Bahaya Main Handphone Sebelum Tidur

Bahaya Main Handphone Sebelum Tidur
Pada zaman sekarang, siapa sih yang tidak punya smartphone, hampir semua orang mempunyai smartphone, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, dan bahkan orang tuapun mempunyau smartphone. Benda ini memang seolah tak bisa lepas dari setiap gengaman seseorang.

Pertama benda yang dicari seseorang saat bangun tidur pasti kebanyakan adalah handphone. Mulai dari bangun tidur dan sampai mau tidurpun masih pegang handphone, entah itu main game atau chatting dengan seseorang.

Menggunakan smartphone memang boleh boleh saja asalkan dengan normal, tidak terlalu sering memegang smartphone. Nah, kebanyakan orang sebelum tidur pasti pegang smartphone. Nah, ternyata hal ini sangat berbahaya lho, berikut adalah beberpa bahaya main hp sebelum tidur.

- Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone mempunyai gelombang yang bisa mempengaruhi penglihatan. Menatap layar ponsel terlalu lama di malam hari sebelum tidur berpotensi merusak retina mata.

- Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi.

- Selain mempengaruhi tidur, kekurangan hormon melatonin akibat radiasi sinar ponsel juga akan mempengaruhi asupan antioksidan dalam tubuh. Kurangnya zat antioksidan yang diperlukan tubuh bisa berakibat kurang baik untuk tubuh dan memperbesar risiko terjadinya kanker prostat atau payudara.

- Saat tidur terpengaruh, maka kinerja otak dan memori juga terpengaruh. Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otak akan terpengaruh sehingga kerjanya tak maksimal.


- Melihat layar smartphone dalam kegelapan juga berakibat kurang baik untuk mata. Ini mampu menyebabkan mata jadi tegang dan sakit. Jika dilakukan terlalu lama secara permanen ini mampu merusak mata.

Demikian mengenai Bahaya Main Handphone Sebelum Tidur, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber : droz-indonesia.blogspot.co.id