Pengertian Website, Contoh Dan Manfaatnya

Website


PENGETAHUAN - Situs Web atau mampu disebut dengan website merupakan halaman web yang saling berafiliasi berisi banyak sekali informasi yang diberikan oleh seorang individu, kelompok atau organisasi. Sebuah website ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan internet atau LAN (Local Area Network) melalui alamat internet (URL). Semua website dapat diakses public di internet dikenal dengan World Wide Web atau WWW.

Pada umumnya website mampu diakses oleh public secara bebas. Namun, tidak semua website mampu diakses secara bebas bagi public. Ada beberapa website yang membutuhkan pengunjung untuk mendaftar dulu sebagai anggota atau meminta pembayaran untuk menjadi anggota dan dapat mengakses konten yang ada di dalam website tersebut, ibarat website pornografi, website berita, email, facebook, dan lain-lain. Pembatasan usia juga dilakukan di beberapa website yang memiliki konten 18+ alasannya untuk menjaga keamanan, menghormati privasi pembuat website.

Sebuah website biasanya diisi dengan banyak sekali informasi yang ditulis sebagai file teks biasa yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan intruksi berdasarkan HTML atau XHTML, beberapa juga termasuk Bahasa scripting kecil. File kemudian diterjemahkan browser web dan ditampilkan sebagai halaman website pada layar komputer.

Halaman web dapat diakses oleh pengguna internet melalui protocol jaringan yaitu HTTP, untuk meningkatkan aspek keamanan dan privasi, website juga dapat menerapkannya dengan menunjukkan jalan masuk melalui protocol HTPPS.


Situs Web Statis


Situs web statis merupakan situs web / website yang mempunyai isi tidak untuk diperbarui secara terpola sehingga pengaturan untuk memperbarui isi dari halaman website dilakukan secara manual. Tiga jenis perangkat yang biasa digunakan dalam hal ini yaitu notepad. 

Editor WYSIWYG merupakan perangkat lunak utilitas untuk mengedit halaman website dilengkapi dengan antarmuka grafis dalam desainnya. Contoh software Editor tersebut yaitu Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamwaver. Editor template pada website statis didasarkan pada beberapa utilitas ibarat Rapidweaver dan iWeb. Pengguna dapat membuat website tanpa harus mengetahui bahasa HTML, tapi hanya editing halaman web ibarat halaman normal. Pengguna tinggal memilih template yang akan digunakan oleh utilitas untuk mengedit file yang telah dibuat pengguna dan menciptakan halaman website secara otomatis.


Situs Web Dinamis


Situs web dinamis merupakan website yang dirancang secara khusus semoga isi informasi yang terdapat dalam website tersebut dapat diperbarui secara teratur dengan mudah. Isi yang terdapat dalam website ini pada umumnya akan berubah setelah jangka waktu tertentu. Contoh website ini yaitu situs gosip liputan6.com , okezone.com , merdeka.com yang menggunakan website dinamis.

Penggunaan website dinamis membutuhkan infrastruktur website yang lebih kompleks daripada website statis alasannya pada halaman website dinamis hanya dilakukan dikala ada penggunaan yang mengaksesnya. Untuk mengaktifkan server web maka perlu menciptakan halaman web dikala pengguna mengaksesnya. Pada umumnya server web dilengkapi dengan script terjemahan bahasa mesin ibarat PHP, ASP atau lainnya serta sistem administrasi database software ibarat MySQL.

Sebuah web server dapat merujuk ke perangkat yang menyediakan jalan masuk kepada pengguna internet melalui HTTP atau HTTPS melalui file yang ada di website dalam pelayanan kepada pengguna dengan aplikasi tertentu ibarat web browser Mozilla Firefox, Google Chrome, dan sebagainya.


Contoh Website


Facebook.com merupakan layanan jejaring sosial yang dikeluarkan pada bulan Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif pada September 2012. Sebagian besar pengguna menggunakan handphone. Pengguna harus mendaftar dahulu sebelum dapat menggunakan website ini. Setelah itu pengguna membuat profil pribadi, menambahkan sobat dan bertukar pesan. Pengguna juga dapat bergabung dengan grup pengguna dengan minat yang sama. Selain itu masih banyak lagi pola website yang terkenal ibarat bbc.com, nationalgeographic.com, Wikipedia.com dan sebagainya. Pengguna dapat dengan mudah mengakses website-website tersebut.


Manfaat Website


Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh dalam membangun website baik untuk individu, organisasi, maupun perusahaan tertentu. Diantaranya yaitu untuk sarana membuatkan informasi mengenai suatu hal tertentu, mempromosikan eksistensi nama organisasi/perusahaan ke masyarakat local maupun dunia, dapat menyediakan informasi yang lengkap  ihwal organisasi/perusahaan tersebut. Memudahkan dalam mengumpulkan informasi mengenai jawaban dari masyarakat dunia. Membuat forum komunitas untuk berdiskusi mengenai suatu hal tertentu dalam ruang lingkup yang luas. Membuat perjuangan menjadi online tidak hanya sekedar membuat website dan dikunjungi beberapa pengunjung dalam setahun. 

Untuk memiliki website yang sukses, sebuah website harus dikelola dengan benar. Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun dan mengelola website. Mulai dari tujuan yang jelas, target yang tepat, informasi atau layanan yang akan dimuat, pemilihan nama domain atau alamat untuk website, penempatan server, pembuatan arahan halaman website dan pengelolaan website selanjutnya.