Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Phobia Bisa Sembuh Cukup Dengan Tidur Saja

 
Phobia sebenarnya bukanlah penyakit berbahaya, tetapi kalau dibiarkan, tentunya akan cukup mengganggu dan membuat orang jadi tak nyaman. Inilah yang menyebabkan sekian banyak orang pergi ke psikolog untuk menyembuhkan phobianya. Apakah mereka berhasil? Sebagian mungkin berhasil, dan sisanya belum berhasil.

Memang tidak mudah menyembuhkan phobia dan membuat orang tidak takut lagi akan sesuatu. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi para ilmuwan untuk mendalami penelitiannya. Para ilmuwan dari Northwestern Medicine berusaha mengatasi phobia dengan terapi tidur, seperti dilansir oleh AntaraNews.
Penelitian tersebut merangkul berbagai partisipan yang memiliki phobia tertentu dan biasanya mengalami kesulitan tidur karenanya. Mereka kemudian dirangkul dan memperoleh bantuan dari Katherine Hauren, seorang ahli syaraf, untuk menurunkan rasa takut sedikit demi sedikit.

Ada sekitar 15 orang partisipan yang tergabung dalam penelitian tersebut, dan kesemuanya ditest dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dibantu disembuhkan dengan pemberian kejutan listrik ringan, ada pula yang menggunakan bau-bauan seperti mint, lemon, cengkeh dan kayu. Penelitian dilakukan dalam dua kondisi, saat si partisipan sedang tidur atau terjaga.

Melalui gelombang fMRI, team mengetahui rasa takut yang muncul dari dalam partisipan. Di sana kemudian bau-bauan diberikan untuk mengaktifkan memori yang berulang dan membantu menghilangkan rasa takut.
Hasil penelitian ini diterbitkan pada jurnal Nature Neuroscience dan hingga kini masih dikembangkan.
loading...