Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Awas! 10 Makanan Enak Ini Bisa Menyebabkan Kanker


Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti karena bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit ini biasnya muncul karena beberapa faktor, salah satunya gaya hidup yang tidak teratur dan asupan makanan yang tidak sehat.

Namun, banyak orang lebih memilih makanan enak dibandingkan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi, padahal makanan enak itu belum tentu sehat untuk tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dengan makanan enak, pasalnya beberapa makanan yang dianggap enak ternyata bisa menyebabkan kanker. Berikut makanan-makanan yang memiliki rasa enak tapi berpotensi menyebabkan kanker, yang kami kutip dari merdeka.com.

10. Alkohol

Bagi sebagian orang mengkonsumsi minuman beralkohol diibaratkan seperti merokok yang bisa menjadi kebiasaan. Namun, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Dan juga bisa menyebabkan kerusakan liver.

9. Minyak goreng bekas pakai

Banyak orang sering menggunakan minyak goreng berkali-kali dengan alasan untuk menghemat. Sebenarnya, menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Hal itu disebabkan oleh perubahan struktur dalam minyak yang kemudian berubah menjadi racun setelah digunakan beberapa kali. Akibatnya bila mengkonsumsi minyak ini yaitu bisa menggangu kesehatan sel dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti kanker.

8. Soda

Minum bersoda juga banyak digemari orang, karena rasanya yang cukup nikmat dan menyegarkan. Tapi, soda banyak mengandung gula, kalori dan pengawet yang bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh. Mengkonsumsi soda terlalu berlebihan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan sel kanker.

Soda diet pun ternyata juga mampu menyebabkan kanker dan dapat membingungkan kemampuan alami tubuh untuk mengatur kalori.

7. Keripik kentang

Cemilan yang satu ini memang banyak disukai orang karena rasanya yang gurih dan enak. Namun, keripik kentang sarat akan lemak, kalori, bahan pengawet, penyedap buatan, natrium, dan bahan kimia lainnya. Semuanya itu mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan sel kanker.

6. Tepung

Makanan yang mengandung banyak tepung juga bisa menyebabkan kanker. Hal itu disebabkan oleh indeks glikemik yang tinggi di dalam tepung yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, tepung juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan obesitas.

5. Gula

Selain makanan yang mengandung tepung, makanan yang mengandung banyak gula juga bisa menyebabkan kanker. Sebab gula mampu meningkatkan jumlah lemak di dalam darah yang bisa merusak sel sehat dan merubahnya menjadi sel kanker.

4. Daging merah

Daging merah dianggap sebagai makanan sumber protein yang tinggi. Namun, mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak dipercaya mampu menyebabkan kanker usus besar. Selain menyebabkan kanker usus besar, kelebihan lemak daging merah juga mampu menyebabkan kanker payudara, dan kanker pankreas.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih daging untuk dikonsumsi yang memiliki kandungan lemak yang sedikit.

3. Daging olahan

Sodium nitrat yang terkandung dalam daging olahan mampu meningkatkan risiko sel-sel kanker. Selain itu daging olahan juga dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi karena tingginya kandungan garam di dalamnya.

2. Popcorn

Popcorn juga kerap dijadikan sebagai cemilan yang enak. Popcorn juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Namun, mengonsumsi popcorn yang diolah dalam microwave mampu meningkatkan risiko kanker terutama kanker hati, kanker testis, dan kanker pankreas. Hal itu dikarenakan proses pengolahan dalam microwave itulah yang menyebabkan kanker.

1. Makanan kaleng

Makanan kaleng kaya akan zat pengawet yang apabila sering dikonsumsi dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Belum lagi bahan kimia tertentu yang melapisi kaleng tersebut dapat mempengaruhi gen kanker.


sumber
loading...