12 Tips Sahur Agar Tubuh Tetap Bugar

Sahur sangat penting untuk mengawali puasa Anda. Agar tubuh Anda tidak lemas di siang hari dan puasa Anda berjalan lancar, alangkah baiknya Anda membaca beberap tips dibawah ini... :)

 



Jangan terburu-buru
Ini sangat penting, untuk menjaga keseimbangan tubuh saat puasa. Memulai sahur janganlah terburu-buru.Nah caranya mudah, bangunlah dan santaikan diri sejenak paling tidak setengah jam sebelum azan subuh supaya kita tidak dikejar waktu saat menyantap sahur.

Konsumsi karbohidrat
Guna menambah energi di siang hari makanan mengandung karbohidrat kompleks sangat baik semisal nasi (mungkin jika anda mudah mendapatkan dan menyukainya, nasi merah mengandung lebih banyak karbohidrat ketimbang nasi putih), gandum, atau keju rendah lemak.

Tambahkan serat
Makan makanan yang berserat seperti sayur sangat bagus agar vitamin tubuh tercukupi pada siang harinya.

Protein boleh juga

Makanan mengandung protein seperti daging atau ikan bagus juga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Minum air putih secukupnya
Eit, jangan banyak-banyak minum air saat sahut, hal tersebut malah tidak bagus untuk kesehatan. Minumlah 2-3 gelas air putih dan itu sudah bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh hingga buka.

Sediakan buah
Sertakan pula buah-buahan segar setelah mengonsumsi makanan utama. Buah yang kaya vitamin akan menambah nutrisi baik bagi tubuh Anda selama berpuasa. Memilih buah yang mengandung banyak air juga bisa menjadi alternatif yang terpuji, kandungan air yang melimpah dalam buah akan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Usahakan minum susu
Minum susu saat sahur sangat baik agar kalsium tetap terjaga dan saraf tetap berjalan normal saat beraktivitas.

Kurangi teh
Teh dapat membuat dehidrasi datang lebih cepat jadi jika Anda merupakan salah satu penyuka teh, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman tersebut saat sahur.

Buang jauh-jauh softdrink dan makanan cepat saji
Jauhkan makanan dan minuman yang cepat saji dan softdrink karena itu hanyalah makanan tidak baik bagi tubuh.

Menu sahur usahakan baru

Bila Anda menyisakan makanan sewaktu berbuka puasa, usahakan jangan dimakan untuk sahur. Makanan yang bekas atau sisa, meski masih enak dimakan, namum kandungan gizinya sudah berkurang.

Kurangi makanan berlemak
Makanan berlemak semisal gorengan dan santan akan berat dicerna oleh tubuh. Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh Anda mengeluarkan banyak cairan di siang harinya.

Hindari makanan manis
Makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa. Bila saat sahur, kebanyakan makan manis bisa cepat membuat tubuh kita lapar nantinya. Makanan manis memang berguna karena mampu menyumbang energi, akan tetapi hal itu tidak baik untuk jangka panjang. 


Sumber : kulinermedia.blogspot.co.id