Lokasi-Lokasi Penting di Dunia yang Tidak Boleh Dikunjungi

Lokasi-Lokasi Penting di Dunia yang Tidak Boleh Dikunjungi
Selama ini pernahkah kamu merasa takjub ketika berkunjung ke sebuah lokasi bangunan? Melihat bentuknya dari luar dan memuji arsitekturnya yang luar biasa, pasti ada keinginan jauh di dalam hatimu untuk bisa berkunjung ke sana. Akan tetapi bagaimana kalau justru dilarang?

Di dunia ini banyak sekali tempat-tempat atau lokasi yang sangat luar biasa keren dan membuat siapapun ingin berkunjung ke sana. Namun sayangnya, justru orang-orang dilarang berkunjung ke sana. Dilansir oddee.com, mari kita cari tahu jawabannya disini.

1. Arsip Rahasia Vatikan

Gedung Arsip Rahasia Vatikan yang berlokasi di kota Vatikan dengan pintu masuknya dekat dengan perpustakaan Vatikan dari Piazza Santro Petrus. Di sana terdapat banyak sekali dokumen negara, surat-surat penting, buku rekening Paus dan dokumen Kristiani lainnya yang telah disimpan selama beradab-abad. Pada abad ke-17, atas perintah Paus Paul V, Arsip Rahasia dipisahkan dari perpustakaan Vatikan dan benar-benar terlarang bagi orang asing sampai tahun 1881 ketika Paus Leo XIII membukanya kembali.

Diperkirakan Arsip Rahasia Vatikan memiliki rak sepanjang 84 kilometer dengan total 35 ribu katalog. Jadi kamu bisa mengerti kenapa Robert Langdon begitu ingin memasuki gedung ini dalam film ANGELS AND DEMONS.

2. Pulau Niihau - Hawaii

Pulau Niihau adalah yang terbesar dari kepulauan berpenghuni di Hawaii. Di Niihau kamu tak akan menemukan jalan beraspal, toko, restoran, aliran listrik atau saluran air. Hanya ada satu sekolah di Niihau yang memakai sumber energi tenaga matahari. Elizabeth Sinclair membeli Niihau pada tahun 1864 dari Kerajaan Hawaii dan kepemilikannya menurun di keluarga Robinson.

Pada tahun 1915, cucu laki-laki Sinclair yakni Aubrey Robinson menutup Niihau karena ingin melestarikan sumber daya alam di sana dan hanya boleh ijin khusus untuk ke sana, sekalipun itu keluarga. Bahkan penduduk sekitar Hawaii dilarang untuk menekati Niihau. Hmm, ada apa ya di sana?

3. Pulau Poveglia - Venesia

Poveglia merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara Venice dan Lido di laguna Venesia, Italia Utara. Selama berabad-abad, Poveglia menjadi tempat perlindungan sekaligus pengasingan bagi mereka yang mengalami sakit parah dan akhirnya meninggal di sana.

Hal itu diawali pada tahun 1348 yang menjadikan Poveglia sebagai lokasi karantina penyakit menular yang membuat pulau itu menjadi terasingkan dan banyak mayat-mayat. Tahun 1922, Poveglia sempat dijadikan rumah sakit mental namun semenjak 1968 pulau itu ditinggalkan dan tak berpenghuni. Banyak orang percaya jika Poveglia berhantu karena banyak korban meninggal karena wabah penyakit dan perang secara tidak layak di sana seperti disiksa serta dibantai. 

4. Gereja Lady Mary of Zion - Ethiopia

Gereja yang berada di Ethiopia ini mungkin menjadi salah satu gedung yang amat sangat susah untuk bisa dikunjungi karena diklaim memiliki obyek Alkitab paling penting yakni Tabut Asli dari Kovenan yang menurut tradisi datang ke Ethiopia bersama Menelik I setelah dia mengunjungi ayahnya, Raja Solomon.

Karena Tabut itu dianggap sangat suci, hanya biarawan terpilih yang boleh masuk ke gereja itu. Orang asing benar-benar dilarang berkunjung ke sana, atau mendekati. 

5. Pine Gap - Australia

Pine Gap sering kali digunakan untuk satelit stasiun pelacakan yang berada sekitar 18 kilometer barat daya kota Alice Springs, Australia tengah yang dioperasikan oleh Australia dan Amerika Serikat. Fasilitas yang ada di lokasi ini adalah sebuah komputer kompleks raksasa dengan 14 kubah yang melindungi antena dan 800 karyawan.

