Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Sushi Nikmat yang Pasti Bikin Kamu Ketagihan

Mungkin pada awalnya akan terasa aneh karena bukan menu makanan yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Tetapi, perlahan sushi seperti menemukan takdir nya, bertemu dengan lidah-lidah yang haus dimanjakan. Dan, demikianlah kemudian menu yang dulunya hanya ada di resto mewah atau hotel, mulai dikenal khalayak yang lebih luas.

Kini sushi hadir dengan berbagai versi, mulai dari yang mahal dan mewah, hingga yang paling disukai adalah yang terjangkau kantung mahasiswa. Sushi menjadi salah satu menu favorit sebagian orang khususnya pecinta menu Jepang.

Nah, tetapi jangan sampai tertipu sushi gadungan yang hanya dibungkus dengan nasi kepal saja ya. Lewat informasi ini, Anda juga perlu tahu 7 sushi yang bikin ketagihan. Sushi apa saja yang dimaksud? Simak yang berikut ya.

1. Fugu Sashi
Sashimi yang satu ini bentuknya sangat manis saat disajikan di atas piring. Seperti lempengan kaca yang bisa dimakan. Fugu sendiri sebenarnya adalah ikan kembung, ikan yang berbahaya apabila terkena sengatannya.


Fugu Sashi

Memiliki racun yang bisa membuat seseorang merasa sesak nafas, ikan ini aman dan enak untuk dimakan, apabila koki yang memasaknya cerdas dan tahu cara yang tepat menyajikannya.

Untuk itu, sushi yang satu ini tak bisa disajikan oleh sembarang koki, karena umumnya hanya koki yang bersertifikat yang boleh menyajikannya.

Karena tergolong makanan yang sulit disajikan, fugu sashi ini harganya mahal. Tetapi, dengan rasanya yang istimewa, semua terbayar.

2. Unagi
Terbuat dari belut segar, yang kemudian diolah lagi menghasilkan sushi nikmat, mulur di lidah, namun tetap lembut dan gurih. Sushi ini disajikan dengan saus teriyaki. Dengan elemen utama manis, dan gurih yang tercampur menjadi satu.


Unagi

Unagi biasanya disajikan sebagai sushi roll yang dibungkus dan bentuknya mirip dengan ulat. Soal rasa, tak ada yang tidak ketagihan setelah mengonsumsi sushi ini.

3. Basashi
Kalau Anda pernah makan sate kuda, nah Anda pasti familiar dengan rasa ini. Basashi adalah jenis sushi yang terbuat dari daging kuda dan sangat beken di Amerika, Jepang, China, Korea serta Eropa.


Basashi

Dagingnya yang spesial dipotong tipis dan disajikan ala sashimi. Mirip seperti daging sapi, basashi ini sebenarnya lebih lembut dan tidak banyak lemak.

Biasanya, basashi dinikmati dengan potongan jahe segar serta bawang merah yang diiris tipis.

4. Amaebi
Nah, kalau sushi yang satu ini pasti disukai banyak lidah. Terbuat dari udang yang masih utuh dan disajikan dengan dibungkus nori dan nasi.


Amaebi

Karena berbahaya apabila disajikan mentah, maka Amaebi ini biasa disajikan dalam kondisi matang. Karena dagingnya manis, ia biasa disajikan dengan Tobiko atau Ikura yang akan menyeimbangkan rasanya.

5. Shime Saba
Kalau sushi yang satu ini adalah sashimi yang terbuat dari ikan mackerel. Biasanya ikan ini hanya dikenal sebagai ikan kaleng. 


Shime Saba

Akan tetapi, di Jepang mackerel dikemas dalam bentuk sashimi yang tak kalah lezat nya dengan salmon. Warnanya cenderung kecokelatan, berkilau dan sedikit berminyak.

6. Tako
Masih agak mulur saat digigit, sushi yang satu ini ternyata terbuat dari tentakel gurita. Dibersihkan dengan detail dan digulung serta direkatkan menggunakan nori .


Tako

Biasanya, tako ini disajikan bersama wasabi, sejenis sambal ala Jepang. Dan jangan khawatir, sebenarnya sushi jenis yang satu ini terlebih dahulu direbus sebelum disajikan. Hanya saja, bebeapa teknik khusus membuat warnanya masih merah keunguan, sehingga tampak seperti gurita segar.

7. Salmon 
Nah, kalau yang ini sudah tidak diragukan lagi. Salmon sangat baik jika disertai dengan garam dan sedikit jeruk. Wasabi juga digunakan dengan salmon. Ada banyak spesies salmon, dan beberapa dari mereka yang lebih ramping daripada raja salmon, yang sering digunakan di seluruh dunia. 


Sushi Salmon

Dalam jenis ramping salmon, yang harasu atau perut salmon dihargai karena tekstur berminyak. Ada juga jenis salmon muda yang disebut Keiji (salmon bayi) yang hanya dapat ditemukan di 10,0000 tangkapan. Mereka sangat tinggi dalam minyak manis yang hanya dapat terasa dalam salmon muda.

Nah itulah beberapa jenis sushi yang nikmat. Selamat berburu sushi.


sumber
loading...