Inilah, 10 Binatang Yang DiAnggap Paling Setia

Ternyata Bukan Manusia aja bisa Setia, Hewan juga bisa loh ( Setiap Tingkungan Ada , Hahaha ), dari pada penasaran yuk kita liat bintang apa sih yang dibilang setia itu.

1. Burung Merpati



         Burung merpati atau burung dara (turtle dove) juga sudah terkenal kesetiaannya. Bahkan sastrawan Shakespeare membuat puisi yang diinspirasi dari burung merpati ini ‘The Phoenix and The Turtle. Burung merpati menjadi lambang kesetiaan turun temurun, contohnya adalah di undangan pernikahan biasa ditemukan gambar burung merpati, atau tradisi melepas burung merpati terbang.


2. Serigala (Canis lupus)



        Binatang ini sering digambarkan bersifat licik dalam kisah-kisah dongeng, namun sebenarnya serigala memiliki ikatan keluarga yang kuat dan konservatif. Satu komunitas biasanya terdiri dari pejantan, betina dan anak-anaknya membentuk keluarga inti. Seekor serigala bisa memiliki beberapa pasangan dalam hidupnya, tapi hanya memiliki satu pasangan dalam satu waktu. Serigala betina hanya kawin dengan seekor jantan, tapi akan cari pengganti jika pasangannya mati, terusir dari kelompok, sakit atau jika pasangannya mandul.

3. Anglerfish (Lophiiformes)



     Monogami ikan laut dalam ini sangat ekstrem. Saat kawin pejantan menggigit betina sampai darah mereka bercampur, dan sampai si pejantan kehabisan sperma.

4. Laba-Laba (Argiope aurantia)

     
     Seperti laba-laba lain, pejantan mati usai senggama karena di makan betina. Namun pejantan Argiope aurantia meninggalkan “kenang-kenangan” sebelum mati berupa penghalang di saluran kelamin, sehingga betinanya tidak bisa kawin lagi.

5. Buaya


        Buaya menganut monogami, setidaknya mayoritas dari mereka. Studi selama 10 tahun yang dilakukan di Rockefeller Wildlife Refuge di Louisian, membuktikan bahwa 70% buaya betina selalu memilih pasangan yang sama setiap kali musim kawin tiba. Padahal mereka punya banyak kesempatan untuk memilih pasangan baru. “Kita terkejut dan tidak menyangka akan menemukan pasangan yang sama di antara buaya yang kawin pada tahun 1997 dan masih tetap berpasangan sampai tahun 2005,” ujar  Stacey Lance, peneliti dari Savannah River Ecology Laboratory yang memimpin riset ini.

6. Elang Gundul (Haliaeetus leucocephalus)



         Burung pemangsa yang jadi lambang Amerika Serikat ini tergolong setia. Mereka baru akan mencari pasangan baru setelah pasangannya mati.

7. Angsa

          Angsa sudah legendaris menjadi lambang kesetiaan selama berpuluh tahun. Gambar 2 leher angsa berlainan jenis yang saling merekatkan dahi dan membentuk lambang hati terkenal di mana-mana. Tak jarang lambang angsa selalu ditemukan di undangan pernikahan, sampai pahatan es batu hiasan di resepsi pernikahan. Angsa memang binatang monogami, tahan setia pada pasangannya selama bertahun-tahun, bahkan beberapa kasus, kesetiaan angsa sampai seumur hidupnya. Angsa binatang setia kendati perilaku romantis itu menggebu-gebu di awal mereka berpasangan. Wah.. benar-benar mirip perilaku manusia yang sedang kasmaran.

8. Burung Nasar Hitam / Vulture Hitam (Coragyps atratus)



        Burung pemakan bangkai ini, menegakkan prinsip monogami yaitu dengan jika ketahuan “selingkuh”, burung pemakan bangkai yang tersebar di Benua Amerika ini akan mendapat serangan dari pasangannya, juga dari teman sekelompoknya.


9. Rayap



        Beberapa spesies rayap dapat membentuk ikatan seumur hidup pada pasangannya, terutama rayap ratu dan rayap raja. Seekor rayap ratu dan rayap raja kegiatannya hanya membuat anak untuk membentuk koloni kerajaannya.


10. Penguin (Sphenisciformes)


       Setelah film “March of the Penguins” pada 2005, banyak kalangan menilai pinguin merupakan contoh ideal monogami. Padahal mereka tidak setia-setia amat. Pinguin hanya monogami di satu musim saja.


Baca Juga :


sumber