7 Reruntuhan Bangunan Paling Megah Dalam Sejarah Dunia

7 Reruntuhan Bangunan Paling Megah Dalam Sejarah Dunia
Dari sekian banyak reruntuhan kuno di sepanjang sejarah dunia, sedikitnya ada 7 reruntuhan bangunan paling megah dan memukau di muka bumi. Reruntuhan ini terus dijaga, selain karena nilai estetikanya yang tinggi, juga karena sejarahnya yang tak ternilai harganya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah 7 reruntuhan bangunan paling megah yang tercatat dalam sejarah dunia.

1. Persepolis (Iran)
Persepolis (Iran)
Persepolis merupakan ibu kota kerajaan Persia pada masa Dinasti Aechemenid pada sekitar abad ke-4 hingga ke-5 SM. Kini reruntuhan kota ini hanya meninggalkan pilar-pilar batu serta fondasi istana dari batu marmer yang banyak dihiasi ukiran-ukiran yang sangat indah.
Persepolis (Iran)
Bukti arkeologis menunjukkan bahwa sisa-sisa paling awal dari tanggal Persepolis dari sekitar 515 SM. André Godard, arkeolog Perancis yang digali Persepolis di awal 1930-an, percaya bahwa itu adalah Cyrus Agung (Kurosh) yang memilih lokasi Persepolis, akan tetapi Darius I (Daryush) yang membangun teras dan istana besar.
Persepolis (Iran)
Darius juga memerintahkan pembangunan Istana Apadana dan Hall Council (yang Tripylon atau balai tiga gated), Departemen Keuangan kekaisaran utama dan sekitarnya. Ini telah selesai pada masa pemerintahan putranya, Raja Xerxes Agung (Khashayar). Pembangunan lebih lanjut dari bangunan di teras terus sampai kejatuhan dinasti Achaemenid.

2. Tlemcen (Aljazair)
Tlemcen (Aljazair)
Inilah satu-satunya reruntuhan kuno yang ditinggalkan kekhalifahan Muslim di dalam list ini. Tlemcen National Park di negara Afrika Utara ini menyimpan reruntuhan kota kuno, Mansoura, dimana peninggalannya yang paling terkenal adalah minaret (menara) masjid Sidi Boumediene.

3. Macchu Picchu (Peru)
Macchu Picchu (Peru)
Lokasi berikutnya ini merupakan salah satu tempat paling breathtaking di muka bumi. Bahkan karena keindahan lokasinya, tempat ini menyandang predikat sebagai salah satu dari 10 keajaiban dunia yang baru. 
Macchu Picchu
Macchu Picchu adalah reruntuhan kota kuno yang dibangun oleh suku Inca pada abad ke-15. Kota kuno ini kemungkinan sengaja dtinggalkan akibat serangan para conquistador Spanyol yang terkenal sangat kejam terhadap penduduk pribumi Amerika.

4. Perpustakaan Celsus (Efesus, Turki)
Perpustakaan Celsus (Efesus, Turki)
Tak heran ada banyak peninggalan Romawi Kuno di negara Timur Tengah ini, sebab dulu Turki adalah wilayah kekuasaan Romawi. Salah satunya adalah bangunan indah yang menjadi pusat pengetahuan ini. Perpustakaan ini dibangun oleh menghormati salah satu senator Romawi bernama Celsus dan dahulu menyimpan sekitar 12.000 gulungan buku.

5. Colosseum (Roma, Italia)
Colosseum (Roma, Italia)
Dikenal sebagai salah satu peninggalan Romawi kuno paling menakjubkan, Colosseum yang bernama asli Amphiteathre of Flavius ini juga disebut-sebut sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Salah satu ikon Italia paling terkenal ini dibangun sebagai arena pertandingan para gladiator. Konon diperkirakan sekitar 500.000 orang tewas akibat diadu di tempat ini.
Colosseum (Roma, Italia)
Selain Colosseum, reruntuhan peninggalan kerajaan Romawi yang lain adalah Roman Forum. Roman Forum adalah sebuah plaza (lapangan) yang pernah menjadi pusat kota Roma pada masa Romawi kuno. 
Beginilah wujud Roman Forum pada masa kejayaannya
Di sini berdiri pasar hingga kuil-kuil untuk menyembah para dewa Romawi. Sayang kini hanya tertinggal puing-puing dan beberapa pilar yang masih berdiri mengenang kejayaan kekaisaran yang menjadi peletak kebudayaan Eropa itu.

6. Palmyra (Syria)
Palmyra (Syria)
Palmyrans awalnya penutur bahasa Aram tetapi kemudian bergeser ke bahasa Yunani. Pada saat penaklukan Islam Palmyra dihuni oleh beberapa suku Arab, terutama Qada'ah dan Kalb.
Palmyra (Syria)
Siapa sangka di tengah gurun Syria yang begitu menyengat, terdapat reruntuhan kerajaan kuno yang begitu indah? Palmyra yang namanya berarti “Kota Palem” ini sempat berjaya pada abad pertama karena letaknya yang berada di Jalur Sutra. Sayang kota ini pada akhirnya direbut oleh Romawi.

7. Acropolis (Athena, Yunani)
Acropolis (Athena, Yunani)
Acropolis merupakan salah satu lokasi reruntuhan paling legendaris di muka bumi ini. Di lokasi yang dibangun sekitar abad ke-5 SM ini tak hanya terdapat kuil Parthenon yang terkenal itu saja, melainkan terdapat pula kuil Erectheion yang jarang dikenal orang. 
Acropolis (Athena, Yunani)
Padahal di sana terdapat pilar-pilar yang unik karena dipahat menyerupai sosok wanita, disebut Caryatids.

Jadi itulah ketujuh reruntuhan bangunan paling megah yang tercatat dalam sejarah dunia. Meskipun telah runtuh, akan tetapi masih terlihat menakjubkan ya?






sumber