Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Maraknya pedagang yang menjual madu palsu membuat para konsumen seperti kita selalu berpikir negatif tentang madu yang ditawarkan. Sebagian besar dari kita pasti akan pesimis bahwa madu yang ditawarkan pada kita adalah madu asli apalagi dengan harga yang cukup murah. Memang untuk membedakan antara madu asli dengan yang palsu susah-susah gampang.

Madu palsu yang beredar di pasaran, jenisnya berbeda-beda. Mulai dari campuran antara madu asli dengan cairan gula sampai tanpa ada unsur madu aslinya pun juga ada.
insiderireland.ie
Kita sebagai konsumen dituntut lebih 'pintar' sebelum membeli produk madu yang ditawarkan, jangan sampai manfaat yang seharusnya kita dapatkan dari madu asli, tidak kita peroleh malah membuat efek negatif pada kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu :

1. Dibakar di atas sendok.
Taruhlah madu pada sebuah sendok logam. Bakar bagian bawah sendok dengan api/lilin. Madu yang asli akan mendidih hingga busanya tumpah dari sendok, sedangkan yang palsu, meskipun mendidih namun busa tak sampai tumpah.

2. Dengan kertas koran.
Teteskan madu pada kertas tipis/koran. Madu yang asli tidak akan membuat kertas basah/robek. Sedangkan madu palsu akan terserap ke dalam kertas, karena kandungan airnya yang lebih tinggi.

3. Menggunakan korek api.
Masukkan batang korek api ke dalam madu beberapa saat. Ambil dan pantikkan/gesekkan agar menyala. Bila madu asli, korek akan tetap bisa menyala, dan sebaliknya.

4. Dengan segelas air.
Teteskan setetes madu ke dalam segelas air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tetap terlihat berkumpul/tidak larut dengan air.

5. Dimasukkan dalam freezer.
Masukkan madu ke dalam freezer/lemari es. Madu asli tidak akan membeku.

6. Dicampur kuning telur.
Campur dan aduk madu dengan kuning telur bebek. Bila madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.



sumber
loading...