Misteri Kasus-Kasus Pembunuhan Zodiac Killer

Zodiac adalah nama yang diberikan kepada pelaku pembunuhan berantai yang beraksi di Northern California pada kurun waktu tahun 1960-1970an, identitas pelaku masih menjadi misteri hingga saat ini. Zodiac melakukan serangkaian pembunuhan di Benica, Vallejo, Danau Berryessa dan San Francisco antara bulan Desember 1968 sampai Oktober 1969.

Empat pria dan tiga wanita berusia antara 16 hingga 29 menjadi target pembunuhan. Nama Zodiac diambil dari surat-surat bernada mengejek yang dikirimkannya keharian lokal di Bay Arena. Surat surat ini termasuk empat criptogam, dari keempatnya hanya satu yang berhasil dipecahkan.



Korban Zodiac Killer
Meskipun pembunuh ini mengaku melakukan 37 pembunuhan di surat kabar, berdasarkan bukti-bukti, investigator  hanya meyakini tujuh kasus, dimana dua korbannya berhasil selamat.
  • David Arthur Faraday (17), dan Betty Lou Jensen, (16) dibunuh dengan cara ditembak  20 December, 1968, di Lake Herman Road, perbatasan kota Benica. 
  • Michael Renault Mageau (19), dan Darlene Elizabeth Ferrin (22) ditembak, 4 Juli 1969, di lapangan parkir Blue Rock Springs Park kota Vallejo. Mageau selamat dari serangan ini, Ferrin meninggal sesat setelah tiba di Kaiser Foundation Hospital. 
  • Bryan Calvin Hartnell (20), dan Cecelia Ann Shepard (22) 27 September, 1969, diserang menggunakan pisau di Danau Berryessa  Napa County. Hartnell selamat dari delapan tusukan, tapi, Shepard meninggal akibat luka-luka yang diderita pada dua hari kemudian.
  • Paul Lee Stine, (29) ditembak, tanggal 11 oktober 1969,di Presidio Heights, San Francisco.

Suspected Victim

Beberapa kasus ini diduga juga merupakan aksi dari Zodiac Killer, meskipun sampai saat ini tidak bisa dibuktikan.
  • Robert Domingos, (18) dan  Linda Edwards, 17:  4 juni 1963, diserang di pantai dekat Gaviota. 
  • Cheri Jo Bates, (18) meninggal dengan luka tusukan, 30 oktober 1966, di  Riverside City College di Riverside. 
  • Donna Lass, (25) terakhir terlihat pada tanggal 6 September 1970, di Stateline, Nevada.
Satu lagi kemungkinan korban Zodiac Killer yang berhasil selamat:
  • Kathleen Johns, 22: diduga diculik pada tanggal 22 maret 1970, di highway 132 sebelah barat Modesto. Johns dan anaknya berhasil melarikan diri dari mobil yang dikemudikan seorang pria di sekitar Stockton dan Patterson setelah selama sekitar 1,5 jam dibawa berputar-putar di area tersebut.

Domingos dan Edwards  diidentifikasi sebagai salah satu terduga korban Zodiac Killer karena persamaan yang spesifik dari serangan kepada mereka, dengan serangan Zodiac Killer di danau Berryessa enam bulan sebelumnnya. Kasus kematian Bates dihubungkan dengan Zodiac Killer setelah empat tahun kasus pembunuhan tersebut terjadi, ketika Paul Avery reporter San Francisco Chronicle menerima sebuah catatan tentang persamaan antara pembunuhan Zodiac killer dengan kondisi disekitar tempat terbunuhnya Bates. Menghilangnya Dona Lass di hubungkan dengan Zodiac Killer setelah sebuah kartu pos, berisi sebuah advertisement dari Forest Pines Kondominium diterima di harian Chronicle pada bulan maret 1971. Kartu pos ini dianggap klaim dari Zodiac Killer terhadap menghilangnya Dona Lass, tidak ada bukti lain yang menghubungkan kasus ini dengan Zodiac Killer.

