Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Kasus Kehilangan Pesawat Paling Menggetarkan Seantero Dunia

Tersiarnya kabar tentang pesawat maskapai Malaysian Airlines yang hilang pada Sabtu (8/3) dini hari lalu memang membuat banyak pihak terkaget-kaget. Pasalnya, bagaimana bisa pesawat jenis Boeing 777 yang katanya memiliki teknologi tercanggih di abad ini bisa mendadak hilang dari pantauan radar setelah terbang dari Kuala Lumpur selama 2 jam? Kini sudah hampir lima hari pencarian, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu masih tak diketahui rimbanya. Usut punya usut, 7 orang di antaranya adalah penumpang asal Indonesia.
10 Kasus Kehilangan Pesawat Paling Menggetarkan Seantero Dunia

Dalam hal ini Indonesia juga ikut ambil bagian aktif dalam pencarian MH370. Banyak orang bertanya bagaimana MH370 bisa tiba-tiba lenyap secara misterius bak ditelan bumi. Akan tetapi tahukah kamu kalau di dunia ini ada juga kasus hilangnya pesawat yang tak kalah misterius dan tentunya begitu menggetarkan seantero dunia. Melalui pantauan langsung dari kapanlagi.com, ini dia ulasan selengkapnya yang mungkin akan membuatmu bertambah kaget!

1. Tragedi Adam Air di Selat Majene
Pada 1 Januari 2007 silam, hilangnya pesawat maskapai Adam Air dengan nomor penerbangan 574 tujuan Manado ini memang menjadi tamparan keras bagi industri penerbangan Indonesia yang mereformasi dalam skala besar soal mutu keselamatan penerbangan Indonesia. Pesawat itu dinyatakan hilang di atas perairan selat Majene. Sebulan lamanya pencarian intensif dilakukan yang tetap berakhir nihil. Baru pada 26-27 Agustus 2007, kotak hitam pesawat ditemukan dan setelah penyelidikan, Mei 2009 pemerintah mengumumkan bahwa penyebab hilangnya Adam Air itu karena mesin yang rusak dan pilot yang tak mengetahui akan terjadinya musibah.

2. Flying Tiger 739 Yang Menghilang
Satuan militer Lockheed Super Constellation menyewa pesawat Flying Tiger lepas landas dari Guam menuju Filipina, pada 16 Maret 1962 silam. Tapi ternyata pesawat itu sama sekali tak pernah diketahui keberadaannya dan tak pernah terlihat lagi. Hingga berita ini disebarluaskan, puing-puing pesawat dengan nomor penerbangan 739 itu tak pernah ditemukan dan 107 penumpang yang ada di dalamnya dinyatakan hilang serta diperkirakan tewas.

3. Star Tiger Lenyap di Segitiga Bermuda
Kasus kembali datang dari British South American Airways (BSAA) melalui salah satu armadanya yakni Star Tiger yang hilang di perairan Segitiga Bermuda pada 30 Januari 1948. Saat itu Star Tiger membwa 25 penumpang termasuk ada legenda perang dunia kedua, Sir Arthur Coningham. Star Tiger melakukan perjalanan selama 12 jam menuju daratan Amerika Serikat dengan kondisi bahan bakar cukup serta tak melakukan gangguan apapun dalam mesin atau alat navigasi. Star Tiger rupanya menghadapi cuaca butuk saat melintasi perbatasan Segitiga Bermuda dan kemudian pesawat itu mendadak hilang dari radar dan putus kontak setelah beberapa waktu sebelumnya berujar baik-baik saja. Badai yang terbentuk secara mendadak di Segitiga Bermuda diduga menjadi biang keladinya.

4. Penerbangan 19 di Segitiga Bermuda
Salah satu pesawat dalam sesi latihan angkatan laut Amerika Serikat mendadak putus kontak dan mengawali legenda hilangnya pesawat yang mengantui Segitiga Bermuda, yaitu pada sore hari tanggal 5 Desember 1945 silam. Pesawat yang hilang itu terbang dari pangkalan angkatan laut di kota Fort Lauderbale, negara bagian Florida, Amerika Serikat. Satu setengah jam terbang, pilot dari pesawat yang berkode penerbangan 19 itu melaporkan bahwa timnya mengalami kesulitan dalam menentukan antara langit dan laut yang mendadak tampak sama. Pilot itu lalu melaporkan lagi jika seluruh perangkat navigasinya tak berfungsi dan langsung putus kontak sekitar pukul 17.30 membawa serta 13 awak yang sampai saat ini nasibnya tak diketahui.

5. Jatuhnya Penerbangan 571 di Andes
Pada akhir tahun 1970-an, sebuah pesawat dari maskapai Uruguayan Air Force disewa dan memuat 45 orang penumpang serta kru termasuk tim rugby nasional Uruguay. Pesawat itu terbang dari Montevideo dan mendadak lenyap saat melewati pegunungan Andes. 72 hari pencarian, bangkai pesawat dengan kode penerbangan 571 itu masih tak ditemukan. Keajaiban terjadi saat hari terakhir pencarian, dua orang penumpang selamat bertemu dengan seorang salesman di salah satu desa di kaki pegunungan Andes setelah 10 hari berjalan kaki mencari bantuan. Dua orang itu berujar bahwa ada 16 orang yang selamat namun mereka terpaksa menjadi kanibal yang memakan jasad penumpang lain demi bertahan hidup. Meskipun sampai kini lokasi hilang dan penyebab jatuhnya pesawat masih misterius.

6. Kutukan Penerbangan 191
Diperkirakan selama lebih dari 40 tahun terakhir sudah banyak pesawat dengan kode penerbangan 191 yang hilang di udara atau mengalami kecelakaan mengerikan sehingga menjadi misteri yang tak terpecahkan. Salah satu yang fatal adalah pada 1979 yang dialami maskapai American Airlines yang jatuh secara tiba-tiba setelah lepas landas di Chicago dan menewaskan 258 penumpang dengan 13 kru pesawat. Selain itu, pada tahun 2012 kutukan penerbangan 191 juga pernah menimpa salah satu pesawat maskapai Jet Blue Airways di mana seluruh pilot secara tiba-tiba mengalami serangan panik misterius tatkala terbang. Apakah kamu percaya?

7. Egypt Air 990
Lenyapnya pesawat maskapai Egypt Air dengan kode penerbangan 990 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy di New York pada 31 Oktober 1999 silam itu hingga kini masih misterius. Pasalnya, pesawat jenis Boeing 767 tujuan Kairo-Mesir itu secara tiba-tiba putus kontak dan jatuh di perairan samudera Atlantik. Disebutkan 217 penumpang dan kru dinyatakan tewas. Dilaporkan bahwa Gamil el-Batouty, kopilot Egypt Air 990 adalah penyebab hilangnya pesawat itu di mana dalam kotak hitam yang ditemukan kemudian merekam tindakan Gamil yang pergi ke toilet pesawat sambil berujar 'Saya berserah diri kepada Tuhan' setelah akhirnya Gamil mematikan kontak autopilot dan pesawat hilang dari radar karena jatuh ke laut.

8. Air France 447
Pesawat jenis Airbus A330 milik maskapai Air France dengan nomor penerbangan 447 yang terbang dari Rio de Janeiro ke Paris dilaporkan jatuh di samudera Atlantik dan menewaskan 228 penumpang di dalamnya. Lima hari lamanya tim SAR dari udara dan laut untuk menemukan puing-puing A330. Rupanya, setelah 3 tahun melakukan penyelidikan untuk menemukan fakta mengapa pesawat itu tiba-tiba menghilang misterius karena kondisi es yang langsung mengkristal sehinnga membuat autopilot rusak.

9. Star Ariel Hilang di Segitiga Bermuda
British South American Airways (BSAA) kembali mengalami hilangnya salah satu armadanya bernama Star Ariel di peraian Segitiga Bermuda. Lagi-lagi sang pilot melaporkan bahwa dia sulit membedakan antara langit dan daratan. Star Ariel sendiri terbang dari Jamaika apda 17 Januari 1949 dengan membawa 20 penumpang dan kru. Namun hingga saat ini, tak ada yang tahu pasti kemana lenyapnya Star Ariel yang seakan-akan telah ditelan bumi itu. 

10. Misteri Kode Morse di Andes
Pada 2 Agustus 1947, salah satu pesawat milik British South American Airways (BSAA) dilaporkan hilang dalam penerbangannya dari Buenos Aires (Argentina) ke Santiago (Chile). Pesawat yang dipiloti Reginald Cook itu terbang pada pukul 13.46 waktu setempat. Secara tiba-tiba pesawat itu putus kontak di sekitar pegunungan Andes setelah mengirim kode morse aneh yang jika dibaca oleh ejaan latin berbunyi 'STENDEC'. Hingga saat ini belum ada yang tahu makna kode morse itu. Sampai akhirnya lima tahun kemudian yaitu pada 1952, pendaki gunung di Andes menemukan puing-puing pesawat di glacier yang meleleh sehingga spekulasi baru muncul bahwa pilot saat itu dalam jarak pandang rendah sehingga membuat pesawat menukik ke pegunungan yang tertutup oleh awan.


sumber
loading...