10 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

10 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba dan sangat identik dengan penyakit. Musim hujan memicu beberapa penyakit merebak. Kondisi cuaca bersuhu dingin, membuat kita lebih rentan terserang penyakit. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut 10 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

1. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C, sebagai obat untuk flu biasa, masih diperdebatkan oleh peneliti medis. Apa itu benar-benar mengurangi keparahan gejala dingin . Dengan pasokan yang sehat dari vitamin C dalam tubuh Anda, Anda akan menolak antibodi virus dingin lebih cepat. Beberapa dokter bahkan mengatakan bahwa vitamin C sebagai bentuk pencegahan dingin. Ingatlah senantiasa agar selalu membawa vitamin Anda.

2. Sup Panas
Mengkonsumsi semangkuk sup panas yang sehat, khususnya selama bulan-bulan musim hujan, suhunya akan memberikan tubuh Anda beberapa kehangatan, yang akan membantu Anda tahan terhadap hujan dan angin dingin di musim hujan lebih lama. Bagi orang-orang yang kehujanan, sup memberikan bantuan instan karena dasar hangatnya membersihkan dahak di rongga hidung dan tenggorokan secara umum. Hal ini juga membersihkan tubuh Anda karena membawa pergi bakteri dan produk sisa ke sistem ekskresi tubuh.

3. Kurangi Merokok
Merokok membawa keringanan sementara selama hari-hari yang dingin di musim hujan karena kepulannya membawa sejumlah kecil panas ke tubuh. Sayangnya, asap rokok melemahkan sistem pernapasan seseorang, yang merupakan wilayah masalah umum saat Anda sedang dibasahi air hujan. Sebaiknya, berhenti atau setidaknya meminimalkan merokok selama musim hujan sehingga daya tahan lebih baik.

4. Pilih tempat berteduh
Hujan cenderung mengejutkan orang, terutama mereka yang tidak siap. Setiap orang akan lari ke area tertutup yang terdekat untuk berlindung. Dalam kasus Anda, Anda bisa menjadi sedikit lebih selektif dan menuju langsung ke toko terdekat atau mini mart. Mereka sering memiliki perlengkapan hujan dan obat-obatan untuk pilek dan flu. Ambil semua yang Anda butuhkan dan berjalan dalam hujan dengan keyakinan.

5. Gejala keluar keringat
Sebelum flu berkembang, Anda akan merasakan tubuh Anda melemah dan pikiran Anda berkabut. Anda dapat menghentikan gejala-gejala tersebut berkembang menjadi demam secara penuh melalui keringat. Tentu saja, yang terbaik dari keringat adalah melalui olahraga. Anda bisa jogging di sekitar wilayah rumah Anda ketika Anda mulai merasa dingin dan melakukan beberapa latihan dalam ruangan. Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan gejala keluar keringat, tetapi Anda juga akan lebih sehat dalam proses tersebut.

6. Kekuatan dari Pikiran
Pikiran manusia lebih kuat daripada apa yang beberapa orang harapkan. Beberapa penyakit benar-benar berkembang melalui kepercayaan semata bahkan jika tidak ada virus dalam tubuh manusia. Kejadian ini disebut efek plasebo. Yang diberikan respon dari tubuh manusia ke dalam pikiran, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan mendapatkan sakit ketika Anda basah kuyup oleh hujan. Tubuh Anda akan bertindak sesuai kehendak jika Anda cukup kuat. Tentu saja, efisiensi metode ini adalah dipertanyakan sehingga hanya menggunakan pikiran positif Anda dalam kaitannya dengan tindakan pencegahan lainnya.

7. Segera Mandi ketika Anda kehujanan
Ketika mendengarnya, saran ini tampaknya terlalu mengada-ada. Jika Anda berpikir tentang hal ini dengan jelas, segera mandi setelah mendapatkan basah kuyup oleh hujan benar-benar masuk akal. Penyakit berkembang ketika tubuh Anda mengalami perubahan drastis pada suhu. Mandi menstabilkan suhu dingin yang dibawa oleh tetes hujan kemudian memberlakukan kembali perubahan secara bertahap ke suhu normal Anda begitu Anda mengeringkan diri Anda.

8. Bersihkan Tangan
Menurut peneliti medis, cara terbaik untuk mengkontraksikan pilek adalah dengan memiliki tangan yang kotor. Kita menggunakan tangan di hampir setiap kegiatan sehingga virus flu dapat dengan mudah masuk ke tubuh setiap saat. Anda mungkin tahu bagaimana gejala flu biasa dapat meningkat selama musim hujan. Untuk menjaga diri aman, bersihkan tangan Anda secara teratur dan selalu membawa pembersih tangan.

9. Siapkan Aksesoris Hujan
Cara yang paling efektif untuk tidak sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan hujan. Komponen utama dari perlengkapan hujan adalah payung, mantel hujan atau jaket bertudung, dan sepatu waterproof. Jika Anda memiliki satu set lengkap aksesoris hujan tersebut, kemungkinan untuk terserang sakit benar-benar berkurang. Memang agak ribet untuk dibawa-bawa, tapi Anda bisa meninggalkannya di sekolah atau loker kantor, jika tidak hujan.

10. Mengalirkan Penyakit Anda jauh-jauh
Minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan dan kadang-kadang pengobatan untuk segala macam penyakit. Air pada tubuh, membantu menghadapi virus flu. Air juga membersihkan tubuh seperti menyapu kuman dan bakteri melalui sistem ekskretoris Anda. Aturan "delapan gelas sehari" ini tidak benar-benar diperlukan. Anda hanya harus minum sesuka hati Anda setiap hari.(Kaskus.co.id)


sumber