Lokasi yang dipilih untuk Pine Gap memang begitu strategis dan signifikan karena bisa mengontrol satelit mata-mata Amerika untuk meneliti keadaan dunia ketiga seperti China, sebagian Rusia dan Timur Tengah. Tampaknya seperti di dalam film saja ya? 

6. Pusat Riset Nuklir Negev - Israel

Pusat Riset Nuklir Negev ini merupakan sebuah instalasi nuklir Israel yang terletak di gurun Negev, sekitar 13 kilometer bagian selatan kota Dimona, Israel. Pembangunannya dimulai pada 1958 dengan informasi mengenai fasilitas ini sangat rahasia.

Namun pada 1986, Mordechai Vanunu, mantan teknisi di Dimona melarikan diri ke Inggris dan mengungkapkan kepada media beberapa bukti program nuklir Israel serta tujuan setiap bangunan dan fasilitas bawah tanah rahasia. Januari 2012, diputuskan untuk mematikan (setidaknya sementara) reaktor nuklir pusat. Pada Oktober-November 2012, pihak Hamas sempat menembakkan roket ke Dimona. Hmm, apakah Israel akan membuat senjata pemusnah masal? 

7. Metro-2 - Rusia

Metro-2 yang berada di Moskow ini merupakan sebuah nama tak resmi di Rusia untuk sistem rahasia metro bawah tanah. Sistem ini dibangun di masa Joseph Stalin dengan kode D-6 oleh KGB dan sampai kini masih diduga dioperasikan oleh Direktorat Utama dari Program Spesial dan Kementrian Pertahanan.

Diperkirakan panjang Metro-2 melebihi dari Metro publik dengan 4 jalur yang terletak di 50-200 meter dalamnya. Sayangnya semua informasi itu tidak didukung oleh dokumentasi seperti foto yang membenarkan sehingga Metro-2 hanya menjadi sebuah lokasi terlarang. 

8. Museum Jiangsu - China

Museum Pendidikan Keamanan Nasional Jiangsu yang berada di China ini merupakan tempat dokumen-dokumen rahasia sejarah spionase China. Ada banyak sekali dokumen dan gadget penting mulai tahun 1927 ketika Komite Pusat Partai Komunis didirikan pada tahun 1980.

Ternyata tak hanya dokumen rahasia, ada juga senjata-senjata, kamera miniatur dan benda-benda lainnya. Orang-orang yang boleh masuk ke Jiangsu hanyalah mereka yang terdaftar sebagai warga negara China. Jadi jika kamu bukan orang China, lupakan ide datang ke museum Jiangsu karena kamu akan dianggap sebagai mata-mata asing.

9. Kuil Agung Ise - Jepang

Kuil Agung Ise yang berada di Jepang ini merupakan sebuah kuil Shinto yang didedikasikan untuk dewi Amaterasu-ōmikami. Ise terdiri dari dua bangunan kuil utama dengan sekitar 125 kuil-kuil kecil. Lokasi ini adalah situs paling penting sekaligus paling suci bagi agama Shinto. Untuk berkunjung ke sini juga sangat terbatas karena orang yang boleh masuk adalah pemuka agama atau anggota Kerajaan Jepang.

Masyarakat umum hanya boleh melihat sedikit bagian atap jerami di bangunan pusat dan tersembunyi di balik empat pilar kayu tinggi. Setiap 20 tahun sekali, dua bangunan utama di Ise dibangun ulang sesuai cetak biru desain asli lebih dari 1.000 tahun silam. Hal ini dilakukan karena kepercayaan Shinto soal hidup yang fana dan pembaruan saat kematian. 

10. Gua Lascaux - Prancis

Gua Lascaux merupakan serangkaian gua yang ada di barat daya Prancis dan terkenal karena lukisan-lukisan Paleolitikum di gua. Di gua ini ada sekitar 900 lukisan nyata paling sempurna dari seni era Paleolitikum. Disebutkan lukisan-lukisan di sini sudah berusia 17.300 tahun lamanya. Kebanyakan yang dilukis adalah hewan-hewan raksasa serta bukti-bukti fosil yang ditemukan di sana.

Akan tetapi saat ini Lascaux sudah tertutup bagi pengunjung semenjak tahun 1963 dan seakan dihuni oleh kumpulan jamur. Alasan penutupannya adalah karena takut bukti peradaban manusia purba di sana bisa rusak. Tahun 1979, Lascaux resmi masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama situs prasejarah lainnya di lembah Vézère, Prancis. 




sumber