Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

13 Candi Paling Terindah dan yang Terpopuler di Dunia

Candi adalah struktur bangunan yang disediakan untuk kegiatan spiritual atau keagamaan seperti pengorbanan dan doa. Kuil menjadi berhubungan dengan tempat tinggal dari dewa dewa. Kuil yang terkenal di setiap Buddha, berikut adalah daftar 13 candi yang paling indah di dunia.

1. Istana Orchha, Madhya Pradesh - India


Istana Orchha, Madhya Pradesh - India

Istana Orchha dibangun dekat Sungai Betwa, Madhya Pradesh. Dibangun oleh Raja Orchha pada abad ke-16 dengan 2 istana utamanya Istana Raja dan Istana Jahangir.

2. Candi Seeyamangalam Pallava, Chennai - India


Candi Seeyamangalam Pallava, Chennai - India

Candi ini berlokasi di Seeyamangalam, 80 km dari Chennai, India. Candi Seeyamangalam Pallava dibangun oleh raja Pallava, Mahendrawarman I pada abad ke-7. Tujuan candi ini dibuat sebagai persembahan untuk Stambeshwara, bentuk lain Dewa Siwa.

3. Candi Matahari di Modhera, Gujarat - India


Candi Matahari di Modhera, Gujarat - India

Eksterior candi ini memiliki postur 4 dewa dan 8 penjaga mata angin yang menjadi ciri khas candi-candi Hindu. Candi yang dibangun pada tahun 1026 ini didedikasikan untuk Dewa Matahari dalam kepercayaan Hindu.

4. Candi Chausat Yogini, Madhya Pradesh - India


Candi Chausat Yogini, Madhya Pradesh - India

Berlokasi di pusat India, Madhya Pradesh, Candi Chausat Yogini ini disebut juga sebagai Candi 64 Yogini. Berlokasi di atas bukit Bedaghat, 20 km dari Jabalpur. Candi ini dipersembahkan untuk Mahadewi Durga.

5. Kota kecil Bishnupur di Bengali Barat - India


Kota kecil Bishnupur di Bengali Barat - India

India ini dikenal dengan candi-candi terakotanya dan kaya dengan tradisi artistiknya. Candi-candi di kota ini dihiasi dengan keramik terakota yang menggambarkan kisah-kisah Mahabarata.

6. Candi Chennakeshava di Karnataka - India


Candi Chennakeshava di Karnataka, India

Dianggap sebagai representasi arsitektur Hoysala, Candi Chennakeshava di Karnataka, India ini didedikasikan kepada dewa Hindu, Wisnu, dengan menara dan kuil. Seperti candi pada umumnya, setiap bagiannya memiliki filosofi tersendiri.

7. Candi Thanjavur, 342 km dari Chennai - India


Candi Thanjavur, 342 km dari Chennai - India

Thanjavur, 342 km dari Chennai, India adalah pusat budaya Tamil Nadu. Candi yang paling monumental di sini adalah Brihadeeswarar yang dibangun oleh Raja Raja Chola I pada tahun 1011 untuk mengenang kejayaan Kerajaan Chola. Candi ini merupakan yang terbesar di India.

8. Candi Dwarasamudra, Karnataka - India


Candi Dwarasamudra, Karnataka - India

Dikenal juga dengan nama Dwarasamudra pada abad ke-12 dan 13, Halebeedu merupakan ibu kota Kerajaan Hoysala. Candi ini berlokasi di 30 km Hassan, Karnataka, India. Nama Dwarasamudra berasal dari hadirnya danau di samping Candi Hoysaleshwara. 

Dwara berarti pintu masuk, Samudra berarti lautan. Danau luas tersebut terlihat bagai lautan. Nama ini kemudian berubah menjadi Halebeedu (kota yang hancur) saat Kesultanan Moghul menghancurkannya tiga kali. 

9. Candi Borobudur, Indonesia


Candi Borobudur, Indonesia

Indonesia, dibangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan Kerajaan Sailendra. Candi besar yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

10. Candi Tungnath, India


Candi Tungnath, India

Candi Tungnath, berlokasi pada ketinggian 12,073 kaki di atas permukaan laut. Candi ini merupakan yang candi Siwa tertinggi di dunia. Candi berumur 1.000 tahun ini dianggap berhubungan langsung dengan legenda Pandawa dari kisah Mahabarata. Candi ini berlokasi di Tehri Gahrwal, India.

11. Angkor Wat, Kamboja


Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat. Ya, inilah candi Hindu terbesar di dunia. Sisa peradaban masa lalu terekam jelas di sini. Dibangun oleh Raja Suryawarman II pada abad ke-12, candi ini kemudian menjadi simbol Kamboja dan menjadi daya tarik utama di negeri tersebut.

12. Kuil Badami, India


Kuil Badami, India

Kuil Badami terletak di dalam gua sebelah utara Karnataka, India. Kuil ini dianggap sebagai representasi paling sempurna dari arsitektur Badami Chalukya.

13. Candi Achyuta Rayas, India


Candi Achyuta Rayas, India

Candi Achyuta Rayas merupakan contoh terbaik candi dengan arsitektur Vijayanagara. Candi inilah yang terakhir tersisa sebelum kerajaannya jatuh. Candi ini menyerupai komplek kecil dan didedikasikan untuk Dewa Wisnu. Berlokasi di Hampi, India.


sumber
loading...