Jejak Zodiac Killer 
Pada kasus pembunuhan Faraday dan Jensen, Detektif menemukan beberapa petunjuk yang mengarah ke Zodiac Killer, sebelum Faraday dan Jensen dibunuh, di area yang sama 45 menit sebelum pembunuhan terjadi sebuah konfrontasi yang melibatkan Bill Crow dan pacarnya dengan terduga Zodiac Killer terjadi, mereka parkir di tempat yang sama dengan Faraday dan Jensen. Crow mengatakan ke polisi bahwa ada seseorang mengendarai mobil Chevy warna putih melewatinya, berhenti dan kemudian mundur mendekat. Merasa ada yang janggal, Crow memacu mobilnya ke arah berlawanan, Chevy putih itu berbalik dan mengikutinya, tapi kehilangan jejak setelah Crow berbelok mendadak di sebuah perempatan, dua orang pemburu juga melaporkan mereka melihat sebuah mobil Chevy putih parkir di sebuah jalan tanah yang menikung di Lake Herman Road, mereka mendekati mobil itu tetapi tidak bisa melihat pengemudi yang ada didalamnya.

Setelah pembunuhan Darlene Elizabeth Ferrin, dan Michael Renault Mageau, Zodiac Killer meninggalkan beberapa petunjuk. Petunjuk terkuat diperoleh setelah Mageau berhasil selamat dari serangan ini, dia mendeskripsikan pelaku sebagai seorang laki-laki kulit putih, bertubuh kekar, dengan tinggi sekitar 172 cm dan berat badan sekitar 88kg.

Jam 12.40 seoarang pria tidak dikenal menelpon kantor polisi Vallejo dan melaporkan kasus pembunuhan ini, penelpon ini juga mengakui dia bertanggung jawab terhadap kasus pembunuhan Jensen dan Faraday. Polisi melakukan penyelusuran asal telepon tersebut dan menemukan fakta mengejutkan, telepon itu berasal dari sebuah telepon yang hanya berjarak satu blok dari kantor polisi dan kurang dari satu mil dari rumah Darlene Ferrin.

Penelpon tersebut mengatakan:
"I wish to report a double murder. If you will go one mile east on Columbus Parkway to a public park, you will find the kids in a brown car. They have been shot by a nine-millimeter Luger. I also killed those kids last year. Good-bye"
Pada bulan agustus 1969, surat pertama dari Zodiac diterima di tiga surat kabar, San Fancisco Examiner , San Francisco Chronicle dan Vallejo Times-Herald, masing -masing menerima surat yang sangat identik, ditulis oleh seseorang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan ke empat remaja tersebut, penulis surat tersebut juga menjelaskan detail pembunuhan dan menyertakan kode misterius yang terbagi menjadi tiga bagian, masing-masing surat memuat sepertiga kode criptogram. 

Pengirim surat tersebut meminta ketiga surat tersebut di tampilkan di halaman depan surat kabar di hari jumat sore, atau dia akan melakukan pembunuhan acak terhadap selusin orang di akhir pekan, surat tersebut ditandatangani dengan tanda bulatan dan dua garis bersilangan. Sepertinya familliar, but it's wasn't me! 


Surat tersebut dipublikasikan dan usaha untuk menguraikan kode misterius dalam surat tersebut pun dimulai, baik oleh pihak berwajib maupun penduduk sipil.

4 Augustus, 1969
Investigator menyatakan kepada publik bahwa mereka meragukan keaslian surat-surat tersebut dalam upaya mendapatkan kontak berikutnya dengan Zodiac Killer, rencana ini berhasil, pada 4 Agustus sebuah surat  diterima di San Francisco Examiner, diawali dengan kata-kata;

Dear Editor This is the Zodiac speaking...

Ini kali pertama pelaku menggunakan nama Zodiac, surat ini berisi informasi yang membuktikan dia ada saat pembunuhan terjadi, dan identitasnya tersembunyi di dalam kode rahasia yang tertulis disurat ini.

8 Augustus, 1969
Seorang guru SMA dan istrinya berhasil memecahkan 408 kode, sisanya 18 kode tidak berhasil mereka pecahan, isi kode rahasia tersebut;
I LIKE KILLING PEOPLE BECAUSE IT IS SO MUCH FUN IT IS MORE FUN THAN KILLING WILD GAME IN THE FORREST BECAUSE MAN IS THE MOST DANGEROUE ANAMAL OF ALL TO KILL SOMETHING GIVES ME THE MOST THRILLING EXPERENCE IT IS EVEN BETTER THAN GETTING YOUR ROCKS OFF WITH A GIRL THE BEST PART OF IT IS THAE WHEN I DIE I WILL BE REBORN IN PARADICE AND THEI HAVE KILLED WILL BECOME MY SLAVES I WILL NOT GIVE YOU MY NAME BECAUSE YOU WILL TRY TO SLOI DOWN OR ATOP MY COLLECTIOG OF SLAVES FOR MY AFTERLIFE EBEORIETEMETHHPITI.
Kenyataan bahwa kode tersebut tidak menunjukan identitas pembunuh, mengecewakan pihak kepolisian, tetapi banyak yang percaya, huruf tersebut bisa disusun ulang (dengan penambahan 3 huruf) akan terbaca "Robert Emmet the Hippie."

