Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Tips Mengatasi Rasa Cemas

Hampir semua orang pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan. Baik itu karena masalah kantor yang belum juga teratasi, di tempat kuliah, sekolah, problem keuangan, dan sebagainya. Rasa cemas berlebih bila dibiarkan berlarut-larut bisa meracuni jiwa, dan akhirnya merembet pada kesehatan tubuh.
Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.

1. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Anda Khawatir
Ketika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.

2. Abaikan Rasa Gelisah
Kadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri.

3. Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita Drama
Bukan menyarankan untuk menjadi 'drama queen', tapi anggap saja kekhawatiran sebagai sebuah drama di pikiran Anda, yang pasti akan berakhir. Nikmati saja setiap cerita yang disuguhkan oleh pikiran Anda tersebut, dan anggap diri Anda sedang terlibat dalam pertunjukan itu.

4. Sediakan Waktu Khusus untuk Memikirkan Masalah & Solusinya
Pilihlah momen tertentu yang Anda anggap sebagai waktu yang tepat untuk memikirkan masalah. Misalnya pukul 19.00-20.00, Maka pada jam tersebut, Anda harus fokus memikirkan masalah dan mencari solusinya. Lewat dari jam tersebut, bebaskan pikiran Anda dari masalah itu.

5. Meditasi

Ini adalah metode biasa, namun sangat ampuh untuk mengatasi kecemasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Buang semua kepanikan Anda dan gunakan logika untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Panik bisa membuat Anda berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dulu agar solusi dari masalah bisa didapatkan.

6. Konsultasi dengan Ahlinya
Ketika rasa cemas sudah cukup mengkhawatirkan dan mengurangi kualitas hidup Anda, ada baiknya meminta bantuan profesional. Anda bisa datang ke psikolog untuk berkonsultasi, sebanyak 4-5 sesi. Utarakan apa yang menjadi kecemasan dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jika belum bisa menemukan solusinya, umumnya psikolog akan merekomendasikan apakah Anda perlu ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan medis.



Sumber
loading...