Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Kebakaran Hutan Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Kebakaran hutan yaitu sebuah kebakaran besar yang terjadi di alam liar , tetapi juga dapat menghanguskan rumah-rumah dan lahan pertanian di sekitarnya. Penyebab umum dari terjadinya kebakaran hutan yaitu petir , jawaban ulah insan , maupun pembakaran yang di sengaja.

Hingga di simpulan masa ke-20 bumi kita ini telah kehilangan hutan sebanyak 25 juta hektar jawaban kebakaran besar. Peristiwa ini berdampak eksklusif pada ekosistim global dengan naiknya emisi karbon dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kebakaran hutan juga merupakan bencana lingkungan terbesar yang terkadang dampak asapnya menyelimuti kawasan yang luas.

6 Kebakaran Hutan Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Berikut ini mimin sajikan 6 Kebakaran Hutan Terbesar yang pernah terjadi dalam catatan sejarah dunia.

1. Kebakaran Hutan Chelan , Oregon

Api yang semula berasal dari kilat di Chelan , Washington , terus menyebar dan meluas. Sampai ke 10 negara episode Amerika , yaitu Oregon , Washington , Idaho , Montana , California , Nevada , North Carolina , Louisiana , Texas and Arizona yang terjadi pada bulan Agustus 2015.

Petugas pemadam pun ditambah hingga sebanyak 30 ribu orang. Apalagi , Pusat Pemadam Kebakaran Nasional mencatat sudah sebanyak 2 ,9 juta hektar wilayah terbakar. Selain itu , ditemukan 41.194 titik api dan menghanguskan 1.074 bangunan. Begitu mendesaknya bencana kebakaran ini , sampai-sampai Amerika meminta sumbangan kepada Australia untuk menjinakkan si jago merah. Amerika juga menerjunkan militernya untuk membantu para pemadam kebakaran.


2. Kebakaran Hutan Hinckley , Minnesota

Kebakaran Hinckley merupakan sebuah kebakaran besar yang terjadi pada tanggal 1 September 1894 yang memperabukan area minimal 810 km² , mungkin lebih dari 1000 km² , termasuk kota Hinckley dan Minnesota. Kobaran api telah membunuh ratusan orang , dengan jumlah minimum diperkirakan 418 korban jiwa. Namun , beberapa hebat percaya angka gotong royong dari korban yang meninggal mendekati hampir 800 korban jiwa.

3. Kebakaran Hutan Yellow Stone , Montana

Kebakaran Hutan Yellowstone yang terjadi pada tahun 1988 di Montana dan Idaho ini memperabukan lebih dari 1 ,5 juta hektar hutan. Kebakaran hutan ini memperabukan sedikitnya 793.880 hektar hutan di Montana dan Wyoming. Yellowstone National Park ditutup untuk semua personil non darurat untuk pertama kalinya dalam sejarah taman National Park Yellowstone.

4. Kebakaran Hutan Thumb , Michigan

Kebakaran ini terjadi pada tanggal 5 September 1881 , di kawasan Thumb , Michigan di Amerika Serikat. Api yang memperabukan lebih dari satu juta hektar (4.000 km²) dalam waktu kurang dari satu hari , yaitu konsekuensi dari kekeringan yang melanda , ditambah hembusan angin , panas , dan kerusakan ekologi yang ditimbulkan oleh penebangan. Kejadian ini , disebut “the Great Thumb Fire” , “the Great Forest Fire of 1881” atau “the Huron Fire” yang membunuh 282 orang di Sanilac , Lapeer , Tuscola dan Huron. Perkiraan kerusakan yang ditimbulkan mencapai kerugian $ 2.347.000.

6 Kebakaran Hutan Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia


5. Kebakaran Hutan Cloquet , Minnesota

Kebakaran Hutan Cloquet terjadi di episode utara Minnesota pada Oktober , 1918. Disebabkan oleh percikan pada kereta api lokal ditambah dengan kondisi kering dedaunan hutan. Bencana ini menimbulkan episode barat Carlton County hancur , Moose Lake , Cloquet , dan Sungai Kettle. 

Wilayah Cloquet yaitu wilayah yang paling rusak oleh bencana ini. Bencana ini yaitu petaka terburuk dalam sejarah Minnesota. Total korban jiwa yang meninggal mencapai 453 jorban jiwa dan 52.000 orang terluka atau mengungsi , 38 komunitas hancur , 250.000 hektar lahan terbakar dan kerugian sebesar $73.000.000 dalam kerusakan properti diderita.

6. Kebakaran Hutan Kalimantan , Indonesia

Akibat terjadinya kemarau sangat panjang pada tahun 1982-1983 menjadi pemicu kebakaran hutan di Pulau Kalimantan. Pada peristiwa kebakaran hutan ini menimbulkan 3 ,2 juta lahan hutan musnah dilahap api dengan kerugian mencapai lebih dari Rp. 6 Triliun.

Kebakaran ini menimbulkan beberapa provinsi di kalimantan terselimut kabut selama lebih dari sebulan.

7. Kebakaran Hutan di Riau , Indonesia

Kejadian yang baru-baru ini terjadi , kebakaran hutan di Riau dan Jambi. Kepala Kepolisian Jenderal Badrodin Haiti menerka adanya unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah wilayah Indonesia episode barat ini.

Sejumlah laporan menyebutkan , Badan penanggulangan bencana kawasan (BNPD) Riau mencatat , sebanyak 1.264 ,75 hektar lebih hutan dan lahan di Riau telah terbakar , dan akan terus bertamabah kalau tidak ada penanggulangan cepat dari semua pihak.
loading...