Desa Kibber Desa Unik Tertinggi di Dunia

Desa unik ini berjulukan Kibber terletak di Spiti , Himachal Pradesh , India dan berada pada ketinggian 4200 meter di atas permukaan laut. Penduduk yang memadati desa Kibber ini cukup welcome terhadap pengunjung yang memasuki wilayah ini. Desa Kibber dapat dicapai dengan menggunakan bus dari lokasi terdekat Kaza atau dengan menyewa jeep.

Desa Kibber , Desa Unik Tertinggi di Dunia

Desa ini sangat dikenal sebagai lokasi ekspedisi trekking dengan pemandangan-pemandangannya yang khas. Di sini kalian mampu menjumpai Biara Buddhist Ki di puncak desa Kibber. Di bangunan spektakuler ini terdapat roda besar berukir untuk peribadatan dan juga sejumlah lukisan-lukisan di dinding.

Yang mengejutkan , kawasan yang dikeramatkan di sini ternyata yaitu kawasan dimana guru dari Dalai Lama yang sekarang tinggal tahun 1980-an. Di sini juga dijumpai bendera-bendera yang berkibar di atas biara dan piramid-piramid kecil yang disusun bersama tanduk-tanduk biri-biri.

Desa Kibber , Desa Unik Tertinggi di Dunia

Dalam ekspedisi trekking dekat lokasi desa ini , kalian juga masih mampu menemukan desa Chicum , Gete dan Tashigang dengan ciri-cirinya yang unik pula.

Dekat Kibber mampu dijumpai di puncak Dangmachan dengan ketinggian yang mencapai 5157 meter , juga puncak-puncak Shila dan Chau Kang Nilda dengan ketinggian 6000 meter , lebih cocok untuk lokasi tepat bagi fotografer untuk membuat gambar-gambar indah. Langit malam yang bersih di sini menciptakan view yang tak terlupakan ke arah galaksi kita , Bima Sakti.


Desa Kibber , Desa Unik Tertinggi di Dunia

Desa Kibber dikala ini masih dikenal dengan ketenangan dan kedamaiannya yang jauh dari hiruk-pikuk padatnya India dan juga lingkungannya yang masih sangat alami. Lokasinya berbatasan dengan Tibet dan dihuni kebanyakan oleh orang-orang Budha Tibet yang berwatak hangat dan bersahabat.

Desa Kibber , Desa Unik Tertinggi di Dunia

Yang menarik dari gaya arsitektur rumah-rumah tinggal di desa Kibber ini yaitu alasannya yaitu dibangun dengan batu-batu sebagai ganti batako dan tanah liat. Ini membuat Kibber sedikit lebih kelihatan menyerupai gunung batu. Disini juga mampu ditemui sebuah kantor pos , klinik , kantor telegraf , dan sekolah. Sumber airnya yang bersih dilaporkan berasal dari upacara-upacara ritual pemakaman Lama yang dilaksanakan di sini.

Lokasi ini memang merupakan kawasan wisata potensial mengingat banyaknya penginapan-penginapan di sepanjang jalan desa ini. Salah satunya bahkan menyediakan pula restoran lengkap dengan stok bir dan air panas. Tersedia pula toko-toko untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya. Makara jangan takut kehabisan bekal kalau mengunjungi desa yang tercatat sebagai desa tertinggi di dunia yang masih mampu dijangkau dengan kendaraan ini. Keren !