Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Asal Mula Rasa Asin Air Laut


Saya teringat, pertanyaan ini pernah terfikir sewaktu saya masih di sekolah dasar. Kalau tidak salah waktu itu saya membaca buku jadul berjudul 1000 pertanyaan "Apa dan Mengapa", disana ada pertanyaan "bagimana air laut bisa asin?" dan jawabannya "tidak ada yang pernah tahu bagaimana air laut bisa asin". Jadi saya berfikir lagi benarkah tidak ada yang bisa menjelaskan bagaimana air laut asin? Sepertinya kita harus bertanya pada ahlinya, ahli geology atau oceanografi.

Daripada bingung mencari ahli geology atau oceanografi, saya mencari-cari sendiri jawaban itu, dan menemukan beberapa simpulan. yang pasti air laut bisa asin karena mengandung mineral-mineral garam, dan untuk asal mula garammineral itu ada beberapa pendapat yang saya temukan, namun untuk kebenaran yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah saya juga belum tahu pastinya. Sekedar untuk pengetahuan awal saya rasa tidak masalah.

Berikut beberapa pendapat mengenai asal mula rasa asin air laut:

1. Pelapukan masa awal bumi
Terbentuknya air laut 4,4 milyar tahun yang lalu (usia air laut), air laut awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100 °C) karena panasnya bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida (CO2). Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam-garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini.

2. Berasal dari mineral sungai
Mineral-mineral garam yang ada di lautan berasal dari mineral daratan yang terbawa oleh sungai dan terakumulasi selama ribuan tahun di laut. Mineral-mineral ini hasil dari pelapukan besar diseluruh dunia sepanjang masa-masa awal bumi hingga sekarang. Anggapan ini berasal dari pengukuran perbandingan kadar garam (salinitas) sungai dan laut.

3. Proses outgassing
Rembesan dr kulit bumi didasar laut berbentuk gas ke permukaan dasar laut, terlarut pula garam dr kerak bumi dgn perbandingan salinitas yang tetap sepanjang masa.

Sumber
loading...