Ini 6 Dandanan Haram untuk Muslimah

Dengan perkembangan teknologi informasi di zaman ini yang seperti tanpa batas, ternyata membawa dampak dan pengaruh yang cukup kuat di berbagai sendi kehidupan. Salah satunya yang menyangkut tentang keindahan, yaitu kecantikan wanita.

Dalam hal ini adalah perubahan dan berbagai gaya rias yang digunakan oleh para wanita disaat sekarang ini cukup dinamis dan cepat berubah sesuai dengan trend yang biasa dilihat di media sosial atau media informasi lainnya. Yang perlu menjadi perhatian adalah wanita bebas boleh memilih bagaimana ia berhias dan mempercantik dirinya, akan tetapi juga harus memperhatikan rambu - rambu yang ada pada agama, terutama Islam.

Perlu diketahui untuk para ladies, bahwa tak semua dandanan dan hiasan bagi suami itu halal, ada cara dandan yang dilarang dan bertentangan dengan Islam. Misalnya mengikuti cara berdandan wanita kafir yang tidak pernah shalat, wudhu, dan tidak menjalankan hukum syariat.

Wanita muslimah yang menghormati dirinya sendiri secara kodrati pasti tidak akan sudi menyerupai wanita-wanita kafir dan fasik. Dia akan konsisten menjaga agama dan dirinya yang telah dimuliakan oleh Islam. Wanita muslimah wajahnya akan terlihat bersinar dengan air wudhu yang digunakannya untuk beribadah.

Oleh karena itu, dia akan memilih dandanan dengan hiasan yang dibolehkan dan sesuai dengan sosoknya sebagai seorang muslimah.

Berikut beberapa dandanan dan hiasan yang haram:
  1. 1.Berlebihan dalam berhias dengan menghabiskan waktu yang cukup lama dan uang yang tidak sedikit untuk mencari kosmetik, pakaian, serta ornamen hiasan terbaru yang diluncurkan ke pasaran. “Sesungguhnya pemborosan itu adalah saudar setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya,” (QS. Al-Israa ayat 27)
  2. 2.Menghabiskan banyak waktu di depan cermin guna memoleskan berbagai macam kosmetik. Sebab segala sesuatu yang berlebihan dan melampaui batas, akan menjadikan hal yang negatif.
  3. 3.Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang membuat tato dan meminta ditato, yang mencabut bulu alis dan meminta dicabut, yang merenggangkan gigi dan memperindahnya, serta wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).
  4. 4.Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta disambungkan rambutnya.” (HR. Al-Jami’ ash-Shaghir).
  5. 5.Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).
  6. 6.Rasulullah SAW bersabda, “Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki lain, dan wanita tidak bboleh melihat aurat wanita yang lain,” (HR. Muslim).

Sudah jelaskan? bagimana sahabat muslimah harus menghias dirinya. Tentu saja segala sesuatu yang berlebih tidak akan menjadikan baik atau indah, bisa jadi malah membuat sebaliknya. Perlu diketahui sahabat muslimah semua kecantikan yang sesungguhnya akan terpancar dari kecantikan hati dan ketaqwaannya kepada Sang Maha Pencipta.

Sumber : www.radarwarta.com