10 Fakta Menarik Tentang Bulan Ramadhan

Fakta Bulan Ramadhan
Bulan puasa atau Bulan Ramadhan adalah waktu bagi umat muslim di seluruhdunia melaksanakan puasa wajib selama satu bulan penuh. Puasa akan dilaksanakan dari subuh hingga senja di waktu adzan magrib berkumandang.
Berikut 10 Fakta Menarik Tentang Bulan Ramadhan :
1. Awal Ramadan ditentukan oleh bulan
Awal Ramadan ditentukan dengan penampakan bulan baru. Akibatnya, kadang awal Ramadan bisa bervariasi di lain daerah. Kondisi cuaca dan faktor lain mempengaruhi penampakan bulan.
2. Tanggal Ramadan berubah setiap tahun
Biasanya tanggal Ramadan berubah atau bergeser 11 atau 12 hari lebih awal setiap tahun.
3. Perubahan waktu kerja
Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam lebih besar, bulan Ramadan memiliki dampak besar dalam kehidupan mereka sehari-hari. Biasanya, ada pengurangan jam kantor atau sekolah.
4. Badan jalan di sebagian kota di tutup setiap menjelang buka puasa.
Aktivitas ngabuburit (jalan-jalan sebelum berbuka puasa) biasanya mencari takjil. Nah pada bulan ramadhan ini, sebagian kota memberlakukan aturan untuk mempersilahkan warganya berjualan takjil di badan jalan protokol. So selama aktivitas ini, pengendara dilarang melewati jalan ini, khusus para pejalan kaki. Baru setelah jam berbuka, badan jalan ini kembali di buka untuk pengendara.
5. Penukaran uang baru Meningkat
Untuk mendapatkan uang baru, Anda harus keluar uang lebih. Misalnya tukar seratus ribu uang baru, bersiaplah untuk mengganti dengan Rp 110.000 (lebih 10ribu). Fenomena ini hanya terjadi selama bulan ramadhan dimana orang-orang menawarkan jasa tukar uang baru.
Pada bulan ini permintaan uang baru meningkat pesat. Tujuannya untuk memberi angpao sanak famili, maupun para tamu. Bahkan aneh -nya saat mendekati lebaran, penukaran uang baru bisa tembus hingga 125.000 per seratus ribunya.Padahal untuk tukar uang di bank, sama sekali kita tidak dikenai tambahan biaya. Tapi harus antri dan ada batas maksimal penukaran.
6. Masjid tiba-tiba menjadi ramai di minggu pertama
Tidak hanya terjadi di daerah saja, menurut kabar hal ini juga terjadi hampir di semua daerah indonesia, dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa, menjadi sangat ramai di minggu pertama bulan ramadhan.
Namun juga sangat di sayangkan, aktivitas membludak ini, lambat laun semakin berkurang menjelang lebaran. Banyak yang beralih ke toko buat belanja ketimbang melakukan aktivitas di masjid.
7. Membangunkan Orang Sahur
Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, dan lain sebagainya. Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah "Sahur... sahur.." dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua.
8. Buka Bersama
Kegiatan yang biasa kita sebut dengan BukBer ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, BukBer jugaberfungsi sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Sekelompok orang yang ingin melaksanakan BukBer biasanya dilaksanakan di tempat tertentu, misalnya di Rumah Makan Padang, Restoran, dan yang lainnya.
9. Kolak Adalah Menu Berbuka Terpopuler di bulan puasa
Ya, kolak ialah makanan khas buka puasa yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Kebanyakan orang Indonesia, setiap berbuka selalu mengonsumsi kolak.
Kolak yang merupakan makanan berbahan dasar pisang ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak dapat dinikmati dengan hidangan pelengkap, seperti pacar cina.
10. Terdengar suara bedug di Malam Hari
Ketika di bulan penuh berkah ini, hari-hari memang jadi lebih menyenangkan dibanding bulan lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena kita bisamendengarkan alunan bedug yang dipukul oleh orang lain atau bahkan kita sendiri yang memukulnya.Kegiatan ini biasa dilakukan setelah selesai Sholat Tarawih di Masjid atau yang lebih semarak lagi pada malam takbiran.
Nah, itulah sedikit ulasan tentang 10 Fakta Menarik Tentang Bulan Ramadhan.Selamat Menunaikan ibadah puasa.

Sumber