6 Ciri Orang Yang Berpotensi Kesurupan

Sering kali, tersiar berita melalui media massa adanya kesurupan massal yang terjadi di sekolahan. secara akal sehat kadang kita bingung bagaimana hal itu bisa terjadi. Medis pun cukup sulit menjelaskan fenomena kesurupan massal. Tetapi yang jelas memang fenomena kesurupan itu sebuah fakta. Menurut AN. Ubaedy, yang ditulisnya dalam majalah Smart kids, paling tidak ada 6 ciri orang yang berpotensi kesurupan.

Ciri-Ciri Orang Berpotensi Kesurupan

  1. Orang yang merasa terlalu tertekan atau terlalu kosong jiwanya. Terlalu tertekan itu sama bahayanya dengan terlalu kosong(benging) bagi pikiran manusia.
  2. Terlalu tertekan fisiknya dan mentalnya sehingga terlalu capek.
  3. Mereka yang pemalas dan kurang kreatif dalam menghadapi kenyataan hidup atau konflik sehingga mudah merasa menemui jalan buntu atau mudah merasa terkendala.
  4. Mereka yang semangat hidupnya lemah, terlalu bergantung pada kekuatan eksternal di luar dirinya sehingga mudah dikontrol kekuatan lain.
  5. Mereka yang terlalu mudah cemas, khawatir atau takut (pesimis) atau yang susah mengelola emosi negatif menjadi positif (reaktif).
  6. Mereka yang kurang latihan berpikir rasional dalam hidup (kurang berlandaskan iman dan amal saleh) atau juga suka bid'ah.
sumber