Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Kisah Misteri Populer Tentang Gunung Bromo

Obyek wisata gunung Bromo ternyata tak hanya menyimpan seribu keindahan. Siapa sangka dibalik kemolekan gunung Bromo yang masuk dalam 3 besar gunung terbaik di dunia bagi para pendaki itu menyimpan sebuah misteri. Gunung Bromo sendiri , memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

5 Kisah Misteri Populer Tentang Gunung Bromo

Tidak hanya menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa , tetapi juga memiliki dongeng mistis yang melegenda dan juga sangat sulit diterima nalar. Untuk masyarakat sekitar , Gunung Bromo memang dijadikan sebagai gunung suci dan disakralkan oleh para suku Tengger.

Konon , Gunung Bromo ini menjadi tempat persinggahan para yang kuasa pada ketika turun ke bumi. Bahkan menjadi tempat persemayaman tamat beberapa yang kuasa , yang mana menjadi rekan ketika di Kerajaan Majapahit.

1. Legenda Akar Ghaib

Kisah mistis ini merupakan dongeng yang sangat terkenal dan bahkan menjadi dongeng yang paling terkenal di Gunung Bromo. Kisah ini merupakan legenda wacana akar ghaib yang mana menyelimuti kawah pasir. Menurut sebagian orang yang dapat melihat dari kacamata spiritual , akar ghaib ini melintas sempurna di tengah lautan pasir Gunung Bromo. 

Bahkan orang-orang yang memiliki kelebihan dalam melihat hal-hal ghaib sendiri tidak semuanya dapat melihat akar tersebut hanya orang-orang terpilih saja yang dapat melihatnya dan mencicipi seberapa dahsyat kekuatan tersebut. Menurut orang sekitar sendiri , jikalau ada orang yang kehilangan arah pada ketika berada di lautan pasir , hal tersebut dikarenakan eksistensi akar ghaib itu sendiri. 

Namun menurut orang-orang yang memang memiliki kekuatan supranatural , percaya bahwa orang-orang yang kehilangan arah serta hilang di sekitaran Gunung Bromo tanpa ada jejak memiliki tujuan yang tidak baik dan juga tidak menghormati penjaga dari Gunung Bromo tersebut.

2. Misteri Pasir Hisap

Kemudian ada pula misteri wacana pasir hisap , pasir hisap tersebut berada di sekitar area padang savana , pasir hidup nantinya akan menyedot seseorang hingga ke bawah tanah , oleh alasannya ialah itu jikalau memang tidak mengetahui kawasan tersebut , sebaiknya bertanya kepada orang sekitar terlebih kepada kuncen gunung tersebut.

5 Kisah Misteri Populer Tentang Gunung Bromo

Pada beberapa kasus banyak kejadian yang tidak mampu diterima oleh budi sehat. Kemudian juga terdapat sebuah pancuran yang mana diberikan patok sebagai batas supaya tidak dilewati oleh manusia. Selain itu juga terdapat tempat di mana konon Roro Anteng melahirkan di tempat tersebut namun rahimnya tidak dibuahi oleh suaminya.

3. Benda Pusaka Peninggalan Dewa

Ada dongeng mengenai legenda benda pusaka , menurut dongeng yang beredar di sekitar lokasi Gunung Bromo , konon memiliki berbagai peninggalan benda-benda pusaka dari kerajaan Majapahit yang mana terkubur di gunung Bromo tersebut. 

Dan dipercaya jikalau benda-benda pusaka tersebut merupakan peninggalan dari para Dewa sehingga nantinya setiap orang yang mengunjungi dan berwisata ke gunung ini sangat perlu menjaga sikap dan menghormati penunggu Gunung Bromo tersebut supaya perjalanan lancar tanpa halangan.

4. Pembangunan Istana Raksasa

Lalu ada juga dongeng mistis mengenai pembangunan istana raksasa oleh Ki Bromo , dongeng tersebut telah diyakini oleh beberapa masyarakat sekitar dan juga warga suku Tengger yang mana pada ketika terjadinya erupsi di Gunung Bromo , maka Ki Bromo sedang membangun sebuah istana yang sangat megah dan juga tinggi yang mana hingga tingkat 18. 

Hal ini memang tidak masuk logika , namun menurut suku Tengger hal tersebut menjadi sebuah ide yang diterima sebagai petunjuk dan untuk membangun istana tersebut , Ki Bromo membutuhkan sesaji ibarat hasil palawija dan memang tidak membutuhkan korban manusia. 

Hal tersebut membuat para warga suku Tengger beranggapan bahwa erupsi Gunung Bromo menjadi sebuah berkah alasannya ialah dengan adanya erupsi Gunung Bromo tersebut menunjukkan keberkahan tersendiri alasannya ialah dapat menyuburkan lahan pertanian milik warga.

5. Orang Hilang Tanpa Jejak

Masih menjadi misteri hingga ketika ini ialah banyak orang hilang tanpa jejak , namun hal tersebut tentu saja terdapat beragam alasan. Banyak orang yang percaya bahwa jikalau memang ada orang yang hilang , tujuan datang ke Gunung Bromo tidak baik. 

Misalnya saja ada dua sejoli yang bermesraan dan melaksanakan perbuatan yang tidak senonoh di Gunung Bromo , nantinya akan hilang dan jejaknya bahkan jasadnya tidak ditemukan. Hal tersebut memang pada dasarnya tergantung dari Allah , namun di setiap kawasan sendiri tentu saja terdapat beberapa syarat dan ketentuannya sendiri dan harus ditaati dengan baik.

Itulah beberapa dongeng misteri populer yang ada di Gunung Bromo , meskipun sulit untuk diterima pikiran sehat dan bahkan merupakan sebuah tahayul , namun tetap saja peraturan ibarat itu tetap di jalankan kalau memang baik untuk kita. Oleh alasannya ialah itu jikalau memang ingin mengunjungi Gunung Bromo , maka sebaiknya taati semua peraturan yang ada dan lebih baik memiliki niat yang baik sebelum mendaki.
loading...