10 Cara Menikmati Kesendirian (Jomblo)

10 Cara Menikmati Kesendirian (Jomblo)

Setelah putus cinta, Anda mungkin akan merasa sangat kesepian selama beberapa minggu. Seolah-olah ada sesuatu yang hilang dari hidup Anda. Tetapi akhirnya, ketika hidup kembali normal, Anda mulai dapat menikmati masa-masa menjadi jomblo. Ada banyak alasan yang dapat Anda yakini tentang kenapa jadi jomblo itu membahagiakan. Banyak orang bahkan benar-benar menikmati masa jomblo karena itu memberi mereka banyak ruang untuk pengembangan diri. Berikut ini 10 Cara Menikmati Kesendirian (Jomblo)

1. Pacaran bukan tuntutan
Pacaran adalah sebuah “pilihan gaya hidup” bukan sebuah “tuntutan” Pacaran harus menjadi sebuah pilihan bukan karena tuntutan masyarakat, keluarga, atau teman kita. Kita memilih pacaran karena memang hati kita yang berkata ‘ya’. Jangan pernah beranggapan bahwa “jika aku pacaran, maka aku akan bahagia”. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu karena pacaran tidak ada kaitannya langsung dengan kebahagiaan. Kebahagiaan tidak akan pernah timbul dari suatu hal yang dipaksakan.

2. Nikmati perhatian dari orang di dekat Anda 
Segera setelah berita putus cinta Anda menyebar ke orang-orang di dekat Anda, Anda akan mulai mendapatkan banyak perhatian dari teman pria atau wanita Anda. Nikmati saja momen-momen langka tersebut dan bangkitlah kembali.

3. Tetap Percaya Diri
Kunci utama saat berada di situasi ini adalah tetap percaya diri. Jangan mudah terjebak dengan pendapat orang lain. Hiraukan semua opini yang mengatakan bahwa kamu ‘tidak laku’ atau memiliki banyak sekali kekurangan sehingga kamu tetap jomblo hingga saat ini. Jomblo bukan berarti ada sesuatu yang salah pada dirimu. Tunjukkan rasa percaya dirimu dengan berpenampilan sebaik mungkin kemanapun kamu pergi.

4. Membaca buku atau mendengarkan musik
Bacalah buku-buku yang mengajarkan kamu untuk mensyukuri dan menikmati hidup. Bacalah kisah-kisah inspiratif yang membuat kamu selalu bersemangat. Dengarkan juga musik yang membangkitkan rasa optimismu. Hindari musik-musik patah hati yang membuatmu semakin merasa depresi. Mendengarkan lagu-lagu seperti itu sebenarnya bagus untuk menyalurkan kesedihan tapi hanya efektif untuk sesaat, tidak untuk sepanjang waktu.

5. Nonton dan Berolahraga
Cari hiburan sebanyak mungkin yang bisa menemani kesendirian dalam keseharian Anda. Menonton film bisa menjadi alternatif. Pilihlah sesuai genre yang anda sukai seperti horor, komedi atau action. Namun sebaiknya hindari film bergenre drama percintaan agar tidak membuat Anda semakin galau. Sisihkan juga waktu untuk olahraga, seperti jogging, ngegym atau berenang. Kesehatan adalah nomor satu meskipun saat ini tidak ada orang yang mengingatkan Anda untuk sekedar berolahraga dan menjaga kesehatan.

6. Kembangkan hobi
Saat pacaran mungkin anda tidak punya waktu untuk mengembangkan minat dan hobi Anda. Karena itulah disaat Anda sedang sendiri tak ada salahnya mencoba mengembangkan hobi Anda, siapa tahu hobi yang Anda tekuni akan membawa hoki.

7. Shopping (Belanja)
Jika dulu ada yang melarang Anda untuk sekedar shopping dan menghabiskan uang, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Tak ada salahnya membeli barang bagus atau barang baru demi memuaskan hasrat belanja Anda. Sekali-kali hal ini boleh saja dilakukan, seperti ketika masih single.

8. Jangan Tertekan
Mungkin banyak teman-teman bahkan orang tua sendiri sering bertanya tentang kapan kamu akan mendapat pasangan mengingat umurmu yang sudah ‘melampaui batas’. Jika kamu sering diperlakukan seperti itu, jangan diambil hati. Orang tua bahkan teman-temanmu sering bertanya seperti itu mungkin karena khawatir jika kamu merasa kesepian. Oleh karena itu tunjukkan kepada mereka bahwa kamu bisa tetap gembira dan menikmati hidup meski sedang jomblo.

9. Berkumpul bersama teman-teman
Alone but not lonely, sendiri bukan berarti Anda kesepian. Luangkanlah waktu Anda untuk berkumpul bersama teman-teman yang mungkin akan sangat jarang anda lakukan jika sudah memiliki kekasih. Teman dan sahabat bisa membuat hidup kita lebih berwarna meskipun sedang sendiri. Single atau In A Relationship adalah dua hal yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga hal-hal lain di dunia ini. Semuanya tergantung dari kita untuk fokus pada kelebihan atau kekurangan. Sayangnya orang yang hidup single cenderung fokus pada kekurangannya saja. Inilah yang harus diubah.

10. Bergabung dengan komunitas 
Bergabunglah dengan komunitas yang Anda sukai dan sesuai dengan bakat, minat dan hobi Anda. Selain bisa bertukar pengalaman seru, siapa tahu Anda akan bertemu dengan jodoh Anda disana. Dengan semakin berkembangnya teknologi, rasanya tak sulit untuk menemukan komunitas yang Anda cari.


sumber