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan Corel Drawa untuk mengolah gambar dan membuat desain.

9. Back-up Manager dan Burning tool
Di windows sudah ada program semacam ini. hanya saja kurang enak dan tidak leluasa seperti menggunakan aplikasi khusus backup data. Rekomendasi menggunakan norton Ghost atau Mozy dua-duanya ada versi gratis dan berbayar alias lisensi berbayar-nya. Burning tool menggunakan PowerIso atau Nero untuk yang berbayar. jika ingin yang gratisan, gunakan ImgBurn.

10. Messenger
Banyak software messenger mulai teks messenger hingga yang video messenger, ada Yahoo messenger, Pidgin, facebook Messenger, Skype, dan Camfrog.



sumber
loading...