7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Kereta apih masih menjadi pilihan kendaraan darat tercepat yang pernah ada. Kereta api juga menjadi alternatif pilihan tercepat kedua setelah pesawat terbang. Selain karena faktor kecepatannya , masyarakat juga lebih memilih kereta api karena biayanya yang murah dan karena biasanya jalur-jalur yang dilalui sangat unik. Kereta api mampu melewati rute pegunungan , hutan , pantai , perkotaan dan perdesaan.

Nah , berikut ini ada 5 jalur kereta paling unik dan asing yang pernah ada di dunia.

1. Maeklong Market Railway - Thailand

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Jalur kereta api pertama yang paling asing dan unik yaitu Maeklong Market Railway yang ada di Thailand. Bagaimana tidak asing , jalur kereta yang biasanya melewati area yang luas dan dikelilingi dengan pemandangan bagus tidak mampu dilihat di jalur ini. Di jalur ini kereta harus melewati pasar yang di penuhi pedagang dengan jarak hanya beberapa centimeter dari rel kereta. 

Mengerikan memang jikalau kita lihat dari gambar di atas , yang mana batas rel sangat berdekatan sekali dengan para pedagang di sekitar rel. Mau tidak mau , pedagang harus selalu merapikan barang mereka lagi setelah ada kereta yang lewat.

2. Trans Siberian Railway - Rusia

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Saat menaiki kereta kalian mampu melihat pemandangan yang bagus di sepanjang Trans-Siberian Railway. Jalur kereta ini terletak di Rusia yang juga menjadi jalur kereta terpanjang di dunia. Panjangnya lebih dari 9.200 km dan sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Jalur kereta ini memiliki percabangan ke aneka macam negara menyerupai Mongolia , Tiongkok , dan Korea Utara. Jalur ini menghubungkan Moscow dengan Vladivostok semenjak 1916 dan jalur kereta ini masih diperpanjang hingga sekarang.

3. The Landwasser Viaduct - Swiss

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Swiss memang terkenal dengan bentang alam yang dipenuhi dengan gunung-gunung. Sebelum era ke-19 deretan gunung tersebut menjadi hambatan besar negara tersebut untuk berkembang karena besar lengan berkuasa terhadap transportasi yang tidak mampu berkembang dengan baik. Namun setelah era ke-20 , insinyur kereta api Swiss melaksanakan inovasi besar-besaran terhadap alat transportasi kereta api.

Mereka berani untuk membuat sistem jalur kereta api yang menakjubkan dengan mengebor dan menerobos gunung-gunung serta membuat jembatan tinggi di lembah suatu pegunungan. Dengan inovasi besar-besaran ini menimbulkan Swiss sebagai negara yang memiliki sistem kereta api paling maju di dunia.

4. Napier Gisborne Railway - Selandia Baru

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Napier Gisborne Railway mampu dikatakan sebagai jalur kereta api paling unik di dunia. Di sana terdapat bab jalur yang melintasi landasan pacu bandara Gisborne. Hasilnya pemandangan menarik terlihat ketika kereta api dan pesawat terbang mengembangkan jalur untuk saling melintas.

Dalam kasus ini kereta api harus sedikit menyerah , masinis harus menghentikan kereta sesaat sebelum melintasi jalur di bandara ini dan menunggu ijin dari menara kontrol lalu lintas untuk memastikan jalur yang dilewati telah aman dari pesawat.

5. Gyeonghwa Station - Korea Selatan

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Saat animo semi tiba di jalur kereta apai ini bunga sakura akan mekar dengan indahnya. Selain Jepang ternyata atraksi mekarnya bunga sakura juga mampu kita lihat di Korea Selatan. Ada sekitar 340.000 pohon sakura di Kota Jinhae , Korsel.

Saat animo semi tiba bunga sakura ini akan mekar dan menciptakan tampilan yang bagus mempesona. Jika traveling menggunakan kereta api via Stasiun Gyeonghwa , Kalian akan mampu menikmati pemandangan luar biasa menyerupai dalam foto diatas. Naik kereta api di animo semi merupakan salah satu daya tarik wisata populer di sana.

6. Tren a las Nubes - Argentina

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Tren a las Nubes yaitu layanan kereta api wisata di Provinsi Salta , Argentina. Rutenya dari Argentina menuju pegunungan Andes di Chili dan melewati jalur setinggi 4.220 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya jalur kereta api tertinggi ketiga di dunia.

Pada awalnya jalur kereta ini dibangun untuk menunjang perekonomian negara namun sekarang rute telah dioperasikan untuk melayani kereta api pariwisata. Jalur kereta ini melewati setidaknya 29 jembatan , 21 terowongan dan 2 jalur zig-zag. Saking tingginya tak jarang wisatawan akan melewati rute menembus gumpalan awan sehingga rute ini dijuluki juga dengan jalur kereta menembus awan.

7. Argo Gede Train Railroad - Indonesia

7 Jalur Kereta Api Paling Menarik di Dunia

Ada 2 buah layanan kereta api rute Jakarta-Bandung , yaitu Parahyangan Express dan kelas administrator Argo Gede. Tiga jam perjalanan ke Bandung melewati rutel rel kereta api Argo Gede yaitu sebuah perjalanan damai dan nyaman. Perjalanan kalian akan di temani pemandangan yang luar biasa subur dari pegunungan dan lembah.

Kereta berjalan terus di rute yang tinggi di atas terjun dan lembah lembah , aneka macam pemandangan menyerupai perkebunan teh , sawah , sungai mengalir dan desa akan kalian lewati disini. Penumpang dapat memesan makanan dan minuman kepada pramugara/pramugari sesuai dengan menu pilihan yang disediakan serta mampu dinikmati baik ditempat duduk masing-masing maupun di kereta restorasi yang didesain sebagai mini kafe kereta.