Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Sejak zaman dahulu kala , kepulauan-kepulauan di Nusantara telah dikenal oleh dunia sebagai negeri yang kaya raya. Maka tak heran bila semenjak dulu , beberapa bangsa di dunia pernah melaksanakan praktik kolonialisme dan penjajahan di nusantara ini alasannya yaitu tergiur dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah. 

Berikut ini yaitu negara-negara yang di katahui pernah menjajah indonesia dalam sejarah.

1. 1509 - 1595 M : Portugis hanya menjajah Maluku , dan berhasil diusir tahun 1595.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Bangsa Portugal dahulu nya berjulukan Portugis. Pada tahun 1512 seorang pelaut Portugis berjulukan Fransisco Serrao berhasil berlayar menuju kepulauan Maluku. Pada awalnya , raja Ternate menyambut baik kedatangan bangsa Portugis tersebut ke Maluku. Bahkan Portugis diizinkan untuk mendirikan benteng di Ternate.

Namun pada balasannya , korelasi dagang antara Ternate-Portugis diputuskan alasannya yaitu Portugis mulai melaksanakan praktek monopoli tak sehat terhadap perdagangan rempah-rempah di Maluku. Sehingga bangsa Portugis di desak kembali dan korelasi dagang di putuskan semenjak dikala itu.


2. 1521 - 1692 M : Spanyol hanya menjajah Sulawesi Utara , dan berhasil diusir tahun 1692.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Pada awalnya , bangsa Spanyol melaksanakan koalisi dengan Kerajaan Tidore untuk melawan Kerajaan Ternate (yang bersekutu dengan Portugis). Namun pada balasannya , untuk mencegah kerugian yang lebih besar pada pihak Spanyol dan Portugis. Dideklarasikanlah perjanjian Saragosa pada tahun 1538 yang isinya antara lain pernyataan bahwa Portugis memperoleh Kepulauan Maluku dan Spanyol memperoleh wilayah Filipina.

Kemudian pada tahun 1960 Spanyol mendirikan pos - pos pertahanan di Manado. Namun pada awal tahun 1600 , tepatnya 1617 - 1646 Spanyol diusir dari Minahasa (Sulawesi Utara). Dan balasannya pada tahun 1692 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.

3. 1602 - 1942 M : Belanda menjajah seluruh Indonesia , dan berhasil diusir tahun 1942 , tetapi datang kembali tahun 1945 , setelah Jepang pergi dan tahun 1949 Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Sejak awal tahun 1602 Belanda secara perlahan-lahan menjadi penguasa wilayah Nusantara dahulu yang kini yaitu Indonesia , Belanda memanfaatkan perpecahan yang terjadi diantara kerajaan yang terpecah akhir runtuhnya kerajaan terbesar di Indonesia yakni Majapahit.

Kolonialisasi Belanda di Indonesia diperkirakan mencapai 350 tahun atau sekitar 3 setengah abad. Namun dalam kolonialisasinya tidak mencakup seluruh wilayah di Indonesia , melainkan hanya wilayah yang berada di beberapa wilayah Sumatera , Jawa , Sulawesi dan Papua saja. Contohnya saja Kerajaan Aceh yang senantiasa melaksanakan perlawanan untuk menolak pengaruh VOC di tanah Aceh.
VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) sendiri yaitu sebuah lembaga dagang yang berpusat di Kota Batavia dan diberi hak monopoli dagang oleh pemerintah Belanda. VOC sebagai wakil Belanda di Hindia-Belanda mempunyai beberapa hak khusus menyerupai mencetak uang sendiri , memiliki tentara , mengangkat pegawai , membentuk pengadilan , menduduki kawasan absurd dan melaksanakan perjanjian dengan raja-raja pribumi. 

Pada perkembangan selanjutnya , VOC mulai ikut campur dalam pemerintahan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Tidak hingga disitu , kebijakan-kebijakan VOC dinilai menindas rakyat pribumi. Sehingga , rakyat di beberapa kawasan mulai melaksanakan perlawanan kepada VOC. Pada kala ke-18 VOC mengalami kemunduran , kemunduran yang dialami VOC umumnya diakibatkan oleh banyaknya perlawanan senjata yang dilakukan rakyat Nusantara dan korupsi yang merajalela dikalangan pegawai VOC. 

Akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799 , VOC secara resmi dibubarkan oleh pemerintah Belanda. Dan semenjak dikala itu Indonesia berada di bawah kekuasaan pemerintah Belanda secara eksklusif yang diwakili oleh beberapa gubernur jendral menyerupai Daendels dan Janssens.


4. 1806 - 1811 M : Perancis secara tidak eksklusif menguasai Jawa , alasannya yaitu kerajaan Belanda takluk pada kekuatan Perancis. Berakhir pada tahun 1811 , dikala Inggris mengalahkan kekuatan Belanda-Perancis di Pulau Jawa.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Jenderal Daendels yang berada di Hindia Belanda , beliau memang orang Belanda tetepi bekerja untuk kerajaan Prancis dibawah kekuasaan Raja Napoleon. Dan awal mula beliau dikirim ke Indonesia yaitu untuk melindungi negeri jajahan Belanda , yang dikala itu berkembang menjadi Republik Bataav , dari serangan Inggris.

Bukti lain bahwa Indonesia pernah dijajah Prancis yaitu beredarnya mata uang dengan inisial karakter ‘LN’ yang merupakan abreviasi dari penguasa Prancis dikala itu , Louis Napoleon.

5. 1811 - 1816 M : Inggris , Kapitulasi Tungtang yaitu penjanjian berisi penyerahan Pulau Jawa dari Belanda kepada Inggris. Lalu pada tahun 1816 , pemerintah Inggris resmi berakhir menguasai Indonesia.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Pemerintahan Inggris setelah berkuasa eksklusif mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jendral di Indonesia pada tanggal 17 September 1811. Pemerintahan Raffles di Indonesia membawa banyak sekali perubahan , diantaranya yaitu abolisi sistem monopoli , menghapus perbudakan , membagi Pulau Jawa menjadi 16 karesidenan , penulisan buku "The History of Java" , dan beberapa perubahan lain. 

Pada tahun 1814 dilakukanlah Konvensi London yang isinya pemerintah Belanda berkuasa kembali atas wilayah jajahan Inggris di Indonesia. Lalu gres pada tahun 1816 , pemerintahan Inggris di Indonesia secara resmi berakhir. Dan semenjak dikala itu , Belanda kembali berkuasa di Indonesia hingga tahun 1942.

6. 1942 - 1945 M : Jepang menjajah Indonesia 3 ,5 tahun ,dan berakhir pada 1945 , semenjak kekalahan Jepang kepada sekutu.

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dalam Sejarah

Sejak tahun 1868 , Jepang melaksanakan banyak sekali modernisasi besar-besaran yang dikenal dengan Restorasi Meiji. Dan semenjak dikala itu Jepang telah menjadi negara industri yang sangat modern.

Pada tahun 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor dan semenjak dikala itu Jepang dan Amerika Serikat mulai terlibat dalam perang dunia ke-2. Untuk membiayai mesin-mesin perang dan industri biar tetap berjalan , maka Jepang melaksanakan invasi ke beberapa kawasan yang kaya materi mentah termasuk Indonesia.

Tahun 1942 Belanda mengalah tanpa syarat kepada Jepang dalam sebuah perjanjian di kawasan Kalijati. Sejak dikala itu , berakhirlah masa penjajahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya dalam waktu 3 ,5 tahun dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu sempurna dikala proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah daftar 6 negara yang tercatat pernah menjajah Indonesia. Pemerintah penjajah bersama-sama juga berjasa dalam pembangunan beberapa akomodasi umum menyerupai jalan , jembatan , perkebunan , rel kereta api , susukan irigrasi , dan beberapa akomodasi lain. Namun penjajahan tetap saja harus dihentikan alasannya yaitu banyak menyebabkan penderitaan bagi rakyat indonesia.
loading...