Fakta Nasi Padang

Nasi padang, mendengar namanya saja orang sudah bisa membayangkan bagaimana kelezatan dari makanan yang tersedia itu, namun dibalik kelezatannya ada fakta menarik yang tersimpan di sana. Berikut kami akan menyampaikan fakta tentang nasi padang.



1. Kenapa Nasi Padang Jika Dibungkus Nasi Nya Lebih Banyak

   Ternyata pertanyaan sederhana seperti ini mempunyai jawaban yang menarik. Melihat sejarah kebelakang, Saat zaman belanda yang dapat menikmati masakan padang di rumah makan padang hanyalah dari kalangan elite saja, seperti orang kaya, saudagar dan kompeni belanda. Nah oleh sebab itu  karna pemilik rumah makan padang ingin orang-orang pribumi tetap dapat menikmati nasi padang maka diakali dengan cara dibungkus dan porsi nasi nya lebih banyak agar bisa berbagi dengan yang lainnya. 



Dulunya rumah makan padang dikenal dengan rumah makan Ampera. yang berarti Amanat Penderitaan Rakyat. dan harga nya lebih murah rumah makan biasanya. jadi rumah makan padang yang sekarang mengikuti tradisi jaman dahulu.

Versi lain juga menyebutkan hal ini disebabkan karna biaya pelayanan, jadi kalo makan ditempat diberikan pelayanan. Sedangkan kalo dibungkus nasi nya lebih banyak dibandingkan makan ditempat. 

Ataupun dikarenakan biaya sabun cuci dan upah memcuci piring, jadi sebagai ucapan terimakasih nasi yang dibungkus akan diberikan lebih banyak karna gak mengotori piring


2. Lebih enak dimakan pake tangan




   Walaupun disediakan sendok dan garpu di meja makan, tapi tentu saja akan lebih nikmat menyantap hidangan nasi padang menggunakan tangan. Karna kuah dan bumbu yang nempel ditangan itu lebih nikmat ketika kita menjilat tangan kita setelah selesai menyantap nasi padang. Walaupun makan nasi padang menggunakan tangan akan meninggalkan aroma nasi padang yang akan sulit hilang jika hanya dibilas dengan air.


3. Terdapat dimana-mana



   Meskipuin namanya rumah makan padang, tapi nasi padang dapat ditemukan di berbagai tempat di nusantara, bahkan hingga ke negara lain seperti di Belanda, amerika serikat dan negara eropa lainnya.
Dan ternyata walaupun nasi padang ada di mana-mana anda tidak akan bisa menemukan rumah makan padang di sumatera barat. Karna rumah makan disana tidak menggunakan tambahan kata padang di rumah makannya.


4. Foto kakek berkopiah hitam



Foto kakek berkopiah hitam atau dikenal dengan foto Ungku Saliah sering dijumpai di beberapa tempat rumah makan padang. Dia terpajang rapi di dinding rumah makan atau restoran tersebut. Jika menjumpai foto Ungku Saliah di beberapa tempat rumah makan padang, maka dapat dipastikan bahwa pemilik rumah makan padang itu berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah orang keramat. Memajang fotonya bagi sebagian orang akan mendatangkan rezeki. Sementara sebagian lagi hanya sebagai identitas asal mereka. Ada juga yang ikut-ikutan tanpa tahu awalnya.


sumber