Hypnosis atau hipnotis ya untuk Terapi !!

Hypnosis atau hipnotis, sebuah kata yang semakin sering kita dengar, kata yang menimbulkan perasaan was-was, curiga dan seram, dan sekaligus sebuah kata yang sering memunculkan berbagai pertanyaan dan perasaan ingin tahu kita, makhluk seperti apakah sebenarnya Hipnotis ini? Apakah hipnotis itu ilmu sihir yang menggunakan kekuatan gelap? Atau juga semacam ilmu gendam yang bisa digunakan untuk menguasai pikiran orang lain, yang sering digunakan dalam kasus-kasus penipuan yang sering diberitakan di media massa? Benarkah ilmu hipnotis itu berbahaya dan harus dihindari?
http://3.bp.blogspot.com/-qw6d0ti6jEo/ULnavYNcSgI/AAAAAAAAAKU/2SlVGJml83U/s1600/Hypnosis_hipnotis_Indonesian+Hypnosis+Society.jpg 
Sebenarnya hipnotis adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagai hasil pengamatan sehari hari terhadap fenomena kerja otak, jadi sebenarnya dalam sehari hari, kita selalu berhubungan dengan fenomena hipnotis, apakah kita sedang nonton tv, membawa mobil maupun sedang dipijat refleksi.
Bahkan dalam sehari hari kitapun sudah sering memunculkan fenomena hipnotis tanpa kita sadari, misalnya ketika seorang ibu ingin menidurkan anaknya dengan menepuk nepuk dan mengelus, sebenarnya sang ibu sudah mempraktekkan hipnotis secara tidak sadar, hanya karena sang ibu belum mengerti tentang proses hipnotis, maka dia tidak lanjut dengna fase hipnotis yang berikutnya, yaitu memanfaatkan trance yang sudah ada untuk berkomunikasi dengan pikiran sadar.
Sekarang hipnotis itu sudah sedemikian maju, sehingga tidak hanya dimanfaatkan dalam terapi dan konseling saja, tapi mulai dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti motivasi, disiplin diri, perubahan mindset, dalam olah raga, presentasi, negosiasi, selling dan banyak aplikasi lainnya dalam pekerjaan dan bisnis.
Dan beda dengan persepsi umum dimana orang orang menyamakan hipnotis itu dengan tidur, orang yang sedang berada dalam kondisi terhipnotis itu masih sadar, jadi bukan menjadi tidak sadar, dan dengan hipnotis orang orang tidak kehilangan kontrol, malah kalau sudah mengerti tentang cara kerjanya, hipnotis memberikan lebih banyak kontrol terhadap pikiran, emosi dan bahkan pada fungsi tubuh.
Justru kontrol inilah yang dimanfaatkan sebagai faktor kali atau leveraging factor dalam berbagai bidang untuk mempercepat dan membuat sebuh proses menjadi lebih efektif.
Dan metoda hipnotis juga berbeda beda, ada yang mirip dengan yang sering ditampilkan di TV, yaitu klien disuruh menutup mata kemudian baru dilakukan induksi dan ini hanyalah salah satu cara untuk melakukan hipnotis, jika ini adalah salah satu cara, berarti ada cara lain untuk menghipnotis?
Benar, cara lain adalah dengan melakukan waking hypnosis, yaitu memberikan sugesti pada klien dalam kondisi mata terbuka dan tanpa induksi formal, cara tersebut disebut dengan Semi Covert (Covert=Tersamar) karena klien masih sadar bahwa dia sedang dihipnotis.
Apakah kedua cara tersebut diatas cocok dimanfaatkan dalam bisnis, dari pengalaman saya kurang cocok dan kurang fleksibel, karena kedua cara tersebut malah akan memunculkan rasa curiga dan bahkan rasa takut pada partner bicara kita.
Lalu bagaimana cara memanfaatkan hipnotis dalam bisnis? Untuk itu ada sebuah teknik yang lebih tersamar (Covert), yaitu HipnoPercakapan X-Trance, karena X-Trance itu content free (tidak tergantung pada isi pembicaraan), maka menjadi sangat fleksibel dan cocok dimanfaatkan dalam bisnis seperti selling, komunikasi, persuasi, presentasi, negosiasi dan lain lain.
Jika X-Trance dikuasai dengan baik, anda bisa menyelipkan ide dan saran langsung ke pikiran bawah sadar partner bicara tanpa disadari sehingga meminimalkan resistensi, karena nantinya partner bicara akan mengira bahwa ide tersebut memang datang dari dirinya sendiri, karena merasa berasal dari ide sendiri tentu saja partner bicara anda akan lebih mau dan lebih komit untuk melakukannya.


sumber