5 Racun Alami Paling Mematikan dan Terpopuler di Dunia

Racun merupakan salah satu alat pembunuh yang saat ini masih banyak digunakan. Umumnya, racun digunakan untuk membunuh korban tanpa sepengetahuannya. Racun bersifat sebagai pembunuh yang tidak meninggalkan luka fisik, melainkan kerusakan organ-organ di dalam tubuh. 

Sementara racun itu sendiri terdiri dari 2 macam berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu bahan alami dan buatan. Umumnya racun alami banyak digunakan karena mudah mendapatkannya. Nah, berikut ini setidaknya ada 5 bahan racun alami paling populer saat ini.

1. Beladonna
Tanaman cantik ini mungkin tidak terlihat seperti racun karena bentuknya yang mirip semacam tanaman hias. 


5 Racun Alami Paling Mematikan dan Terpopuler di Dunia

Tanaman asal Italia ini digunakan sebagai bahan kosmetik semacam pemerah pipi yang tidak berbahaya untuk kulit. Namun apabila sepuluh buah dari tanaman ini termakan, maka akan menyebabkan kematian.

2. Tetrodotoxin
Sebenarnya zat ini bisa ditemukan dalam dua makhluk laut, yaitu gurita bercincin biru dan ikan puffer. Namun, gurita adalah yang paling berbahaya, karena sengaja menyemprotkan racun melalui tintanya yang dapat membunuh dalam hitungan menit. 



Cukup satu semprotan racun dari hewan ini terbukti mampu melumpuhkan 26 manusia dewasa dalam hitungan menit. Sedangkan pada ikan puffer, racun ini terdapat pada duri di sekitar tubuhnya saat menggelembung.

3. Hemlock
Atau yang disebut juga sebagai conium ini adalah tanaman berbunga yang sangat beracun yang tumbuh di Eropa dan Afrika Selatan. Tanaman ini merupakan racun populer yang digunakan bangsa Yunani kuno terhadap tawanannya. 



Untuk orang dewasa, menelan 100mg conium atau sekitar 8 lembar daun cukup untuk melumpuhkan tubuh Anda. Keracunan paling terkenal adalah hukuman mati terhadap filsuf Yunani pada tahun 399 SM, ia diberi infus yang terkonsentrasi dengan hemlock.

4. Arsenic
Sebenarnya arsenic ini mempunyai julukan “Si raja racun” karena berdasarkan sifatnya yang tidak mudah terdeteksi oleh alat canggih pemeriksa kandungan racun. Arsenic akan larut di dalam air tanpa merubah warna air yang melarutkannya. 



Biasanya, arsenic digunakan untuk meracuni orban melalui minuman atau media air lainnya. Walaupun berbahaya, racun ini dapat dibuat sebagai bahan campuran kosmetik.

5. Aconite
Zat ini berasal dari tanaman monkshood. Juga dikenal sebagai wolfsbane, cukup selembar daun tanaman ini dan akan membuat korban menderita gagal jantung dan meinggal secara mendadak. 



Supaya racun dapat bekerja, tanaman ini tidak perlu ditelan, namun hanya melalui sentuhan terhadap daun ini dapat membuat racun masuk kedalam tubuh melalui pori-pori kulit. Oleh karena sifatnya yang tidak bisa dilacak, justru banyak pembunuhan yang menggunakan media daun ini.

Jadi itulah beberapa racun paling mematikan yang terdapat pada bahan alami, semoga dengan mengetahui hal ini kamu dapat memilih mana makanan yang baik dan tidak untuk di konsumsi.


sumber