Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Inilah Wisata10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Negara Indonesia merupakan tempat yang kaya akan tempat mengagumkan nan eksotis , salah satunya ialah Air Terjun. Kali ini mimin akan membuatkan informasi wacana Air Terjun Tertinggi yang berada di Indonesia. Air terjun , atau bagi penduduk Jawa disebut curug , menjadi salah satu destinasi wisata favorit liburan. Pesona yang ditawarkan oleh tercurahnya hamparan air dari ketinggian merupakan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Ada banyak lokasi wisata gerojokan di negeri kita indonesia ini , namun 10 tertinggi di antaranya sudah terangkum di bawah ini , gerojokan mana sajakah itu :

1. Air terjun Sigura gura (250 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Terletak sekitar 250 km dari kota Medan. Air terjun yang dihasilkan oleh sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter. Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara , khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini merupakan gerojokan tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter.

Ketinggian gerojokan ini me ngalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payukumbuh (150 meter). Dari kejauhan , Air Terjun Sigura-gura akan terlihat ibarat gerojokan raksasa. Bahkan dari kejauhan pun , bunyi dentuman airnya akan terdengar dengan jelas. Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras.

Di danau Sigura gura ini kalian akan mencicipi udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. daerah Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan Bukit Barisan ialah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh hingga ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera


2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang , Probolinggo merupakan salah satu gerojokan di daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini dikenal sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya ibarat layaknya sedang hujan , 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk gerojokan lagi.

Keindahan objek wisata Madakaripura memang tidak dapat dipungkiri , berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal itu sudah nampak saat kita berada dalam perjalanan menuju destinasi ini. Dikanan kiri terlihat pemandangan luar biasa alam pegunungan dengan hawa lembab juga cuek serta hijaunya daun-daun dari pepohonan khas dengan aroma khas pegunungan.


3. Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Terletak di kecamatan Ngarai Harau , 35 km dari kota Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalamnya terdapat sebuah gerojokan yang sangat mengagumkan , bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu yang beterbangan , sehingga membuat gerojokan ini merupakan kombinasi alam natural dengan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Lubuak Bulan ini juga mempunyai perbedaan jikalau dibandingkan dengan gerojokan lainnya. Kalau biasanya terdapat fatwa sungai di bawah gerojokan , maka lain halnya dengan kondisi di tempat ini. Air yang jatuh ke bak berbentuk bulan sabit ternyata pribadi menghilang.


4. Air terjun Sipiso piso (120 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun Sipisopiso ialah gerojokan terjun yang terletak di dataran tinggi Sumatra Utara. Dengan ketinggian 120 meter , terletak sekitar 25 km dari kota Kabanjahe. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hamparan hutan pinus. Pengelolaan wisata gerojokan ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter , Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu gerojokan tertinggi di Indonesia.

Dengan adanya gerojokan ini , Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.


5. Air terjun Jarakan (115 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar , Kecamatan Plaosan , Magetan. Air Terjun Jarakan ini sebagai adegan dari daerah objek wisata gerojokan yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Air terjun ini merupakan Rangkaian dari 3 gerojokan air terjun yang berada pada satu fatwa sungai ini terdiri dari Air Terjun Watu Ondo , Air Terjun Jarakan dan Air Terjun Pundak Kiwo.


6. Air Terjun Sedudo (105 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sedudo terletak di Ngliman , kecamatan Sawahan. sekitar 30 km dari ibukota Nganjuk. Selain sebagai objek wisata , gerojokan ini sering dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Tradisional dan spiritual oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


7. Air terjun Curug Citambur (100 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun Citambur , sebuah gerojokan yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya , Kecamatan Pagelaran , Cianjur Selatan , Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat mengagumkan menimbulkan gerojokan ini merupakan objek wisata yang eksotis.

Curug berasal dari bahasa sunda yang artinya air terjun. Sedangkan Citambur berasal dari dua kata , “Ci” yang berarti air , dan “Tambur” atau alat musik tambur. Kedua versi dongeng ini terdapat suatu benang merah , bahwa Curug Citambur ini dinamai karena berafiliasi dengan alat musik tambur yang ibarat dengan kendang.


8. Air terjun Moramo (100 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Terletak 65 km di sebelah timur Kendari , Air Terjun Moramo mudah diakses oleh kendaraan beroda empat atau dengan perahu. Keunikan dari gerojokan ini yakni memiliki tingkatan sebanyak 127 tingkatan setinggi 100 meter sepanjang 2 km diperbukitan dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Dan dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.


9. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun Curup Tenang ialah gerojokan tertinggi di Sumatera Selatan , yang terletak didekat desa Bedegung , Kabupaten Tanjung Agung , sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim. Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung Ini merupakan gerojokan tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun setinggi 99 meter ini bersumber dari mata air yang tak pernah kering di celah bukit barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras dan berbatu.


10. Air terjun Curug Cipendok (92 meter)

Inilah Wisata ,10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Terletak di Desa Karang Tengah , kabupaten Cilingok , sekitar 25 km dari Purwokerto. Dengan ketinggian 92 meter dan dikelilingi dengan hutan alam yang indah. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri , karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa , alasannya ialah belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang berjulukan Telaga Pucung.
loading...