Misteri "Kutukan" Jakarta Selama Libur Lebaran


Seperti biasanya di bulan ramadhan, terutama di separuh akhir bulan puasa selalu ramai serunya berita arus balik mudik lebaran dan kecelakaan lalu lintas yang biasa mengiringi berita arus mudik. Sebuah kegiatan massal dan terjadi setiap tahunnya di Jakarta dan di seluruh wilayah di Indonesia guna merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung. Sebenarnya ada banyak cerita di balik tradisi mudik ini, selain itu juga diiringi dengan peristiwa kecelakaan lalu lintas yang masih saja menjadi persoalan karena tahun demi tahun kegiatan silaturahmi itu diwarnai dengan �menghantar maut.�

Namun ada yang juga semacam "kutukan" buat kota Jakarta berbarengan dengan musim mudik setiap tahunnya. Setiap bulan Ramadhan jakarta juga diwarnai dengan peristiwa kebakaran, karena menjelang lebaran Idul Fitri ini biasanya potensi untuk terjadinya kebakaran di rumah kosong yang ditinggal mudik oleh penghuninya juga meningkat.

Pada masa libur lebaran tahun ini pun demikian, kebakaran terjadi di Kafe Petualang di Jalan Raya Pramuka, Jakarta Timur pada Sabtu malam 3 Agustus 2013. Sedangkan pada hari Selasa kemarin, 6 Agustus 2013, dikabarkan ada dua kebakaran yang terjadi di Jakarta. Kebakaran di basement gedung bioskop Liberty dan kebakaran di Pasaraya Blok M. Sedangkan dari catatan selama libur Lebaran tahun 2012 lalu nyaris setiap hari di berbagai wilayah Jakarta terjadi kebakaran. Mengutip data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI tercatat 31 peristiwa kebakaran selama libur lebaran.


Sementara pihak dinas kebakaran menyatakan bahwa penyebab utama kebakaran itu adalah akibat kelalaian warga dalam mengantisipasi bahaya listrik saat rumah ditinggal mudik. Yupps....banyak rumah kosong di Jakarta akibat ditinggal mudik oleh penghuninya yang terbakar dalam peristiwa kebakaran Jakarta. Sementara itu warga sendiri banyak yang masih nakal, yaitu menggunakan listrik secara ilegal. Selain itu masih banyak pemicu lainnya, mulai dispenser air yang sudah kosong namun tetap dibiarkan menyala, kipas angin yang tidak dimatikan, hingga kompor gas bocor atau kabel regulator tabung gas yang rapuh.


Dan untuk mengantisipasinya berikut ini adalah tips-tips singkat untuk menghindari kebakaran di rumah anda saat mudik lebaran :


Quote:
- Mematikan semua peralatan elektronik dirumah anda

- Mencabut stop kontak peralatan elektronik anda

- Bila perlu matikan juga saklar listrik di rumah andanya dan nyalakan seperlunya saja, misalnya untuk lampu penerangan atau teras

- Perhatikan kondisi kompor anda, terutama kompor gas. Pastikan tidak ada kebocoran di selangnya

- Sediakan alat pemadam tradisional seperti pasir dan karung goni di rumah anda

- Selalu mengecek keadaan rumah, misalnya dengan menelpon tetangga atau orang disekitar rumah anda


Selamat menikmati mudik anda!


sumber