5 Negara Produksi Kopi Terbaik di Dunia

Siapa yang tak tau dengan minuman Kopi? Pastinya sudah tak aneh lagi bagi kita semua , bahwa kopi merupakan minuman penambah semangat dan penuh manfaat bagi tubuh. Untuk jaman sekarang , kopi sudah menjadi minuman favorit banyak orang mulai orang renta , cukup umur , hingga lanjut usia. Minuman ini pun menyerupai sudah menjadi minuman wajib bagi mereka tiap harinya.

Kopi yakni sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan ekstrak biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab Qahwah yang berarti kekuatan , sebab pada awalnya kopi digunakan sebagai minuman berenergi tinggi. Dalam bahasa turki menjadi Kahveh kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Berubah lagi dalam kata bahasa indonesia menjadi kopi.



Beberapa orang bahkan mengaku tidak mampu jauh jauh dari eksistensi kopi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dapat menemani seorang seniman untuk mendapat ide , seorang karyawan serasa dapat fokus kembali , dan dikala mengobrol kalem pun terasa lengkap dengan kehadiran secangkir kopi.

Nah berikut ini merupakan 7 Negara yang memproduksi kopi terbesar di seluruh dunia yang mungkin dapat menambah wawasan anda , negara apa sajakah itu..?

1. Brazil

Negara Brazil mempunyai lahan yang cukup luas untuk memproduksi kopi dalam skala besar , dan Brazil juga merupakan salah satu negara yang mendominasi produksi kopi dunia. Brazil merupakan produsen dan pengekspor kopi paling besar serta pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia. 

Tanaman kopi di brazil tumbuh di di sepanjang area pesisir tenggara negara tersebut , dari Pernambuco di utara hingga Parana di selatan tumbuh berbagai pohon kopi. Brazil juga mempekerjakan lebih dari 5 juta orang untuk produksi kopi dan perdagangan kopi. Sehingga Brazil yakni merupakan negara penyuplai 30% kopi dunia.

2. Costa Rica

Negara dari Amerika Tengah ini yakni merupakan salah satu negara dengan industri kopi terbaik dunia. Mereka terus membuatkan kualitas produksi kopinya selama bertahun-tahun untuk menghasilkan kopi terbaik. Biji kopinya sangat indah , enak dengan kadar asamn yang halus. 


3. Kolombia

Bubuk kopi yang berasal dari negara Kolombia terkenal dengan cita rasanya yang khas. Ada tiga daratan pegunungan sebagai wilayah yang menghasilkan kopi di negara tersebut , yaitu pegunungan Cordilleras yang termasuk episode dari pegunungan Andes Utara. Kolombia menyuplai setidaknya lebih dari 10%  kopi di seluruh dunia.


4. India

Negara india memiliki berbagai perusahaan kopi utama sekaligus area penanamannya. Khususnya di kawasan selatan Karnataka , Kerala dan Tamil Nadu. Karena itu , negara ini juga mampu masuk 5 besar produsen kopi terbesar di dunia. Pada masa ke-17 , mereka banyak menyelundupkan biji kopi dari Arab. Dari sanalah , negeri ini kemudian mulai dapat memproduksi kopi sendiri. Bahkan di bawah kekuasaan Inggris , India sudah mulai mampu mengekspor kopi hasil mereka sendiri. Janis kopi robusta yang terkenal juga termasuk produk spesial negara tersebut.


5. Indonesia

Dari seluruh pulau di Indonesia , mampu dibilang  setiap kawasan memiliki biji kopi yang khas. Ini dipengaruhi oleh perbedaan geografis tempat tumbuhan kopi tersebut dibudidayakan. Salah satu yang banyak disukai warga indonesia sendiri yakni kopi asal Sumatera dan Jawa. Ada jenis kopi yang juga membawa nama Indonesia terkenal diseluruh dunia yakni kopi luwak yang disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia.