Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir

Piramida Giza merupakan diam-diam sejarah terbesar hingga ketika ini. Semua orang tentu ingin tahu , bagaimana mampu sebuah bangunan megah itu didirikan oleh orang-orang yang belum mengenal alat berat maupun alat transportasi super canggih. Tak herah kalau piramida menjadi salah satu keajaiban dunia ketika ini.

Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir
Piramida Giza , Mesir

Piramida Giza merupakan piramida yang terbesar dan tertua yang di terletak di Giza Necropolis. Satu-satunya piramida yang paling megah yang tersisa , diperkirakan dibangun pada 2560SM. Pramida yang juga disebut Piramida Fir'aun/khufu ini terdiri atas 3 bangunan setinggi 146 ,5 meter dan dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di sunia selama 3.800 tahun.

Hingga ketika ini , teka teki perihal bagaimana piramida ini di bangkit masih menjadi sebuah misteri. Dugaan yang paling besar lengan berkuasa ialah mereka membangun Piramida menggunakan peralatan bau tanah , pengungkit dan roda , dan juga tenaga yang dipekerjakan mencapai 100 ribu orang dengan durasi pembangunan 20 tahun.

Namun berdasarkan penelitian periode 21 ditemukan bukti gres , bahwa jumlah pekerja yang digunakan kurang dari 20 ribu orang dengan tenaga dibidang lain menyerupai tukang masak , dokter , pendeta dll.

Bangunan makam ini pertama kali di bangkit oleh raja Fir'aun , yang mendirikan piramida paling besar di Giza sekitara 2550SM. Bangunan setinggi 147 meter ini diperkirakan menggunakan setidaknya 2 ,3 juta watu dengan berat 2 ,5 hingga 15 ton.

Piramida kedua didirikan oleh Khafre putra Fir'aun , sekitar 2520SM. Ia melengkapi makamnya dengan Sphinx , "bangunan berbentuk badan singa dengan kepala Fir'aun". Bangunan piramida ketiga dibangun oleh menkaure yang merupakan cucu Fir'aun sekitar 2490SM. Piramida Menkaure ini merupakan piramida paling kecil diantara 2 piramida sebelumnya.

Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir
Sphinx , Piramida Giza Mesir

Bangunan dalam piramida terdiri atas 3 bangunan. Ruang paling bawah yang tampak belum final dibangun disebut Ruang Ratu , Ruang Raja ada di tingkat lebih tinggi lagi. Piramida Giza ini ialah satu-satunya piramida yang memiliki jalan naik dan menurun. Bagian utama piramida terdiri atas 2 kuil untuk daerah penghormatan Fir'aun , ada 3 piramida kecil untuk istri istri Fir'aun.

Tepat di dinding Piramida ada pula naskah dan goresan pena yang mampu mengungkapkan peradaban zaman Fir'aun pada dinding makan Giza. Bebatuan yang menjadi materi pembuatan Piramida diperkirakan diambil dari banyak sekali wilayah disekitarnya. Ada yang dari Aswan dengan jarak tempuh 800 kilometer , atau juga di ambil dari wilayah seberang sungai Nil.

Cara tradisonal yang dilakukan bangsa Mesir Kuno ialah memotong watu lalu merendamnya. Setelah air menyerap menimbulkan watu balok melebar dan mudah pecah , lalu setelah pecah mereka mengangkutnya di atas kapal dan menyusuri sungai Nil.

Memang Piramida hingga ketika ini masih menjadi misteri dunia , bagaimana mampu pada zaman dahulu belum ada peralatan canggih namun dapat membuat bangunan semegah itu ?
loading...