Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia Wow ?

Semakin hari semakin banyak wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk melihat pribadi keindahan alamnya yang luar biasa. Karena di indonesia sendiri berbagai sesuatu yang cantik dan menakjubkan. Bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak dapat dijumpai di negara manapun di dunia ini.

Berikut ini mimin akan mengulas ihwal 7 keajaiban alam yang unik nan cantik dan tentunya hanya mampu di temukan di negara indonesia kita tercinta ini.

1. Ubur-ubur tidak menyengat , Danau Kakaban , Kaltim

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia , Wow ?

Di Danau Kakaban Kaltim terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat dan tinggal di bawah airnya. Ubur-ubur tidak menyengat ibarat ini hanya terdapat di dua tempat di dunia , yaitu di Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau , Micronesia di daerah tenggara Laut Pasifik. Anda mampu berenang , menyelam ke dasar danaunya untuk bertemu dan memegang ubur-ubur unik ini.

Danau Kakaban juga diklaim sebagai danau ubur-ubur terbesar di dunia. Sebab didalamnya terdapat 4 jenis ubur-ubur di danau ini , yaitu ubur-ubur bulan , ubur-ubur totol , ubur-ubur kotak , dan ubur-ubur terbalik. Sedangkan Jellyfish Lake di Palau hanya memiliki dua jenis ubur-ubur saja.

Danau ini sendiri memiliki bentuk tekstur yang unik. Danau ini terbentuk akhir karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian sampai 50 meter. Kemudian , karang ini membuat sejumlah air terperangkap , dan terbentuklah sebuah danau.

2. Fosil Penyu , Batu karang di Gua Batu Cermin , Manggarai Barat , NTT

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia , Wow ?

Gua Batu Cermin merupakan keajaiban unik dari NTT. Sebabnya , di dalam sebuah gue mampu terdapat gugusan kerikil karang dan fosil penyu di dinding guanya. Gua Batu Cermin ini berada di Kampung Wae Kesambi , Kecamatan Komodo , Kabupaten Manggarai Barat , Flores Barat , NTT.

Untuk melihat keajaiban ini , Kalian harus menelusuri gue sepanjang ratusan meter. Selain itu , kilauan bebatuan staklatit dan staglagmit di gue ini juga unik. Tak heran , gue ini selalu menjadi agenda wajib ketika berkunjung ke Flores. Fosil penyunya dapat kalianlihat dengan menggunakan senter karena gelapnya suasana di dalam gua.

Gugusan kerikil karang pun terlihat terperinci , ibarat kerikil karang yang ada di bawah lautan. Oleh alasannya yaitu itu , batu-batu karang dan penyu yang seharusnya berada di bawah lautan , mengapa mampu berada di dalam sebuah gue di atas daratan ? Inilah tanda tanya besar sekaligus menjadi keajaiban alam.

3. Pasir Pantai Pink , Pulau Komodo , NTT

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia , Wow ?

Jika pantai biasanya berpasir putih atau hitam , maka pantai ini mempunyai pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya ada di balik bukit , sehingga sepi dan terpencil. Air laut di sekitar pantainya sangat biru jernih dan menarik hati untuk diving atau snorkeling. Warna pink di pantai ini akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.

Warna pinknya merupakan komposisi dari koral , serpihan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana. Anda mampu menuju Pink Beach dari Labuan Bajo. Bersantai di pantai berenang di lautan , atau sekedar berfoto-foto di pantai yang merupakan salah satu keajaiban Indonesia ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Danau 3 Warna , Ende , NTT

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia , Wow ?

Satu lagi keajaiban dari Flores NTT , yaitu Danau Kelimutu menakjubkan yang mempunyai tiga warna. Hitam , biru renta , dan biru , yaitu tiga warna dari danau ini yang terletak di Kecamatan Kelimutu , Ende , NTT. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja , danau ini namanya sudah terkenal di indera pendengaran traveler mancanegara.

Keajaiban dari ketiga danau ini yaitu dapat berubah-ubah warna. Bila beruntung , Kalian dapat melihat warna-warna lain , ibarat warna merah menjadi hijau , dari hijau muda menjadi hijau keputih-putihan , dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh faktor kandungan mineral , lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya Matahari.

Selain itu , masyarakat sekitar danau tersebut percaya bahwa perubahan warna tersebut mengandung ‘pesan’ tersendiri. Meski demikian , perjalanan menuju ke Danau kelimutu tidaklah mudah. Kalian harus berjalan 3 kilometer dan melewati 236 anak tangga untuk mencapai Puncak Kelimutu. Dari sinilah , ada keindahan dan keajaiban alam terlihat sangat menawan.

5. Air Panas Pinggir Pantai , Tidore 



Biasanya tempat pemandian air panas berada di kolam atau gunung itu sudah biasa. Akan tetapi , di Pantai Akesahu , Tidore , Maluku Utara , terdapat pemandian air panas yang berada sempurna di pinggir pantai. Ajaib!

Air panas Akesahu terletak sekitar 30 menit perjalanan dari dari Pelabuhan Rum , pelabuhan utama di Tidore. Ajaibnya , walaupun terletak di pinggir pantai air panas ini rasanya tawar. Ditambah dengan pepohonan rindang dan pasir pantai yang halus , mandi air panas di tempat ini benar-benar berbeda dari biasanya.

Air panas ini diduga berasal dari sumber air panas yang terletak di bersahabat pantai. Merendamkan diri di air panasnya sambil menikmati suasana pantai sangatlah menyenangkan. Cukup dengan biaya Rp 2.000 saja , Kalian sudah dapat dapat menikmati keajaiban alam ini.

6. Pasir putih di bukit Lembah Baliem , Papua

Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik Hanya Ada di Indonesia , Wow ?

Jika selama ini kalian menggangap pasir putih hanya ada di pantai saja , maka datanglah kalian ke Desa Aikima di Lembah Baliem , Kabupaten Jayawijaya , Papua. Di sana terdapat pasir putih yang berada sempurna di atas bukit dan berjarak ratusan kilometer dari pantai. Wow!

Namun sebelumnya kalian harus mendaki bukit untuk melihat pasir putihnya dari dekat. Dari kejauhan saja , hamparan pasir putihnya sudah terlihat jelas. Warnanya mencolok dengan latar gunung hijau dan langit yang biru. Pasir yang putih dan bersih memantulkan cahaya matahari sampai tampak kolam kristal. Berdasarkan sains , pasir putih ini ada karena bentukan alam.

Dulu menurut sejarah , Lembah Baliem merupakan sebuah danau raksasa berjulukan Wio. Pada tahun 1813 , terjadi gempa yang mengakibatkan pergeseran dan perubahan geologi. Maka terbentuklah pula Sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah ini. Konon , pasir putih Desa Aikima ini merupakan salah satu sisi danau purba Wio tersebut.

Wah mampu di pastikan kalian bakal pribadi berkata wow jikalau melihat keajaiban itu secara bersahabat , karna mungkin ini sangat jarang sekali di temukan. Ya tentunya negara kita dong yang punya. Share ?
loading...