Setelah kasus pembunuhan yang ketiga, dengan korban Bryan Calvin Hartnell, dan Cecelia Ann Shepard,  jam 7.40 penelpon tak dikenal menghubungi Napa County Police Departement, penelpon tersebut berbicara dengan petugas bernama David Slaight.

"Saya ingin melaporkan kasus pembunuhan, bukan, dua kasus pembunuhan. dua mil ke utara dari kantor pusat taman, mereka ada di Volkswagen putih Marmann Ghia..." dan diakhiri dengan "saya yang melakukan pelakunya"

Sama seperti kasus Vallejo, pelacakan terhadap telepon tersebut menemukan fakta, telepon yang digunakan hanya berjarak beberapa blok dari kantor polisi.

Fakta menarik mengenai jejak Zodiac Killer muncul setelah pembunuhan yang ke empat, Paul Lee Stine memberikan tumpangan kepada seorang pria di Union Square dan berkendara ke arah Cherry Street, di situlah penumpangnya menembak Stine. Tiga remaja yang melihat kejadian ini dari lantai dua sebuah bangunan, menghubungi polisi dan mendeskripsikan pelaku adalah pria kulit putih berusia 25-30 tahun, bertubuh kekar dan berambut pendek. Pengejaran pelaku pun dilakukan segera, tapi terjadi kesalahan fatal, ketika polisi justru mencari pria berkulit hitam, bagaimana kesalahan ini bisa terjadi tidak pernah dilaporkan, dan tak seorangpun ditangkap akibat kelalaian ini. Banyak pihak meyakini polisi sebenarnya berhasil melakukan blokade jalur pelarian tersangka, tetapi karena kesalahan informasi ras, maka pria ini lolos dari hadangan polisi.

The Chronicle menerima surat dari zodiac, berisi sobekan baju Stine dengan noda darah, Penulis surat mengatakan polisi tidak mencarinya dengan sungguh sngguh, sehingga gagal menangkapya, dia menambahkan, korban berikutnya adalah anak-anak sekolah.


Tanggal 20 April 1970 Zodiac mengirimkan surat ke Chronicle dengan 13 kode, diagram bom yang direncanakannya untuk diledakan di bus sekolah, dan statmen yang menyatakan dia tidak beratanggung jawab terhadap seragan bom di kantor polisi San Francisco, dia mengakhiri suratnya dengan score "=10 SFPD=0" statmen Zodiac yang menyatakan dia sudah membunuh 10 orang.

22 Maret 1971 

Reporter Cronicle, Paul Avery menerima sebuah kartu pos yang diduga berasal dari Zodiac, berisi tentang petunjuk kasus menghilangnya Dona Lass dari Sahara Hotel & Casino. Kartu pos yang diterima Avery berisi huruf yang berasal dari potongan surat kabar dan majalah, dan foto sebuah kondominium bernama Forest Pines. 
"Sierra Club", "Sought Victim 12", "peek through the pines", "pass Lake Tahoe areas, "round in the snow"
Mengisyaratkan lokasi dimana mayat Lass disembunyikan, pencarian di area tersebut hanya menemukan sepasang kacamata hitam. Banyak yang mempercayai kartu pos ini hanya pengecoh, mungkin pembunuh sebenarnya ingin membuat Lass seakan-akan adalah korban dari Zodiac, meskipun demikian, persamaan surat ini dan surat surat sebelumnya sangat meyakinkan, seperti kesalahan eja nama Paul Avery menjadi Paul Averly.

Sampai sejauh ini, ada dua hal, baik dan buruk yang saya yakini mengenai Zodiac, berita baiknya he's sick, pembunuh berdarah dingin yang merencanakan aksinya dengan sangat detail, berita buruknya he's clever and calm, ini yang membuatnya masih berkeliaran bebas hingga saat ini. jadi siapa tersangka Zodiac Killer ini?

Sumber