Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ternyata Ini Rahasia Yang Ada Dibalik Pelangi

Konon katanya harta kurcaci Bentuk pelangi itu seperti busur, melengkung dengan sangat indah. Orang zaman dahulu berkhayal pelangi adalah jembatan ke negeri kurcaci. Menurut dongeng, di ujung pelangi terdapat peti harta milik kurcaci. 


Ternyata Ini Rahasia Yang Ada Dibalik Pelangi
Adapun dongeng harta di ujung pelangi ini, diceritakan untuk menjawab misteri pelangi. Anehnya orang justru percaya pada dongeng ini selama ribuan tahun lamanya. Tapi, tidak ada orang yang bisa menjelaskan misteri pelangi dengan tepat sampai tahun 1673.

Bapak pelangi 
Orang yang pertama kali menjelaskan asal - usul pelangi dengan tepat ialah Rene Descartes. Beliau merupakan seorang ilmuwan Prancis. Descartes menjelaskan pelangi adalah keajaiban sinar matahari dan butir - butir air udara.

Asal-usul pelangi 
Pelangi akan terjadi jika ada sinar matahari dan hujan. Mata manusia melihat sinar matahari itu sebagai sinar berwarna putih. Warna putih sinar matahri ini sebenarnya gabungan dari beberapa warna yang kita kenal "me-ji-ku-hi-bi-niu".

1. Pelangi antariksa 
Pelangi tidak hanya terjadi di planet bumi saja, ilmuwan NASA menduga pelangi juga terjadi di Titan. Titan adalah bulan yang mengelilingi planet Saturnus, letak bulan Titan sangat jauh dari matahari. Oleh karena itu, pelangi di titan tampak pucat karena disebabkan sinar matahari lebih redup disana.

2. Pelangi indah 
Butir - butir air hujan itu ada yang kecil ada yang besar. Butir hujan yang besar berukuran sampai 2 millimeter, sedangkan yang kecil berukuran 0,01 milimeter. Warna - warna pelangi yang indah ini akan muncul lengkap dan bagus jika sinar matahari mengenai butiran air hujan yang besar. Butir air hujan yang kecil akan menghasilkan pelangi yang tumpang tindih dan berwarna pucat.

3. Pelangi bulan purnama 
Pelangi juga dapat muncul di malam hari saat bulan purnama dan hujan. Sinar bulan juga dapat menembus butir - butir air hujan dan menjadi pelangi. Akan tetapi, pelangi bulan tidak seindah pelangi yang dihasilkan oleh sinar matahari.

4. Pelangi pagi sore 
Pelangi hanya muncul di pagi atau sore hari yang cerah. Busur pelangi yang panjang juga muncul jika hujan terjadi di pagi hari dan sore hari. Pelangi tidak akan muncul meskipun hujan dan matahari bersinar terang pada pukul 12 siang. Pelangi muncul jika posisi matahari di belakang kita.

Terang dibawah pelangi Dibawah busur pelangi, langit selalu tampak terang. Karena, sinar warna - warni pelangi kembali menjadi satu.








sumber
loading...